IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL STOIKIOMETRI MENGGUNAKAN ANALISIS LANGKAH PENYELESAIAN SOAL
Fitriana Rizqi Amaliaa*, Muntholiba, Yahminb
Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Malang 65145
*Corresponding author’s Email: rizq.melia@gmail.com
ABSTRAK
Kesulitan siswa dalam memecahkan soal-soal stoikiometri sangat beragam, sehingga tidak mudah untuk diidentifikasi. Sebagian besar soal-soal stoikiometri bersifat algoritmik, sehingga memerlukan langkah-langkah yang nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) tingkat kesulitan siswa dalam menyelesaikan langkah-langkah penyelesaian soal, 2) langkah penyelesaian soal yang sulit bagi siswa, dan 3) penguasaan siswa terhadap konsep-konsep stoikiometri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 15 soal uraian dan draft wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan siswa dalam menyelesaikan langkah-langkah penyelesaian soal tergolong tinggi; langkah penyelesaian soal yang sulit bagi siswa adalah menentukan angka indeks, menghitung persen massa masing-masing unsur, dan menentukan mol pereaksi yang sisa dan mol produk yang terbentuk; dan penguasaan siswa terhadap konsep-konsep stoikiometri tergolong sedang.
Kata Kunci: identifikasi, kesulitan, stoikiometri, analisis langkah