IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL STOIKIOMETRI MENGGUNAKAN ANALISIS LANGKAH PENYELESAIAN SOAL

IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL STOIKIOMETRI MENGGUNAKAN ANALISIS LANGKAH PENYELESAIAN SOAL

Fitri­a­na Rizqi Ama­liaa*, Mun­tho­liba, Yah­minb

Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang
Jl. Sema­rang 5, Malang 65145

*Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: rizq.melia@gmail.com 

ABSTRAK

Kesu­lit­an sis­wa dalam meme­cahk­an soal-soal sto­i­ki­o­me­tri sangat ber­a­gam, sehing­ga tidak mudah untuk dii­den­ti­fi­ka­si. Seba­gi­an besar soal-soal sto­i­ki­o­me­tri ber­si­fat algo­ri­tmik, sehing­ga memer­luk­an lang­kah-lang­kah yang nya­ta. Tuju­an pene­li­ti­an ini ada­lah untuk meng­e­ta­hui 1) ting­kat kesu­lit­an sis­wa dalam menye­le­sa­ik­an lang­kah-lang­kah penye­le­sa­i­an soal, 2) lang­kah penye­le­sa­i­an soal yang sulit bagi sis­wa, dan 3) pengu­a­sa­an sis­wa ter­ha­dap kon­sep-kon­sep sto­i­ki­o­me­tri. Pene­li­ti­an ini meru­pak­an pene­li­ti­an desk­rip­tif kuan­ti­ta­tif. Instru­men yang digu­nak­an dalam pene­li­ti­an ini ada­lah 15 soal ura­i­an dan draft wawan­ca­ra. Hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an bah­wa ting­kat kesu­lit­an sis­wa dalam menye­le­sa­ik­an lang­kah-lang­kah penye­le­sa­i­an soal ter­go­long ting­gi; lang­kah penye­le­sa­i­an soal yang sulit bagi sis­wa ada­lah menen­tuk­an ang­ka indeks, meng­hi­tung per­sen mas­sa masing-masing unsur, dan menen­tuk­an mol per­e­ak­si yang sisa dan mol pro­duk yang ter­ben­tuk; dan pengu­a­sa­an sis­wa ter­ha­dap kon­sep-kon­sep sto­i­ki­o­me­tri ter­go­long sedang. 

Kata Kun­ci: iden­ti­fi­ka­si, kesu­lit­an, sto­i­ki­o­me­tri, ana­li­sis lang­kah

Next Post

PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KURIKULUM 2013: SUATU ALTERNATIF DISAIN MEMBELAJARKAN KOMPETENSI DASAR 3.2 DAN 4.2

Tue Jun 7 , 2016
PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KURIKULUM 2013: SUATU ALTERNATIF DISAIN MEMBELAJARKAN KOMPETENSI DASAR 3.2 DAN 4.2  Sya­hri­al*a a Staf Penga­jar FKIP Kimia Uni­ver­si­tas Syi­ah Kua­la Teu­ku Nyak Ari­ef Darus­sa­lam, Aceh 23111 * Cor­res­pon­ding author’s ema­il: syahrial@fkip.unsyiah.ac.id  ABSTRAK  Telah disu­sun con­toh disa­in per­en­ca­na­an pem­be­la­jar­an kimia untuk Kom­pe­ten­si Dasar (KD) 3.2 dan 4.2 kelas […]
Logo SNKP

Kabar Lain

EnglishIndonesian