Kompetensi/Competencies
Memahami perkembangan sains, metodologi sains, serta mengetahui dampaknya terhadap perkembangan berfikir masyarakat/Understanding the development of science, scientific methodology and its impact on development on thinking of the society.
Bahan Kajian/Subject Matters
(1) sejarah ilmu pengetahuan dan sains, macam-macam pengetahuan, sumber-sumber pengetahuan dan sains, (2) Sumber-sumber dan metodologi pencarian ilmu pengetahuan dan sains yang meliputi usaha-usaha rasionalisme, positivisme, empirisme, sintesis, pandangan-pandangan modern (Rasionalisme kritis, Popper, Kontekstualisme, Kuhn), (3) Ilmu pengetahuan alam di masa depan yang meliputi keterbatasan sains, sains di masa mendatang, pendekatan terintegrasi berlatar belakang sains, (4) Sains di masyarakat yang meliputi masalah bebas nilai sains, dan peranan serta tanggung jawab ilmuwan, keterkaitan Sains-Teknologi-Masyarakat./(1) History of knowledge and science, all kinds of knowledge,(2) resourcesof scientific knowledge, methodology in science development that covers the efforts of rationalism, positivist, empiricism, synthesis, modern views (critical Rationalism, Popper, contextualism, Kuhn). (3) The future of natural sciences that includes the limitations of science, science n the future, an integrated approach to science, (4) science in society which includes the neutral science, the scientist role and responsibility, an interrelationship between science, technology and society.
Tujuan/Objectives
Setelah berdiskusi, mengembangkan tugas ilmiah, serta menyelesaikan latihan mengenai metode-metode ilmiah, mahasiswa dapat memecahkan permasalahan sains dalam kehidupan sehari-hari, meramalkan akibat-akibat perkembangan sains di masa depan, serta mempunyai sikap yang baik terhadap perkembangan sains di masyarakat/After discussions, science project develompment, and doing some excercises related to scientific methodology, the students can solve problems related to nature in daily life, predict the impact of science develompent in the future and have good attittudes towards science in the society
Daftar Pustaka/References
- Wonorahardjo, S. 2009. Dasar-Dasar Sains, Menciptakan Masyarakat Sadar Sains, Indeks.
- Chalmers, A.F. 1982. What is This Thing Called Science?, St. Lucia:.University of Queensland Press,
- Darmodjo, H. 1986. Filsafat Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta: Penerbit Karunika-UniversitasTerbuka.
- Gie, T. L. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Penerbit Liberty.
- Keraf S. & Dua, M. 2001. Ilmu Pengetahuan Sebuah Tinjauan Filosofis, Yogyakarta: Kanisius.
- Kleden, I. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan, Jakarta: LP3ES.
- Kuhn, T.S. 1996. The Structure of Scientific Revolutions, London: The University of Chicago Press.
- Leahy, L. H. 2002. Manusia, Dari Pengetahuan ke Kebijaksanaan, Yogyakarta: Kanisius.
- Soetomo, G.. 1995. Sains dan Problem Ketuhanan, Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
- Suriasumantri, J. S. 1999. Ilmu dalam Perspektif, Yayasan Obor Indonesia.
- Suriasumantri, J. S.1999. Pengantar Filsafat Ilmu. Pustaka Sinar Harapan.
- Tobias, S. & Tomizuka, C.T. 1992. Breaking the Science Barrier, New York.