UJICOBA IMPLEMENTASI STRATEGI OE3R (ORIENTASI-EKSPLORASI-EKSPLANASI-ELABORASI-REFLEKSI) UNTUK PEMBELAJARAN DASAR-DASAR KIMIA ANALITIK DI JURUSAN KIMIA FMIPA UM
Hayuni Retno Widarti1, Sutrisno2, Oktavia Sulistina3, M. Muchson4
Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang1,2,3,4
E‑mail1): hayuni.retno.fmipa@um,ac.id
Abstrak: Belajar kimia tidak bisa dilepaskan dengan three thinking levels of chemistry learning atau yang lebih dikenal Jargon Triple Representation in Chemistry, yakni makroskopik, (sub) mikroskopik, dan simbolik yang dalam proses pembelajaran dan asesmennya harus mencakup Enam Domain Sains-Kimia (Six Domains of Science), yakni konsep, proses, aplikasi, sikap, kreativitas, dan hakekat sains-kimia. Telah dirancang Strategi Pembelajaran hasil hibridisasi dari 3D-Kimia dan 6 Domain Sains yang disebut dengan Strategi OE3R (Orientasi-Eksplorasi-Eksplanasi-Elaborasi-Refleksi/Orientation-Exploration-Explanation-Elaboration-Reflexion). Strategi OE3R sebagai salah satu inovasi pembelajaran kimia berbasis inkuiri.Secara prinsip, implementasi rancangan Strategi OE3R dilakukan untuk satu kesatuan utuh topik utama atau bahan kajian utama yang diawali dari orientasi dan diakhiri dengan refleksi. Pengembangan strategi OE3R pada Perkuliahan Dasar-dasar Kimia Analitik untuk topik Titrasi Agentometri di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang pada tahun akademik 2018/2019. Jumlah sampel yang digunakan adalah 22 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar (84,85%) mahasiswa setuju jika pembelajaran dengan strategi OE3R dapat digunakan dalam pembelajaran kimia, khususnya di Matakuliah Dasar-dasar Kimia Analitik. Dengan kata lain pembelajaran strategi OE3R dapat membuat mahasiswa belajar secara bermakna khususnya tentang Titrasi Argentometri.
Kata kunci: Strategi OE3R, Dasar-Dasar Kimia Analitik, Titrasi Argentometri
Abstract: Chemistry learning cannot be separated from three thinking levels of itself, or better known as Triple Representation in Chemistry, namely macroscopic, (sub) microscopic, and symbolic which in the learning and assessment process must include Six Chemical Domains (Six Domains of Science). ), namely concepts, processes, applications, attitudes, creativity, and the nature of chemistry. A hybridized Learning Strategy from 3D-Chemistry and 6 Science Domains has been designed called the OE3R Strategy (Orientation-Exploration-Exploration-Elaboration-Reflexion). The OE3R strategy is one of inquiry-based chemistry learning innovations. In principle, the implementation of the OE3R Strategy design is carried out for a whole unit of the main topic or main study material that starts from the orientation and ends with reflection. Development of the OE3R strategy in the Course of Analytical Chemistry Basics for the topic of Agentometry in the Department of Chemistry, FMIPA, State University of Malang in the 2018/2019 academic year. The number of samples used was 22 students. The research method used is descriptive qualitative. The results of this study indicate that most (84.85%) students agree that learning with the OE3R strategy can be used in chemistry learning, especially in Analytical Chemistry Basics. In other words the learning of the OE3R strategy can make students learn meaningfully especially about Argentometry Titration.
Key words: Analytical Chemistry Basics, Argentometry Titration, OE3R strategy