KETERLAKSANAAN COMMUNITY OF INQUIRY (COI) PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI BLENDED LEARNING PADA MATERI KIMIA ANALISIS KUANTITATIF
Mohammad Alex Firdaus*, Surjani Wonorahardjo, dan Munzil Arif
aPascasarjana Universitas Negeri Malang (UM)
Jl. Semarang 5 Malang (Gedung H) 65145
*Corresponding author’s Email: mohammad.alex.firdaus@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan Community of Inquiry (CoI) peserta didik melalui strategi blended learning pada materi Analisis Kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan pra-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Data penelitian adalah persentase distribusi untuk setiap tahapan inkuiri dalam pembelajaran Analisis Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap eksplorasi dan integrasi lebih mendominasi jika dibandingkan dengan tahap yang lainnya. Hal ini mengindikasikan bahwa peserta didik mampu memfokuskan dirinya terhadap pertanyaan yang diajukan peserta didik lain terkait materi ajar dengan mencari informasi melalui berbagai sumber. Selain itu, peserta didik juga mampu memahami berbagai informasi yang berkaitan dengan pemecahan masalah atau pertanyaan. Pada penelitian ini diketahui juga bahwa tahap resolusi memiliki aktivitas yang paling rendah dibandingkan tahap yang lain. Hal ini mengindikasikan bahwa peserta didik (khususnya penanya) sudah memahami jawaban atas pertanyaan melalui berbagai informasi yang diberikan oleh peserta didik lain maupun penguatan jawaban oleh pendidik.
Kata Kunci: blended learning, Community of Inquiry (CoI), Analisis Kuantitatif, Pendidikan Kimia