Matakuliah Seminar Pendidikan Kimia

Kompetensi/ Com­pe­ten­ci­es

Meng­i­den­ti­fi­ka­si dan meng­a­na­li­sis pro­ble­ma­ti­ka dalam pen­di­dik­an kimia sehing­ga diha­silk­an desa­in ope­ra­sio­nal (DO) pene­li­ti­an pen­di­dik­an kimia ser­ta mengkomunikasikannya/Iden­ti­fying and ana­lyzing the pro­ble­ma­ti­cs of che­mis­try edu­ca­tion to pro­du­ce the ope­ra­tio­nal design of che­mis­try edu­ca­tion rese­ar­ch and com­mu­ni­ca­te it.

Bah­an Kajian/Sub­je­ct Mat­ters

Isu-isu pro­ble­ma­tik dalam pen­di­dik­an kimia di seko­lah (SMP, SMA, SMK) men­ca­kup mate­ri dan pembelajarannya/Pro­ble­ma­tic issu­es in che­mi­cal edu­ca­tion in scho­ols (juni­or high, high scho­ol, voca­tio­nal high scho­ol) inclu­ding con­tent and it’s instru­ctio­nal.

Tujuan/Obje­cti­ves

Sete­lah meng­ka­ji isu-isu pro­ble­ma­ti­ka dalam pen­di­dik­an kimia di seko­lah mela­lui stu­di lite­ra­tur, maha­sis­wa dapat menyu­sun desa­in ope­ra­sio­nal (DO) pene­li­ti­an dan meng­ko­mu­ni­ka­si­kan­nya seca­ra lis­an dan ter­tu­lis ber­da­sark­an pada pola pikir dan kai­dah-kai­dah ilmiah/After stu­dying the pro­ble­ma­tic issu­es in che­mis­try edu­ca­tion in scho­ols by lite­ra­tu­re revi­ew, stu­den­ts sho­u­ld be able to make a ope­ra­tio­nal design of rese­ar­ch dan com­mu­ni­ca­te it based on the sci­en­ti­fic fra­me­work

Daf­tar Pustaka/Refe­ren­ces

  1. Jur­nal-Jur­nal Pen­di­dik­an Kimia (dalam media cetak dan inter­net)
  2. Tim Lem­lit UM. 2005. Meto­do­lo­gi Pene­li­ti­an. Malang: UM Press
  3. Tim UM. 2012. Pedom­an Penu­lis­an Kar­ya Ilmi­ah. Malang: UM Pres­sCres­we­ll, J.W. 2008. Rese­ar­ch Design: Qua­li­ta­ti­ve, Quan­ti­ta­ti­ve, and Mixed Metho­ds App­ro­a­ches (3nd Edi­tion). Cali­for­nia, USA: Sage Publi­ca­tions, Inc.
  4. Fra­en­kel, J. R. & Wallen, N. E. (2006). How to design and eva­lu­a­te rese­ar­ch in edu­ca­tion (6th eds.). New York: McGraw-Hill
  5. Ary, D., Jacobs, L.C & Raza­vi­ch, A. 2000.  Pengan­tar Pene­li­ti­an Dalam Pen­di­dik­an. Ter­je­mah­an oleh Ari­ef Fur­ch­an. Sura­ba­ya: Usa­ha Nasio­nal.

Next Post

PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING DAN GAMBARAN MIKROSKOPIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI IKATAN KIMIA DAN MOTIVASI SISWA

Thu May 26 , 2016
PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING DAN GAMBARAN MIKROSKOPIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI IKATAN KIMIA DAN MOTIVASI SISWA   Hen­dra­wa­nia*, Suban­di , Fau­zi­a­tul Faja­roh , Pro­gram Stu­di Pen­di­dik­an Kimia S2, Pasca­sar­ja­na, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang Jl. Sema­rang No.5, Malang, Jawa Timur *Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: henisha_25@yahoo.com ABSTRAK   Mate­ri ikat­an kimia meca­kup kon­sep-kon­sep abs­trak […]
Logo SNKP

Kabar Lain

EnglishIndonesian