PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN KIMIA ANORGANIK DI SEKOLAH
I Wayan Dasna*
Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang, Jawa Timur 65145
*Corresponding author’s email: idasna@um.ac.id
ABSTRAK
Standar proses pembelajaran pada Kurikulum sekolah menggunakan pendekatan saintifik. Pembelajaran dengan pendekatan ini mendorong siswa belajar secara aktif untuk mengkonstruksi konsep-konsep yang dipelajari. Proses pembelajaran mencakup kegiatan mengamati, menanya, melakukan percobaan, menalar, dan mengkomunikasikan. Sebagian guru-guru kimia mengalami kesulitan menerapkan pendekatan saintifik khususnya pada materi kimia yang bersifat deskriptif seperti materi kimia anorganik. Kimia anorganik di sekolah mempelajari kimia unsur dan reaksi-reaksinya. Pada studi ini dideskripsikan suatu model penggunaan metode saintifik untuk mengajarkan kimia unsur dan tatanama senyawa anorganik. Model itu menggunakan pemahaman konsep melalaui contoh dan non-contoh untuk mendorong siswa bertanya, menalar, dan mengkomunikasikan pemahamannya. Teknik lain yang dideskripsikan adalah pembelajaran kimia unsur menggunakan tahapan analisis fakta, konsep, dan simbol untuk mendorong siswa aktif menkonstruksi konsep melalui pendekatan saintifik.
Kata kunci: scientific approach, kimia anorganik