PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING DAN GAMBARAN MIKROSKOPIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI IKATAN KIMIA DAN MOTIVASI SISWA

PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING DAN GAMBARAN MIKROSKOPIK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI IKATAN KIMIA DAN MOTIVASI SISWA

 

Hen­dra­wa­nia*, Suban­di , Fau­zi­a­tul Faja­roh ,

Pro­gram Stu­di Pen­di­dik­an Kimia S2, Pasca­sar­ja­na, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang

Jl. Sema­rang No.5, Malang, Jawa Timur

*Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: henisha_25@yahoo.com

ABSTRAK

 

Mate­ri ikat­an kimia meca­kup kon­sep-kon­sep abs­trak yang sulit difa­ha­mi oleh sis­wa. Kesu­lit­an sis­wa dalam mem­pe­la­ja­ri ikat­an kimia ditan­dai dengan ren­dah­nya hasil bela­jar dan luas­nya area kesa­lah­an kon­sep pada mate­ri ikat­an kimia yang telah dila­pork­an pada pene­li­ti­an sebe­lum­nya baik di luar nege­ri mau­pun dalam nege­ri. Kon­sep-kon­sep abs­trak dalam pela­jar­an kimia memer­luk­an ban­tu­an gam­bar­an mik­ros­ko­pik dan juga hubung­an keti­ga level frep­re­sen­ta­si untuk mem­ban­tu memo­ti­va­si sis­wa dalam bela­jar. Semen­ta­ra penga­jar­an ikat­an kimia sela­ma ini masih meng­gu­nak­an meto­de cera­mah dan jauh dari mem­ban­tu sis­wa dalam mema­ha­mi keti­ga level rep­re­sen­ta­si. Penga­jar­an dengan inku­i­ri ter­bim­bing dan ban­tu­an gam­bar­an mik­ros­ko­pik didu­ga dapat mem­ban­tu sis­wa dalam meng­kon­struk pema­ham­an kon­sep yang lebih baik dan mening­katk­an moti­va­si sis­wa dalam mem­pe­la­ja­ri kon­sep abs­trak. Pene­li­ti­an ini ber­tu­ju­an untuk meng­u­ji: (1) per­ban­ding­an pema­ham­an kon­sep sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan inku­i­ri ter­bim­bing dengan gam­bar­an mik­ros­ko­pik diban­dingk­an sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan inu­i­ri ter­bim­bing tan­pa gam­bar­an mik­ros­ko­pik, ser­ta sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan meto­de cera­mah (2) per­ban­ding­an moti­va­si bela­jar sis­wa pada kelas inku­i­ri ter­bim­bing dan gam­bar­an mik­ros­ko­pik, kelas inku­i­ri ter­bim­bing dan kelas cera­mah.

Pene­li­ti­an ini meng­gu­nak­an ran­cang­an eks­pe­ri­men semu dengan desa­in fak­to­ri­al 3x1. Popu­la­si pene­li­ti­an ini ada­lah sis­wa kelas X SMAN 1 Gunung­sa­ri yang meng­am­bil mata pela­jar­an kimia. Sam­pel pene­li­ti­an ada­lah sis­wa kelas X IPA 1, X IPA 2 dan X IPA 3 SMAN 1 Gunung­sa­ri yang diam­bil dengan pro­ba­bi­li­ty sam­pling dengan kemam­pu­an awal yang sama. Data pema­ham­an kon­sep sis­wa dipe­ro­leh dari hasil tes pema­ham­an kon­sep ikat­an kimia yang disu­sun oleh Lulik Arya­ni. Data moti­va­si bela­jar sis­wa dipe­ro­leh ber­da­sark­an skor item ang­ket moti­va­si sis­wa yang diter­je­mahk­an dari tes STSL. Ana­li­sis data meng­gu­nak­an uji Ana­va One Ways masing-masing untuk meng­u­kur pema­ham­an kon­sep dan moti­va­si bela­jar sis­wa.

Hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an bah­wa (1) ada per­be­da­an pema­ham­an kon­sep sis­wa yang sig­ni­fik­an anta­ra sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan inku­i­ri ter­bim­bing dan gam­bar­an mik­ros­ko­pik diban­dingk­an dengan sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan inku­i­ri ter­bim­bing tan­pa gam­bar­an mik­ros­ko­pik ser­ta sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan meto­de cera­mah. Pema­ham­an kon­sep sis­wa pada kelas inku­i­ri ter­bim­bing dipa­du gam­bar­an mik­ros­ko­pik lebih ting­gi dari­pa­da sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan inku­i­ri ter­bim­binng dan cera­mah. Sis­wa yang dibe­la­jrak­an dengan inku­i­ri ter­bim­bing mem­pu­nyai pema­ham­an kon­sep yang lebih ting­gi dari­pa­da sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan ceramah.(2) ada per­be­da­an moti­va­si bela­jar sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan inku­i­ri ter­bim­bing dan ban­tu­an gam­bar­an mik­ros­ko­pik diban­dingk­an sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan inku­i­ri ter­bim­bing tan­pa ban­tu­an gam­bar­an mik­ros­ko­pik dan cera­mah.

 

Kata Kun­ci: gam­bar­an mik­ros­ko­pik, inku­i­ri ter­bim­bing, pema­ham­an kon­sep, ikat­an kimia,motivasi bela­jar.

Next Post

Matakuliah Pengembangan Bahan Ajar Kimia

Thu May 26 , 2016
Kompetensi/Com­pe­ten­ci­es Mema­ha­mi bah­an ajar kimia yang relev­an dengan kuri­ku­lum, per­kem­bang­an peser­ta didik, dan kema­ju­an IPTEK; mema­ha­mi teo­ri-teo­ri ten­tang model-model pengem­bang­an bah­an ajar; dan ter­am­pil mengem­­bangkan bah­an ajar ber­da­sark­an sua­tu kaji­an ilmiah./Unders­tan­ding tea­ching mate­ri­als whi­ch are rele­vant to the cur­ri­cu­lum, deve­lo­pment of lear­ners, pro­gress of sci­en­ce and tech­no­lo­gy;  unders­tan­ding the­o­ri­es of […]
Gedung Kimia

Kabar Lain

EnglishIndonesian