PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATERI LARUTAN ELEKTROLIT-NON ELEKTROLIT ANTARA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN LEARNING CYCLE 5E-THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BATU

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATERI LARUTAN ELEKTROLIT-NON ELEKTROLIT ANTARA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN LEARNING CYCLE 5E-THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BATU

 

Neni Triwidayanti*, Endang Budiasih dan Dedek Sukarianingsih

Pro­di Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang

Jl. Sema­rang No.5 Malang 65145

* Cor­res­pon­ding author’s ema­il: neni.triwidayanti@yahoo.com

ABSTRAK

Pene­li­ti­an ini ber­tu­ju­an untuk meng­e­ta­hui keter­lak­sa­na­an pem­be­la­jar­an, hasil bela­jar, dan moti­va­si bela­jar pada sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E, dan sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E-Think Talk Wri­te (TTW) pada mate­ri larut­an elek­tro­lit dan non elek­tro­lit. Pene­li­ti­an ini meng­gu­nak­an ran­cang­an eks­pe­ri­men semu. Kelas eks­pe­ri­men dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E-Think Talk Wri­te (TTW), dan kelas kon­trol dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E. Instru­men pene­li­ti­an diva­li­da­si dengan ting­kat vali­da­si 74% dengan kri­te­ria baik. Hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an bah­wa keter­lak­sa­na­an model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E-Think Talk Wri­te memi­li­ki rata-rata sebe­sar 89,53% dan hasil keter­lak­sa­na­an model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E memi­li­ki rata-rata sebe­sar 89,06%. (2) Ada per­be­da­an hasil bela­jar kog­ni­tif mate­ri larut­an elek­tro­lit dan non elek­tro­lit anta­ra sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E-Think Talk Wri­te (TTW), dan sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E. Rata-rata nilai hasil bela­jar sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan meng­gu­nak­an model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E-Think Talk Wri­te (=73,06) lebih ting­gi dari­pa­da sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E (=65,41). Hasil bela­jar afek­tif sis­wa yang dibe­la­jark­an meng­gu­nak­an model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E-Think Talk Wri­te (=86,76) lebih ting­gi dari­pa­da sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E (=85,00), dan (3) Moti­va­si bela­jar pada sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E-Think Talk Wri­te (=82,70) lebih ting­gi dari­pa­da moti­va­si bela­jar sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E (=80,47).

 

Kata kun­ci: Model Pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E, Think Talk Wri­te, Hasil Bela­jar, moti­va­si bela­jar.

Next Post

Matakuliah Skripsi Pendidikan Kimia

Thu May 26 , 2016
Kompetensi/Com­pe­ten­ci­es   Meng­i­den­ti­fi­ka­si & meru­musk­an masa­lah, menye­le­sa­ik­an masa­lah ter­se­but seca­ra ilmi­ah mela­lui sua­tu pene­li­ti­an dalam bidang pen­di­dik­an kimia, menyu­sun hasil pene­li­ti­an dalam sua­tu kar­ya ilmi­ah skri­psi dan mem­per­ta­han­kan­nya dalam forum ilmiah./Iden­ti­fying and for­mu­la­ting pro­blem, solving the pro­blem by rese­ar­ch in che­mis­try edu­ca­tion, for­mu­la­ting the rese­ar­ch result into a the­sis and defen­ding […]
Gedung Kimia

Kabar Lain

EnglishIndonesian