

Visi Progam Studi (S1) Pendidikan Kimia
Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran Kimia berbasis penelitian sesuai perkembangan ipteks dengan menerapkan model-model pembelajaran inovatif, media pembelajaran kimia berbasis ICT dan teknologi pembelajaran terkini, serta penilaian pembelajaran kimia untuk menghasilkan sarjana pendidikan kimia yang profesional, kompetitif, dan adaptif
Misi Progam Studi (S1) Pendidikan Kimia
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
- Melakukan penelitian dalam bidang pendidikan dan pembelajaran kimia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kimia serta mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan pembelajaran kimia yang berorientasi pada pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat
Tujuan Progam Studi (S1) Pendidikan Kimia
- Menghasilkan lulusan Sarjana Pendidikan Kimia yang cerdas religius berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional;
- Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul di bidang Pendidikan Kimia;
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Kimia, dan terapannya untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri produktif dan sejahtera.
Profil Lulusan Progam Studi (S1) Pendidikan Kimia
Sarjana Pendidikan Kimia yang mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran kimia, mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran kimia, menemukan alternatif pemecahannya dan mengemasnya dalam bentuk karya ilmiah, mengelola dan mengembangkan laboratorium pembelajaran/lembaga pendidikan kimia, mengembangkan karier alternative, dan mampu beradaptasi, tumbuh, dan berkembang menjadi tenaga yang profesional sesuai dengan kondisi sosial budaya, sains, teknologi terkini, dan seni yang melingkupinya
Rumusan Standar Capaian Pembelajaran Lulusan (Standar-CPL) | |
Standar CPL | Deskripsi |
1 | Memiliki pengetahuan dan kemampuan menampilkan perilaku sebagai warga negara yang agamis, mencintai bangsa dan budaya Indonesia berdasarkan jiwa Pancasila serta memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif dan adaptif sesuai dengan dinamika global. |
2 | Memiliki wawasan nilai dan pengetahuan keilmuan pendidikan dan pembelajaran baik secara teoritik dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai seorang pendidik dan tenaga kependidikan yang kreatif, inovatif, aplikatif sesuai dengan karakter dan budaya peserta didik yang hidup di era kehidupan yang global saat ini |
3 | Menguasai alat bantu mempelajarai pengetahuan kimia dan pedagogi (matematika, bahasa, komputasi) dan memanfaatkannya secara kreatif dan inovatif dalam pembelajaran kimia |
4 | Menguasai pengetahuan kimia, pengetahuan mengenai sains dan inkuiri ilmiah, dan keterampilan inkuiri ilmiah serta dapat memanfaatkannya untuk mengeksplorasi dan menjelaskan fenomena alam terkait kimia sehingga menyadari betapa berharganya alam semesta dan perlunya menjaga kelestarian alam. |
5 | Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran kimia di sekolah dengan memperhatikan perkembangan terkini |
6 | Mampu mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran kimia, menemukan alternatif pemecahannya, mengemas pengalaman profesional, dan hasil kajiannya menjadi karya ilmiah |
7 | Mampu mengembangkan bahan ajar dan metode pembelajaran yang berkualitas sesuai dengan karakteristik peserta didik, dan Deskripsi Isi Mata Kuliah dengan memanfatkan perkembangan ICT serta mengelola pendidikan kimia pada pendidikan formal dan non formal |
8 | Mampu mengelola/mengembangkan laboratotium pembelajaran di sekolah |
Tabel Justifikasi Standar Capaian Pembelajaran Lulusan (Standar CPL) Terhadap Unsur-unsur CPL
PEMETAAN KURIKULUM
STRUKTUR KURIKULUM
SEBARAN MATAKULIAH
DOSEN S1 PENDIDIKAN KIMIA
Prof. Effendy, Ph.D
NIP 195609291980031003
effendi.fmipa@um.ac.idProf. Dra. Sri Rahayu, M.Ed., Ph.D.
NIP 196605141991122001
sri.rahayu.fmipa@um.ac.idProf. Dr. H. Subandi, M.Si
NIP 195011051986011001
subandi.fmipa@um.ac.idProf. Dr. Fauziatul Fajaroh, M.S.
NIP 196402211988032001
fauziatul.fajaroh.fmipa@um.ac.idDrs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D
NIP 196312311988121002
idasna@um.ac.idDr. Sumari, M.Si
NIP 196501291991031001
sumari.fmipa@um.ac.idDr. Parlan, M.Si
NIP 196509101990011001
perlan.fmipa@um.ac.idDr. Yudhi Utomo, M.Si
NIP 196705011996031002
yudhi.utomo.fmipa@um.ac.idDr. Muntholib, S.Pd, M.Si
NIP 196712121993021001
muntholib.fmipa@um.ac.idHabiddin, S.Pd, M.Pd, Ph.D.
NIP 19791213200811012
habiddin_wuni@um.ac.idDr. Endang Budiasih, M.Si
NIP 195801121982032001
ending.budiasih.fmipa@um.ac.idDrs. Ridwan Joharmawan, M.Si
NIP 196503161990011001
ridwan.joharmawan.fmipa@um.ac.idDr. Oktavia Sulistina, S.Pd., M.Pd
NIP 198110282005012002
oktavia.sulistina.fmipa@um.ac.idDr. Hayuni Retno Widarti, M.Si
NIP 196408051990012001
hayuni.retno.fmipa@um.ac.idDrs. Ridwan Joharmawan, M.Si
NIP 196503161990011001
ridwan.joharmawan.fmipa@um.ac.idDr. Yahmin, M.Si
NIP 196811191993021001
yahmin.fmipa@um.ac.idM. Muchson,S.Pd, M.Pd
NIP 198507022012121001
m.muchson.fmipa@um.ac.idNur Candra E. S, S.Si., S.Pd, M.Pd.
NIP 198505212019031005
nur.setiawan.fmipa@um.ac.id