Visi Progam Studi (S1) Pendidikan Kimia

Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran Kimia berbasis penelitian sesuai perkembangan ipteks dengan menerapkan model-model pembelajaran inovatif, media pembelajaran kimia berbasis ICT dan teknologi pembelajaran terkini, serta penilaian pembelajaran kimia untuk menghasilkan sarjana pendidikan kimia yang profesional, kompetitif, dan adaptif

Misi Progam Studi (S1) Pendidikan Kimia

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembe­lajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
  2. Melakukan penelitian dalam bidang pendidikan dan pembelajaran kimia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kimia serta mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui pene­rapan pembelajaran kimia yang berorientasi pada pember­dayaan dan kesejahteraan masyarakat

Tujuan Progam Studi (S1) Pendidikan Kimia

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana Pendidikan Kimia yang cerdas religius berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional;
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul di bidang Pendidikan Kimia;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Kimia, dan terapannya untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri produktif dan sejahtera.

Profil Lulusan Progam Studi (S1) Pendidikan Kimia

Sarjana Pendidikan Kimia yang mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran kimia, mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran kimia, menemukan alternatif pemecahannya dan mengemasnya dalam bentuk karya ilmiah, mengelola dan mengembangkan laboratorium pembelajaran/lembaga pendidikan kimia, mengembangkan karier alternative, dan mampu beradaptasi, tumbuh, dan berkembang menjadi tenaga yang profesional sesuai dengan kondisi sosial budaya, sains, teknologi terkini, dan seni yang melingkupinya

Rumusan Standar Capaian Pembelajaran Lulusan (Standar-CPL)
Standar CPLDeskripsi
1Memiliki pengetahuan dan kemampuan menampilkan perilaku sebagai warga negara yang agamis, mencintai bangsa dan budaya Indonesia berdasarkan jiwa Pancasila serta memiliki kemandirian dalam berkarya secara inovatif dan adaptif sesuai dengan dinamika global.
2Memiliki wawasan nilai dan pengetahuan keilmuan pendidikan dan pembelajaran baik secara teoritik dan aplikatif dalam bingkai budaya Indonesia, dalam perannya sebagai seorang pendidik dan tenaga kependidikan yang kreatif, inovatif, aplikatif sesuai dengan  karakter dan budaya peserta didik yang hidup di era kehidupan yang global saat ini
3Menguasai alat bantu mempelajarai pengetahuan kimia dan pedagogi (matematika, bahasa, komputasi) dan memanfaatkannya secara kreatif dan inovatif dalam pembelajaran kimia
4Menguasai pengetahuan kimia, pengetahuan mengenai sains dan inkuiri ilmiah, dan keterampilan inkuiri ilmiah serta dapat memanfaatkannya untuk mengeksplorasi dan menjelaskan fenomena alam terkait kimia sehingga menyadari betapa berharganya alam semesta dan perlunya menjaga kelestarian alam.
5Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran kimia di sekolah dengan memperhatikan perkembangan terkini
6Mampu mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran kimia, menemukan alternatif pemecahannya, mengemas pengalaman profesional, dan hasil kajiannya menjadi karya ilmiah
7Mampu mengembangkan bahan ajar dan metode pembelajaran yang berkualitas sesuai dengan karakteristik peserta didik, dan Deskripsi Isi Mata Kuliah dengan memanfatkan perkembangan ICT serta mengelola pendidikan kimia pada pendidikan formal dan non formal
8Mampu mengelola/mengembangkan laboratotium pembelajaran di sekolah

Tabel Justifikasi Standar Capaian Pembelajaran Lulusan (Standar CPL) Terhadap Unsur-unsur CPL

PEMETAAN KURIKULUM

STRUKTUR KURIKULUM

SEBARAN MATAKULIAH

DOSEN S1 PENDIDIKAN KIMIA

id_IDIndonesian