Teaching density of particles using an analogy of rice and beans

18 Mei 2016

rice and beans1 rice and beans
Tea­ching den­si­ty of par­ti­cles for Super Sci­en­ce JHS Stu­den­ts Jap­an

Teo­ri bela­jar kon­struk­ti­vis­tik menya­rank­an bah­wa bela­jar meru­pak­an sebu­ah pro­ses yang ber­ke­lan­jut­an. Sis­wa mene­ri­ma infor­ma­si dan mem­ba­ngun interp­re­ta­si­nya sen­di­ri ser­ta pemak­na­an ter­ha­dap infor­ma­si itu dida­sark­an atas penge­ta­hu­an awal dan penga­la­man­nya sen­di­ri. Menu­rut teo­ri ini, bela­jar men­ja­di efek­tif apa­bi­la sis­wa meng­hu­bungk­an infor­ma­si yang baru dengan penge­ta­hu­an yang telah dimi­li­ki. Ana­lo­gi meru­pak­an salah satu alat bela­jar uta­ma yang digu­nak­an oleh guru untuk memak­nai hubung­an ter­se­but. Oleh kare­na itu, pena­lar­an ana­lo­gis dapat dika­tak­an seba­gai pro­ses uta­ma dalam kegi­at­an ber­fi­kir manu­sia.

Ana­lo­gi ada­lah per­ban­ding­an anta­ra dua hal yang ber­be­da yang menun­jukk­an kemi­rip­an dalam satu atau lebih aspek-aspek yg diban­dingk­an. Ana­lo­gi mem­ban­tu sis­wa mema­ha­mi kon­sep-kon­sep baru dengan meng­gu­nak­an kemi­rip­an yang dimi­li­ki oleh kon­sep-kon­sep yang telah dike­ta­hu­i­nya. Oleh kare­na itu, sis­wa akan lebih mudah mema­ha­mi kon­sep baru jika mere­ka meng­a­it­kan­nya dengan hal yang telah mere­ka keta­hui. Seba­gai con­toh, jika kita ingin meng­a­jark­an aspek mikroskopis(molekuler) dari kera­pat­an larut­an 50% alko­hol (eta­nol + air) maka guru dapat meng­gu­nak­an ana­lo­gi cam­pur­an beras dan kacang. Jika 50 g eta­nol (63,20 mL, d=0,791 g/mL) dicam­pur dengan 50 g air (50 mL, d= 1 g/mL) maka volu­me total dari cam­pur­an 50% eta­nol ter­se­but seca­ra per­hi­tung­an ada­lah 113,20 mL. Namun seca­ra eks­pe­ri­men, volu­me 50% eta­nol ada­lah seki­tar 109, 98 mL. Meng­a­pa volu­me cam­pur­an 50% eta­nol ter­se­but ber­ku­rang dari yang seha­rus­nya? Apa yang ter­ja­di dian­ta­ra mole­kul-mole­kul eta­nol dan air? Untuk men­je­lask­an ini maka sis­wa harus dia­jak ber­fi­kir seca­ra mik­ros­ko­pis. Namun, mam­puk­an sis­wa SMP memi­kir­kan­nya? Hal yang ter­la­lu abs­trak barang­ka­li.…..

Nah untuk men­jem­ba­ta­ni ini, maka guru bisa meng­gu­nak­an ana­la­gi kacang merah dan beras atau pasir dan keri­kil untuk meng­gam­bark­an mole­kul-mole­kul air dan eta­nol. Jika 50 mL beras dicam­pur dengan 50 mL kacang merah maka volu­me total cam­pur­an kacang merah dan beras buka­nlah 100 mL mela­ink­an 82 mL. Meng­a­pa volu­me cam­pur­an ter­se­but ber­ku­rang? Bagai­ma­na cara meme­tak­an kemi­rip­an anta­ra cam­pur­an 50% eta­nol dan cam­pur­an beras dan kacang merah? Ayo difi­kirk­an ber­sa­ma.…

Sem­ber : http://srirahayu-chemistry.blogspot.co.id/

Next Post

LP2M UM Gelar Pembekalan KKN Bagi 2.616 Mahasiswa

Wed May 18 , 2016
18 Mei 2016 Malang-Lem­ba­ga Pene­li­ti­an dan Pengab­di­an kepa­da Masya­ra­kat (LP2M) Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang (UM) mem­be­rik­an pem­be­kal­an Kuli­ah Ker­ja Nya­ta (KKN) bagi 2.616 maha­sis­wa. Kegi­at­an ber­lang­sung pada Ming­gu (15/5/2016) di Gra­ha Cak­ra­wa­la UM. Maha­sis­wa yang ter­daf­tar pada KKN kali ini ter­di­ri dari Fakul­tas Ilmu Pen­di­dik­an (FIP) 913 maha­sis­wa, Fakul­tas Mate­ma­ti­ka dan […]

Kabar Lain

EnglishIndonesian