Saturday , 25 May 2019
Home » IDENTIFIKASI KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 8 MALANG TAHUN AJARAN 2018/2019 SELAMA KEGIATAN LESSON STUDY KIMIA
IDENTIFIKASI KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 8 MALANG TAHUN AJARAN 2018/2019 SELAMA KEGIATAN LESSON STUDY KIMIA
IDENTIFIKASI KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 8 MALANG TAHUN AJARAN 2018/2019 SELAMA KEGIATAN LESSON STUDY KIMIA

IDENTIFIKASI KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 8 MALANG TAHUN AJARAN 2018/2019 SELAMA KEGIATAN LESSON STUDY KIMIA

IDENTIFIKASI KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 8 MALANG TAHUN AJARAN 2018/2019 SELAMA KEGIATAN LESSON STUDY KIMIA

Insani Mutiara Dewi1, Hayuni Retno Widarti2 Anggit Wahyu Rachmawati3, Fariza Anizarini4

1,2,3,4Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5, Malang, JawaTimur

E-mail1): insanimutiaradewi@gmail.com

 

Abstrak – Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang berbasis kompetensi dan karakter. Salah satu nilai yang ditanamkan dalam karakter siswa adalah kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kedisiplinan kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2018/2019 selama kegiatan lesson study kimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 100 siswa dari tiga kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Malang. Subjek penelitian diperoleh melalui pengambilan subjek secara acak dari lima kelas XI MIPA yang ada. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan 46% siswa bermain HP, 7% siswa mengantuk dan 14% siswa ramai selama kegiatan lesson study kimia, hal ini menunjukkan tingkat kedisiplinan siswa sebesar 33%.

Kata kunci: Kedisiplinan, Lesson study kimia

Abstract – Curriculum of 2013 is a competency and character-based curriculum. One of the values embedded in the character of students is discipline. This study aims to describe the discipline of the students of XI MIPA at Senior High School 8 Malang in academic year 2018/2019 during the chemical lesson study. This research is a qualitative descriptive study. The subject of this study is 100 students from three classes of XI MIPA at Senior High School 8 Malang. Research subjects were obtained through random sampling class from the five existing XI MIPA classes. Data are collected through observation and documentation. The validity of the data in this study uses triangulation of data sources. The results showed that 46% of students played cellphones, 7% of students were sleepy and 14% of students were chatting during the chemical lesson study which mean the value of students’ discipline in the amount of 33%.

Keywords: Discipline, Chemical lesson study

 

Download Artikel