IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 10 MALANG PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 10 MALANG PADA MATERI HIDROLISIS GARAM 

Ikh­wan­to a*, Dedek Suka­ri­a­ning­sih a, Siti Marfu’ah a

a Pro­di Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang
Jl. Sema­rang No 5 Malang Kode pos 65145

*Cor­res­pon­ding author’s ema­il: ikhwanto109@gmail.com

ABSTRAK

Pene­li­ti­an ini ber­tu­ju­an untuk (1) meng­i­den­ti­fi­ka­si ting­kat pema­ham­an kon­sep­tu­al dan algo­ri­tmik sis­wa kelas XI IPA SMAN 10 Malang, (2) meng­e­ta­hui letak kesu­lit­an sis­wa, dan (3) meng­i­den­ti­fi­ka­si fak­tor-fak­tor yang mem­pe­nga­ru­hi kesu­lit­an bela­jar sis­wa pada mate­ri hidro­li­sis garam. Desa­in pene­li­ti­an ini ada­lah pene­li­ti­an desk­rip­tif dengan pen­de­kat­an kua­li­ta­tif. Sub­jek pene­li­ti­an ada­lah sis­wa kelas XI IPA SMAN 10 Malang yang ter­di­ri dari 68 sis­wa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Sub­jek ada­lah sis­wa yang didu­ga meng­a­la­mi kesu­lit­an yang memi­li­ki rata-rata nilai UH hidro­li­sis garam ren­dah yang dipi­lih seca­ra selek­tif dengan tek­nik pur­po­si­ve sam­pling. Pen­ja­ring­an data meng­gu­nak­an instru­men tes diag­nos­tik, ang­ket, dan wawan­ca­ra (tri­a­ngu­la­si data). Tes diag­nos­tik ber­u­pa soal pilih­an gan­da ber­a­las­an dan ura­i­an bertahap.Hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an bah­wa: (1) ting­kat pema­ham­an kon­sep­tu­al sis­wa ter­go­long sangat ren­dah (27,2%) dan ting­kat pema­ham­an algo­ri­tmik sis­wa ter­go­long sangat ren­dah (15,8%), (2) kesu­lit­an-kesu­lit­an yang dia­la­mi sis­wa, (a) pada kon­sep umum reak­si hidro­li­sis garam ada­lah mem­be­dak­an reak­si hidro­li­sis dengan ioni­sa­si dan menen­tuk­an garam yang dapat ter­hi­dro­li­sis; (b) pada kon­sep penen­tu­an jenis-jenis reak­si hidro­li­sis garam ada­lah meng­i­den­ti­fi­ka­si senya­wa yang ter­go­long asam kuat/lemah dan basa kuat/lemah; © pada kon­sep per­sa­ma­an reak­si hidro­li­sis ada­lah menen­tuk­an ion garam yang ter­hi­dro­li­sis dan menu­lisk­an per­sa­ma­an reak­si yang benar; (d) pada kon­sep penen­tu­an sifat larut­an hasil reak­si hidro­li­sis garam ada­lah menen­tuk­an sifat kea­sam­an larut­an garam; (e) pada kon­sep hubung­an Ka, Kb, dan Kh ada­lah men­je­lask­an hubung­an Ka, Kb, dan Kh dengan sifat kea­sam­an garam; (f) pada kon­sep sto­i­ki­o­me­tri larut­an hidro­li­sis garam ada­lah menen­tuk­an rumus pH garam, meng­kon­ver­si mol men­ja­di molar, dan meng­hi­tung kon­sen­tra­si ion garam; (g) pada kon­sep per­hi­tung­an nilai Ka, Kb, dan Kh ada­lah menen­tuk­an kon­sen­tra­si ion H+/OH- dan menen­tuk­an rumus per­sa­ma­an hubung­an anta­ra Ka, Kb, dan Kh yang tepat, (3) fak­tor domin­an yang mem­pe­nga­ru­hi kesu­lit­an sis­wa dalam mem­pe­la­ja­ri hidro­li­sis garam ada­lah fak­tor inter­nal, yai­tu fak­tor ren­dah­nya kemam­pu­an pen­di­si­plin­an diri sis­wa untuk bela­jar (40,4%), sedangk­an fak­tor eks­ter­nal fak­tor yang domin­an ada­lah fak­tor tidak ada­nya kelom­pok bela­jar sis­wa (37,4%).

Kata kun­ci: Pema­ham­an kon­sep­tu­al-algo­ri­tmik, kesu­lit­an bela­jar, hidro­li­sis garam

Next Post

Kendalikan Hama Wereng Secara Alami

Wed Jun 8 , 2016
Malang-Sela­ma ini pem­bas­mi­an hama Wereng dila­kuk­an dengan cara menyemp­rotk­an pes­ti­si­da. Penyemp­rot­an pes­ti­si­da dalam jang­ka pan­jang, meng­a­ki­batk­an penum­puk­an sisa-sisa racun pada tanah. Sisa-sisa racun ini akan ter­se­rap padi, sehing­ga beras yang diha­silk­an ter­kon­ta­mi­na­si racun. Sur­ja­ni Wono­ra­ha­rdjo, Ph.D.,  telah mene­muk­an meto­de baru untuk meme­cahk­an masa­lah ter­s­but. “Kami ber­sa­ma tem­an-tem­an dan maha­sis­wa sela­lu […]
Kendalikan Hama Wereng Secara Alami

Kabar Lain

EnglishIndonesian