Inovasi Pembelajaran ADI (Argument Driven Inquiry) Berbasis Blended Learning Pada Perkuliahan Praktikum Kimia

Ino­va­si Pem­be­la­jar­an ADI (Argu­ment Dri­ven Inqu­iry) Ber­ba­sis Blen­ded Lear­ning Pada Per­ku­li­ah­an Prak­ti­kum Kimia

Okta­via Sulis­ti­na1, Heru­na­ta2, Habi­ddin3, Hayu­ni Ret­no Widar­ti4, Dar­so­no Sigit5

(1,2,3,4,5)Jurus­an Kimia FMIPA Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang

E‑mail: Oktavia.sulistina.fmipa@um.ac.id

 

Abs­trak: Kete­ram­pil­an argu­men­ta­si ilmi­ah meru­pak­an hal pen­ting dalam pro­ses bela­jar kimia. Model pem­be­la­jar­an argu­ment dri­ven inqu­iry (ADI) men­do­rong maha­sis­wa untuk melak­sa­nak­an penga­mat­an atau penye­li­dik­an, ber­ar­gu­men­ta­si, menu­lis dan revi­ew. Kegi­at­an dalam pem­be­la­jar­an ADI ter­se­but dapat mening­katk­an kete­ram­pil­an argu­men­ta­si ilmi­ah. Pem­be­la­jar­an ADI di kelas dilak­sa­nak­an seca­ra offli­ne (tatap muka). Sela­ma ini per­ku­li­ah­an Prak­ti­kum Kimia Dasar dilak­sa­nak­an seca­ra offli­ne, dan seba­gi­an besar wak­tu­nya digu­nak­an untuk kegi­at­an pengum­pul­an data. Hal ter­se­but dimung­kink­an menye­babk­an kegi­at­an meng­em­bangk­an kete­ram­pil­an argu­men­ta­si ilmi­ah maha­sis­wa men­ja­di kurang ter­wa­da­hi. Pem­be­la­jar­an ADI cocok dite­rapk­an pada mata­ku­li­ah Prak­ti­kum Kimia Dasar, kare­na karak­te­ris­tik­nya ter­se­but. Namun demi­ki­an, keter­ba­tas­an wak­tu men­ja­di ken­da­la. Oleh kare­na itu diper­luk­an ino­va­si pem­be­la­jar­an ADI ber­ba­sis blen­ded lear­ning, yang lang­kah-lang­kah pem­be­la­ja­ran­nya meng­a­cu pada model ADI namun dalam pelak­sa­na­an­nya seca­ra blen­ded lear­ning yai­tu tahap 1–3 dilak­sa­nak­an seca­ra offli­ne, dan tahap 4–8 seca­ra onli­ne.

 

Kata kun­ci:argu­men­ta­si ilmi­ah, argu­ment dri­ven inqu­iry, ADI, blen­ded lear­ning

 

Downlo­ad Arti­kel

EnglishIndonesian