Saturday , 25 May 2019
Home » Karakteristik Nature of Science (NOS) dan Penerapan Teknologi Mobile dalam Pembelajaran Kimia
Karakteristik Nature of Science (NOS) dan Penerapan Teknologi Mobile dalam Pembelajaran Kimia
Karakteristik Nature of Science (NOS) dan Penerapan Teknologi Mobile dalam Pembelajaran Kimia

Karakteristik Nature of Science (NOS) dan Penerapan Teknologi Mobile dalam Pembelajaran Kimia

Karakteristik Nature of Science (NOS) dan Penerapan Teknologi Mobile dalam Pembelajaran Kimia

Yusran Khery1, Bq. Asma Nufida2, Suryati3, Sri Rahayu4, Endang Budiasih5

1,2,3IKIP Mataram, Jalan Pemuda 59 A, Mataram, Indonesia

4,5Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang 65145

Email: yusrankhery@ikipmataram.ac.id

Abstrak: Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat penerapan pembelajaran berorientasi NOS, karakteristik NOS dalam bahan ajar, dan tingkat pemafaatan teknologi mobile dalam pembelajaran di program studi pendidikan Kimia IKIP Mataram. Dalam bentuk penelitian deskriptif, data dikumpulkan menggunakan angket dan lembar observasi. Responden dari kegiatan penelitian ini terdiri dari 54 orang mahassiwa dan 12 orang dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerapan pembelajaran berorienatasi NOS dalam perkuliahan matakuliah-matakuliah penguasaan materi kimia sebesar 56,68 % dengan kategori cukup baik. Karakteristik NOS dalam Bahan Ajar yang disusun oleh dosen-dosen mata kuliah penguasaan materi kimia sebesar 63,39 % dengan kategori baik. Tingkat pemanfaatan teknologi mobile di dalam pembelajaran oleh dosen cukup baik yakni mencapai 55,56 %.

 

Kata kunci:Nature of Science, Penerapan Teknologi Mobile, Pembelajaran Kimia

 

Abstract: This study has been carried out to describe NOS-oriented on chemistry course, NOS characteristic in teaching materials, and utilization of mobile technology in learning in Chemistry Education Program in IKIP Mataram. In the form of descriptive research, data was collected by questionnaires and observation sheet.  Research respondent consisted of 54 students and 12 lecturers. The results of the study show that the NOS-oriented on chemistry course were 56,68 % with quite good categories. NOS characteristic on lecture teaching materials were 63,39 % with good cathegory. Utilization of mobile technology in learning is quite good that is equal to 55,56 %.

 

Key words: Nature of Science, Utilization of Mobile Technology, Chemistry Learning

 

Download Artikel