Matakuliah Pengembangan Program Pengajaran Kimia

Kom­pe­te­si/Com­pe­ten­ci­es

Memi­li­ki penge­ta­hu­an dan kete­ram­pil­an dalam meren­ca­nak­an dan meng­em­bangk­an pro­gram penga­jar­an kimia SMA yang ino­va­tif dan efek­tif, pem­be­la­jar­an kimia ber­pu­sat pada sis­wa dan pem­be­la­jar­an kimia ber­ba­sis laboratorium/Having kno­wle­dge and ski­lls for plan­ning and deve­lo­ping an ino­va­ti­ve and effe­cti­ve high scho­ol che­mis­try instru­ctio­nal pro­gram,  stu­dent-cen­te­red and labo­ra­tory-based che­mis­try instru­ctions.

Bah­an Kajian/Sub­je­ct Mat­ters

Fung­si dan per­an­an per­en­ca­na­an pro­gram penga­jar­an kimia, bebe­ra­pa pen­de­kat­an desa­in pengem­bang­an pro­gram penga­jar­an, per­u­mus­an tuju­an pem­be­la­jar­an yang relev­an dengan topik kimia, meng­em­bangk­an per­ang­kat peni­la­i­an yang oten­tik, pemi­lih­an stra­te­gi yang tepat untuk mem­be­la­jark­an topik kimia, meng­em­bangk­an lang­kah-lang­kah kegi­at­an pem­be­la­jar­an, dan imple­men­ta­si per­en­ca­na­an pem­be­la­jar­an ino­va­tif (peer tea­ching)/The fun­ctions and the roles of a che­mis­try instru­ctio­nal pro­gram, some app­ro­a­ches for desig­ning che­mis­try instru­ctio­nal pro­grams, for­mu­la­tion of lear­ning obje­cti­ves in line with a che­mis­try topic, deve­lo­pment of authen­tic assess­ment tools, sele­ction of app­rop­ri­a­te stra­te­gy for tea­ching a cer­ta­in che­mis­try topic, deve­lo­pment of tea­ching-lear­ning pro­ce­du­res, and imple­men­ta­tion of the inno­va­ti­ve design (peer tea­ching).

Tujuan/Obje­cti­ves

Mela­lui dis­ku­si dan meng­ka­ji lite­ra­tur dari ber­ba­gai sum­ber bela­jar, maha­sis­wa mam­pu:

  1. Mema­ha­mi fung­si dan per­an­an per­en­ca­na­an pro­gram penga­jar­an kimia
  2. Mema­ha­mi bebe­ra­pa pen­de­kat­an dalam men­de­sa­in pro­gram penga­jar­an kimia seper­ti bac­kwa­rd design, sys­te­mic app­ro­a­ch
  3. Meng­a­na­li­sis mate­ri kimia dan meru­musk­an tuju­an pem­be­la­jar­an yang relev­an.
  4. Menen­tuk­an cara menilai/mengukur pen­ca­pa­i­an tuju­an pem­be­la­jar­an kimia dan meng­em­bangk­an per­ang­kat peni­la­i­an oten­tik.
  5. Memi­lih stra­te­gi pem­be­la­jar­an ino­va­tif yang tepat untuk men­ca­pai tuju­an pem­be­la­jar­an
  6. Meng­em­bangk­an lang­kah-lang­kah kegi­at­an pem­be­la­jar­an yang efek­tif agar pem­be­la­jar­an men­ja­di ber­mak­na
  7. Mene­rapk­an hasil ran­cang­an penga­jar­an kimia dalam ben­tuk peer tea­ching

Thro­u­gh discus­sion and lite­ra­tu­re revi­ew, stu­den­ts sho­u­ld be able to:

  1. Unders­tand fun­ction and role of the plan­ning of che­mis­try instru­ctio­nal pro­gram
  2. Unders­tand some lear­ning app­ro­a­ches in desig­ning the che­mis­try instru­ctio­nal pro­gram like bac­kwa­rd design, sys­te­mic app­ro­a­ch
  3. Ana­lyze che­mis­try con­tent and for­mu­la­te the rele­vant lear­ning obje­cti­ves
  4. Deter­mi­ne the way to assess the che­mis­try lear­ning achi­e­ve­ment and deve­lop the the instru­ment of authen­tic assess­ment
  5. Deter­mi­ne the inno­va­ti­ve lear­ning stra­te­gy to achi­e­ve the lear­ning pur­po­ses
  6. Deve­lop the ste­ps of the mea­ni­ngful effe­cti­ve lear­ning
  7. Imple­ment the result of che­mis­try lear­ning design by peer tea­ching

Daf­tar Pustaka/Refe­ren­ces

  1. Bad­an Stan­dar Nasio­nal Pen­di­dik­an. 2007. Stan­dar Pro­ses. Jakar­ta: BSNP
  2. Cru­ick­shank, D. R., Jen­kins, D. B., Metcalf, K.K. 2006. The act of tea­ching. Four­th edi­tion. New York: McGraw Hill com­pa­ni­es, Inc.
  3. Hall, G. E., Quinn, L. F., Goll­nick, D. M., 2008. The joy of tea­ching making a diffe­ren­ce in stu­dent lear­ning. (teje­mah­an oleh Sora­ya Ram­li). Jakar­ta: PT Indeks.
  4. Moo­re, K. D. 2005. Effe­cti­ve Instru­ctio­nal Stra­te­gi­es: From The­ory to Pra­cti­ce. Cali­for­nia: Sage Publi­ca­tion, Inc.
  5. Ray , B. 2007. Modern Method of Tea­ching Che­mis­try. New Del­hi: APH Publi­shing Cor­po­ra­tion.
  6. Wig­gins, Grant and McTi­ghe, Jay. 2005. Unders­tan­ding by Design. Upper Saddle River, New Jer­sey: Pear­son, Mer­ri­ll Pren­ti­ce Hall.

Next Post

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI HIDROLISIS GARAM PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN LEARNING CYCLE 5E-NUMBERED HEADS TOGETHER BAGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MALANG

Wed May 25 , 2016
PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI HIDROLISIS GARAM PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN LEARNING CYCLE 5E-NUMBERED HEADS TOGETHER BAGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MALANG   Rachmasari Putri Anggini 1a,*, Endang Budiasih 2a, dan Evi Susanti 3a a Pro­di Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang […]
Logo SNKP

Kabar Lain

EnglishIndonesian