Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Kimia

Kompetensi/ Com­pe­ten­ci­es

Mema­ha­mi, meren­ca­nak­an dan melak­sa­nak­an stra­te­gi bela­jar meng­a­jar yang sesu­ai dengan mate­ri kimia di seko­lah menengah/Unders­tan­ding, plan­ning, and imple­men­ting the che­mis­try instru­ctio­nal star­te­gi­es in the secon­dary scho­ols (juni­or and seni­or high scho­ols, voca­tio­nal scho­ol).

Bah­an Kajian/ Sub­je­ct Mat­ters

Penger­ti­an dan per­be­da­an pen­de­kat­an pem­be­la­jar­an, stra­te­gi, meto­de, tek­nik, model pem­be­la­jar­an, instru­ctio­nal effe­ct dan  nur­tu­rant effe­ct pem­be­la­jar­an di seko­lah; meto­de pem­be­la­jar­an sains dan pene­ra­pan­nya mela­lui pemo­del­an, stra­te­gi dan model pem­be­la­jar­an sains dan pene­ra­pan­nya mela­lui pemo­del­an; kemam­pu­an dasar meng­a­jar (mem­bu­ka dan menu­tup pela­jar­an, men­je­lask­an, ber­ta­nya, mem­be­ri pengu­at­an, memva­ri­a­sik­an sti­mu­lus bela­jar, meng­e­lo­la kelas, memim­pin dis­ku­si, ser­ta meng­a­jar kelom­pok kecil dan perorangan)/Defi­ni­tion of tea­ching app­ro­a­ch; diffe­ren­ces betwe­en app­ro­a­ch, stra­te­gy, method, tech­ni­que, and  model of tea­ching; instru­ctio­nal and nur­tu­rant effe­cts of tea­ching; metho­ds of lear­ning sci­en­ce and its appli­ca­tion by mode­ling; stra­te­gi­es and  models of lear­ning sci­en­ce and the­ir appli­ca­tion by mode­ling; the basic of tea­ching pra­cti­ces (indu­ction & clo­su­re les­son, expla­i­ning, ques­tio­ning, giving rein­for­ce­ment, var­ying sti­mu­li­es in lear­ning, mana­ging of class, lea­ding a discus­sion, tea­ching a sma­ll gro­u­ps and indi­vi­du­als).

Tujuan/Obje­cti­ves

Sete­lah mem­pe­la­ja­ri stra­te­gi bela­jar meng­a­jar kimia mela­lui tela­ah lite­ra­tur, dis­ku­si, tanya jawab, penu­gas­an, dan pemo­del­an, maha­sis­wa dapat meren­ca­nak­an pem­be­la­jar­an yang sesu­ai dengan mate­ri kimia di seko­lah menengah/ after stu­dying the che­mis­try instru­ctio­nal stra­te­gi­es by lite­ra­tu­re revi­ew, discus­sion, giving an assig­nment, and mode­lling, stu­den­ts sho­u­ld be able to plan che­mis­try instru­ctio­nal at scho­ol

Daf­tar Pustaka/Refe­ren­ces

  1. Ani­tah, S. W. 2007. Stra­te­gi Pem­be­la­jar­an. Jakar­ta: Uni­ver­si­tas Ter­bu­ka
  2. Ano­nim. 2010. Making Che­mis­try Rele­vant: Stra­te­gi­es For Inclu­ding All Stu­den­ts In A Lear­ner-Sen­si­ti­ve Class­ro­om Envi­ro­nment. Cana­da: John Wiley & Sons.
  3. Her­ron, J.D. 1996. The Che­mis­try Class­ro­om: For­mu­la for Succes­sful Tea­ching. USA: Ame­ric­an Che­mi­cal Soci­e­ty.
  4. Iskan­dar, S. M. 2011. Pen­de­kat­an Pem­be­la­jar­an Sains Ber­ba­sis Kon­struk­ti­vis. Malang: Bayu Media
  5. Joyce, B., Weil, M., Cal­ho­un, E. 2004. Models of Tea­ching, 7th edi­tion. Bos­ton: Pear­son Edu­ca­tion, Inc.
  6. San­ja­ya, W. 2006. Stra­te­gi Pem­be­la­jar­an: Ber­o­ri­en­ta­si Stan­dar Pro­ses pen­di­dik­an. Jakar­ta: Ken­ca­na Pre­na­da Media.
  7. Pien­ta, N.J., Coo­per, M.M., Gre­e­nbo­we, T.J. 2009. Che­mis­ts’ Gui­de to Effe­cti­ve Tea­ching Volu­me II. New Jer­sey: Pear­son Pren­ti­ce-Hall.

Next Post

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEKSLPISITKAN HAKIKAT SAINS (NOS) DAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI IKATAN KIMIA DAN GAYA ANTARMOLEKUL

Wed May 25 , 2016
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEKSLPISITKAN HAKIKAT SAINS (NOS) DAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI IKATAN KIMIA DAN GAYA ANTARMOLEKUL Ivan Ashif Ardha­na*, Sri Raha­yu, Pra­yit­no Jurus­an Pen­di­dik­an Kimia, FMIPA, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang Jl. Sema­rang 5, Malang 65145, Telp: 0341–551334  *Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: ivanashif@gmail.com ABSTRAK   Tuju­an pene­li­ti­an ini […]
Logo SNKP

Kabar Lain

EnglishIndonesian