Saturday , 25 May 2019
Home » OE3R (ORIENTASI-EKSPLORASI-EKSPLANASI-ELABORASI-REFLEKSI): SEBUAH INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS-KIMIA BERBASIS INKUIRI

OE3R (ORIENTASI-EKSPLORASI-EKSPLANASI-ELABORASI-REFLEKSI): SEBUAH INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS-KIMIA BERBASIS INKUIRI

OE3R (ORIENTASI-EKSPLORASI-EKSPLANASI-ELABORASI-REFLEKSI): SEBUAH INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS-KIMIA BERBASIS INKUIRI

Sutrisno

Jurusan Kimia – Fakultas Matematika dan IPA

Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang 65145 – Indonesia

E-mail: sutrisno.kimia@um.ac.id

 

Abstrak: Ilmu Kimia merupakan ilmu yang dilandasi secara inkuiri, dan sudah tidak asing disebut sains-inkuiri (inquiry-science). Karenanya, pembelajaran ilmu-kimia dimanapun jenjangnya sudah seharusnya mengedepankan pembelajaran secara inkuiri (inquiry-based learning). Telah banyak model pembelajaran sains secara inkuiri, seperti LC (Learning Cycle) dengan ragam tahapannya, POGIL (ProcessOrientedGuidedInquiry-Learning), MORE (Model-Observe-Reflect-Explain) Thinking Frame, Lima Tahap oleh Wenning (Observation-Manipulation-Generalization-Verification-Application), dan Lima Fase oleh Pedaste et al. (Orientation-Conceptualization-Investigation-Conclussion-Discussion). Dari beberapa model yang sudah dikembangkan tersebut tampak bahwa masing-masing mempunyai tahapan yang berbeda, dan tentunya dengan alasan ilmiah yang berlainan pula. Di Indonesia, pembelajaran secara inkuiri sudah dikenal sejak dikenalkannya pengajaran sains secara inkuiri itu sendiri. Namun demikian, belum muncul (setidaknya yang penulis ketahui) bagaimana pembelajaran sains (khususnya pembelajaran kimia pada berbagai jenjang) dilakukan dengan tahapan-tahapan spesifik-operasionalnya. Secara psikologi pedagogik, pembelajaran harus selaras dengan karakteristik peserta didik, fasiltas belajar, dan lingkungan belajarnya. Karya tulis ini menginisiasi Konsep OE3R (Orientasi-Eksplorasi-Eksplanasi-Elaborasi- Refleksi atau Orientation-Exploration-Explanation-Elaboration-Reflexion) sebagai salah satu upaya inovasi model strategi pembelajaran kimia berbasis inkuiri. Inovasi strategi ini dilandasi oleh 3D-Kimia (Triple Representation Jargon: makroskopik, (sub)mikroskopik, dan simbolik) yang terhibridisasi dengan Enam Domain Sains (Six Domains of Science), yakni konsep, proses, aplikasi, sikap, kreativitas, dan hakekat sains (NoS).

Kata kunci: pembelajaran secara inkuri, pembelajaran sains-kimia, strategi pembelajaran OE3R

 

Abstract: Chemistry is a science based on inquiry, and is no stranger as inquiry-science. Therefore, chemistry learning wherever its level is supposed to prioritize inquiry-based learning. There have been many scientific learning models in inquiry, such as LC (Learning Cycle) with various stages, POGIL (Process-Oriented-Guided-Inquiry-Learning), MORE (Model-Observe-Reflect-Explain) Thinking Frame, Five Steps by Wenning (Observation-Manipulation-Generalization-Verification-Application), and Five Phases by Pedaste et al. (Orientation-Conceptualization-Investigation-Conclusion-Discussion). From the several models that have been developed, it appears that each has different phases, and certainly with different scientific reasons. In Indonesia, inquiry learning has been known since the introduction of inquiry science teaching it self. However, it has not yet emerged (at least what I know) how science learning (especially chemistry learning at various levels) is carried out with its operational-specific stages. In pedagogic psychology, learning must be in harmony with the characteristics of students, learning facilities, and learning environments. This paper initiated the concept of OE3R (Orientation-Exploration-Explanation-Elaboration-Reflection) as one of the efforts of model innovation of inquiry-based strategy chemistry learning. This strategy innovation is based on 3D-Chemistry (Triple Representation Jargon: macroscopic, (sub) microscopic, and symbolic) which is hybridized with Six Domains of Science, namely concepts, processes, applications, attitudes, creativity, and the nature of science.

Keywords: inquiry learning, chemistry learning, OE3R learning strategy

 

Download Artikel