PENGARUH MULTI REPRESENTASI PADA METODE INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

PENGARUH MULTI REPRESENTASI PADA METODE INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Rizki Nur Ana­li­ta*), I Way­an Das­na**), & Aman San­to­so

Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang
Jl. Sema­rang no. 5 Malang 65145

* Cor­res­pon­ding author’s ema­il:
*) rizki_analita@yahoo.com
**) idasna@um.ac.id

ABSTRAK

Pene­li­ti­an yang dila­kuk­an ber­tu­ju­an untuk mem­ban­dingk­an kemam­pu­an kog­ni­tif ting­kat ting­gi sis­wa ber­da­sark­an meto­de pem­be­la­jar­an yang ber­be­da pada mate­ri kela­rut­an dan hasil kali kela­rut­an. Pene­li­ti­an meng­gu­nak­an ran­cang­an eks­pe­ri­me­nal semu. Sam­pel pene­li­ti­an seba­nyak 75 orang sis­wa dan ter­di­ri dari dua kelom­pok, yai­tu kelom­pok eksperimen‑1 (n = 37) dan kelom­pok eksperimen‑2 (n = 38). Tek­nik pengam­bil­an sam­pel dengan meng­gu­nak­an sam­pling acak kelom­pok. Kelom­pok eksperimen‑1 dibe­la­jark­an dengan meto­de inku­i­ri ter­bim­bing dan kelom­pok eksperimen‑2 dibe­la­jark­an dengan meto­de inku­i­ri ter­bim­bing ber­ban­tu­an mul­ti rep­re­sen­ta­si. Data dipe­ro­leh mela­lui tes objek­tif dan tes sub­jek­tif (r = 0,71). Ana­li­sis data pene­li­ti­an meng­gu­nak­an uji‑t. Hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an bah­wa ter­da­pat per­be­da­an kemam­pu­an kog­ni­tif ting­kat ting­gi yang sig­ni­fik­an anta­ra sis­wa kelom­pok eksperimen‑1 yang dibe­la­jark­an dengan meto­de inku­i­ri ter­bim­bing dan eksperimen‑2 yang dibe­la­jark­an dengan meto­de inku­i­ri ter­bim­bing ber­ban­tu­an mul­ti rep­re­sen­ta­si (Sig.(2‑tailed) ≤ 0,05). Kelom­pok eksperimen‑2 memi­li­ki kemam­pu­an kog­ni­tif ting­kat ting­gi yang lebih baik dari­pa­da kelom­pok eksperimen‑1. Hal ter­se­but menun­jukk­an bah­wa mul­ti rep­re­sen­ta­si ber­pe­nga­ruh ter­ha­dap kemam­pu­an kog­ni­tif ting­kat ting­gi.

Kata kun­ci:     inku­i­ri ter­bim­bing, mul­ti rep­re­sen­ta­si, kela­rut­an dan hasil kali kela­rut­an, kemam­pu­an kog­ni­tif ting­kat ting­gi.

Next Post

Kombinasi Metode Pembelajaran Bermedia UTS (Ular Tangga Senyawa) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tata Nama Senyawa Kimia Kelas X SMA

Tue Jun 7 , 2016
Kom­bi­na­si Meto­de Pem­be­la­jar­an Ber­me­dia UTS (Ular Tang­ga Senya­wa) Untuk Mening­katk­an Hasil Bela­jar Tata Nama Senya­wa Kimia Kelas X SMA Bahti­ar Kho­li­li*a a Guru Kimia SMA Nege­ri 1 Mun­jung­an Masar­an, Mun­jung­an, Treng­ga­lek, Jawa Timur 66365 *Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: kholili72@yahoo.com ABSTRAK Upa­ya mem­per­mu­dah sis­wa mema­ha­mi tata nama senya­wa kimia telah dila­kuk­an dengan mem­bu­at media […]
Logo SNKP

Kabar Lain

EnglishIndonesian