PENGARUH MULTI REPRESENTASI PADA METODE INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
Rizki Nur Analita*), I Wayan Dasna**), & Aman Santoso
Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang no. 5 Malang 65145
* Corresponding author’s email:
*) rizki_analita@yahoo.com
**) idasna@um.ac.id
ABSTRAK
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk membandingkan kemampuan kognitif tingkat tinggi siswa berdasarkan metode pembelajaran yang berbeda pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian menggunakan rancangan eksperimenal semu. Sampel penelitian sebanyak 75 orang siswa dan terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen‑1 (n = 37) dan kelompok eksperimen‑2 (n = 38). Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling acak kelompok. Kelompok eksperimen‑1 dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing dan kelompok eksperimen‑2 dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing berbantuan multi representasi. Data diperoleh melalui tes objektif dan tes subjektif (r = 0,71). Analisis data penelitian menggunakan uji‑t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan kognitif tingkat tinggi yang signifikan antara siswa kelompok eksperimen‑1 yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing dan eksperimen‑2 yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing berbantuan multi representasi (Sig.(2‑tailed) ≤ 0,05). Kelompok eksperimen‑2 memiliki kemampuan kognitif tingkat tinggi yang lebih baik daripada kelompok eksperimen‑1. Hal tersebut menunjukkan bahwa multi representasi berpengaruh terhadap kemampuan kognitif tingkat tinggi.
Kata kunci: inkuiri terbimbing, multi representasi, kelarutan dan hasil kali kelarutan, kemampuan kognitif tingkat tinggi.