PENGARUH PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DIPADU DENGAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI REDOKS SISWA KELAS X SMA

PENGARUH PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DIPADU DENGAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI REDOKS SISWA KELAS X SMA

 

Ang­gun Wina­ta*, Sur­ja­ni Wono­ra­ha­rdjo, Endang Budi­a­sa­ih

Jurus­an Pen­di­dik­an Kimia, FMIPA, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang

Jl. Sema­rang 5 Malang

*Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: anggunwinata@gmail.com

ABSTRAK

 

Mate­ri redoks meli­batk­an bebe­ra­pa kon­sep yang ber­si­fat abs­trak. Hal ter­se­but menye­babk­an sis­wa sering meng­a­la­mi kesu­lit­an dan kesa­lah­an kon­sep dalam mema­ha­mi kon­sep ter­se­but. Pema­du­an blen­ded lear­ning dengan lear­ning cycle 5E meru­pak­an salah satu ino­va­si dalam pem­be­la­jar­an kimia yang dapat mem­ban­tu sis­wa dalam mema­ha­mi kon­sep kimia yang ber­si­fat abs­trak. Pem­be­la­jar­an tatap muka meng­gu­nak­an lear­ning cycle 5E dan pem­be­la­jar­an onli­ne meng­gu­nak­an LMS yai­tu pro­gram moo­dle. Hasil pene­li­ti­an ini dipe­ro­leh kesim­pul­an bah­wa: pem­be­la­jar­an mate­ri redoks meng­gu­nak­an lear­ning cycle 5E dipa­du dengan blen­ded lear­ning mem­be­rik­an hasil bela­jar kog­ni­tif lebih ting­gi diban­dingk­an dengan meng­gu­nak­an lear­ning cycle 5E

 

Kata Kun­ci: Lear­ning Cycle 5E, Blen­ded Lear­ning, Hasil Bela­jar

Next Post

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBUKA DAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI KIMIA

Wed May 25 , 2016
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBUKA DAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI KIMIA   Fatchi­ya­tun Ni’mah*, Suha­di Ibnu, Sri Raha­yu Pro­gram Pasca­sar­ja­na Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang Jl. Sema­rang No. 5, Malang *Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: fatchiyatun@yahoo.com   ABSTRAK   Kema­ju­an ilmu penge­ta­hu­an dan tek­no­lo­gi (IPTEK) memi­li­ki […]
Logo SNKP

Kabar Lain

EnglishIndonesian