Saturday , 25 May 2019
Home » Pengembangan Bahan Ajar Materi Kimia Unsur Golongan Alkali dan Alkali Tanah Berbasis Learning Cycle 5E untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XII
Pengembangan Bahan Ajar Materi Kimia Unsur Golongan Alkali dan Alkali Tanah Berbasis Learning Cycle 5E untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XII
Pengembangan Bahan Ajar Materi Kimia Unsur Golongan Alkali dan Alkali Tanah Berbasis Learning Cycle 5E untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XII

Pengembangan Bahan Ajar Materi Kimia Unsur Golongan Alkali dan Alkali Tanah Berbasis Learning Cycle 5E untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XII

Pengembangan Bahan Ajar Materi Kimia Unsur Golongan Alkali dan Alkali Tanah Berbasis Learning Cycle 5E untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas XII

 

Adelia Erlina1, Endang Budiasih2, Dedek Sukarianingsih3

1,2,3Universitas Negeri Malang

Jalan Semarang nomor 5 Malang 65145

E-mail1: adeliaerlina16@gmail.com

 

Abstrak: penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri atas empat tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian hanya dilakukan sampai tahap develop. Bahan ajar divalidasi oleh tiga validator ahli. Data yang dihasilkan adalah data kuantitatif dan data kualitatif yang dianalisis secara deskriptif. Rata-rata skor kelayakan dari buku guru sebesar 87,3; buku peserta didik sebesar 87,8; dan rata-rata skor uji keterbacaan sebesar 87. Berdasarkan penilaian tersebut, bahan ajar yang dikembangkan dikategorikan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci: bahan ajar, Learning Cycle 5E, alkali dan alkali tanah

 

Abstract: This research was used 4D development model which consisting of four stages: define, design, develop, and disseminate. The development was only done until the develop stage. The teaching materials produced were validated by three expert validators. The type of data obtained was quantitative data and qualitative data which analyzed in descriptive. The average feasibility percentage of the teacher’s book was 87.3; the learners’ books was 87.8; and the average percentage of test readability was 87. Based on the assessment, the developed teaching materials were categorized as very suitable for used in the learning process.

 

Key words: teaching materials, Learning Cycle 5E, alkali and alkaline earth

 

Download Artikel