Saturday , 25 May 2019
Home » Pengembangan Bahan Ajar Materi Larutan Penyangga dengan Model Learning Cycle 5E berbasis Multipel Representasi
Pengembangan Bahan Ajar Materi Larutan Penyangga dengan Model Learning Cycle 5E berbasis Multipel Representasi
Pengembangan Bahan Ajar Materi Larutan Penyangga dengan Model Learning Cycle 5E berbasis Multipel Representasi

Pengembangan Bahan Ajar Materi Larutan Penyangga dengan Model Learning Cycle 5E berbasis Multipel Representasi

Pengembangan Bahan Ajar Materi Larutan Penyangga dengan Model Learning Cycle 5E berbasis Multipel Representasi

Sofiana Nur Fadilah1, Hayuni Retno Widarti2, Yahmin3

1,2,3Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Malang

Jalan Semarang No. 5, Malang 65145

E-mail1:sofiana.nurfadilah@yahoo.com

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan bahan ajar materi Larutan Penyangga menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbasis multipel representasi yang layak digunakan. Pengembangan bahan ajar menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan. Data dikumpulkan dari 3 validator dan uji keterbacaan 15 peserta didik. Data dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan berupa bahan ajar yang terdiri dari buku siswa dan buku guru yang dilengkapi silabus dan RPP. Hasil penelitian diperoleh persentase rata-rata keseluruhan sebesar 91,81% dengan kriteria sangat layak. Kesimpulan dari hasil validasi dan uji keterbacaan, bahan ajar dan RPP yang dikembangkan sangat layak untuk dilakukan uji lapangan awal.

Kata kunci: bahan ajar, Learning Cycle 5E, representasi, larutan penyangga

 

Abstract: The purpose of the research and development is to produce learning materials buffers using Learning Cycle 5E model based on multiple representation. The development of teaching materials adopted a development model 4D by Thiagarajan. Data were collected from 3 validators and readability test of 15 student, and analyzed with quantitative and qualitative techniques. The results of research and development in the form of teaching materials consisting of student books and teacher book which are completed with the syllabus and lesson plan. The results of the validation of the teaching materials obtained average percentage of 91.81% with criteria very appropriate. The conclusion of the results of the validation and readability test, learning materials and lesson plan developed are already to do the next step.

 

Key words: learning materials, Learning Cycle 5E, representation, buffers

 

Download Artikel