Saturday , 25 May 2019
Home » PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS INTERKONEKSI MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS INTERKONEKSI MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS INTERKONEKSI MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS INTERKONEKSI MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS INTERKONEKSI MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

 

 

Sofia Nur Fadhilah1, Hayuni Retno Widarti2, Muhammad Su’aidy3

Universitas Negeri Malang

Email: sofianurfadhilah@gmail.com;hayuni.retno.fmipa@um.ac.id, muhammad.suaidy.fmipa@um.ac.id

 

 

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen asesmen berbasis interkoneksi multipel representasi pada materi larutan penyangga dan mengetahui kelayakannya. Jenis data yang diperoleh merupakan data kuantitatif yakni hasil penilaian angket oleh validator ahli dan nilai dari jawaban siswa SMA kelas XI IPA terhadap soal-soal dalam instrumen serta data kualitatif berupa tanggapan dari validator ahli terhadap isi produk. Penelitian ini mengadaptasi model Research and Development (R & D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Berdasarkan hasil validasi konstruk, persentase rata-rata soal yang mendapat nilai 3 adalah 96,8%. Berdasarkan hasil validasi isi, rata-rata persentase dari seluruh aspek sebesar 85%. Reliabilitas soal pilihan ganda dan esai  yang dihitung menggunakan rumus Kuder Richardson yaitu KR-20 dan Alpha Cronbach melalui excel sebesar 0,922 dan 0,253.

 

Kata kunci: instrumen asesmen, larutan penyangga, interkoneksi multipel Representasi

 

ABSTRACT: The purpose of this research is to produce assessment instruments based on multiple interconnect representation on buffer solution topic and know its feasibility. The type of data obtained is quantitative data that is the result of questionnaire assessment by expert validator and the value of the answer of high school students of class XI IPA to the questions in the instrument and qualitative data in the form of responses from the expert validator to the content of the product. This research adapted the Research and Development (R & D) model developed by Borg & Gall. Based on the construct validation result, the average percentage of questions that got a score of 3 is 96.8%. Based on the results of content validation, the average percentage of all aspects is 85%. Reliability of multiple choice questions and essays calculated using Kuder Richardson’s KR-20 and Alpha Cronbach formulas through excel of 0.922 and 0.253.

 

Keywords: Assessment Instruments, Buffer Solutions, Multiple Interconnect Representation

 

Download Artikel