PENGEMBANGAN MODEL LEMBAR KERJA SISWA DENGAN ALUR PENALARAN INDUKTIF UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X SMA SEMESTER 1

PENGEMBANGAN MODEL LEMBAR KERJA SISWA DENGAN ALUR PENALARAN INDUKTIF UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X SMA SEMESTER 1

Abu­da­rina,* dan Sri Wahyu­ta­mia

a Pro­di Pen­di­dik­an Kimia Uni­ver­si­tas Palang­ka Raya

Jl. Yos Sudar­so Palang­ka Raya 73112 

*Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: salsabilaasri@gmail.com

 

ABSTRAK

 Para­di­gma baru pem­be­la­jar­an meng­hen­da­ki sis­wa mam­pu meng­kon­struk­si sen­di­ri penge­ta­hu­an yang harus mere­ka kua­sai. Dalam hal ini sis­wa memer­luk­an bim­bing­an, arah­an, tun­tun­an, atau pan­du­an agar mere­ka seca­ra man­di­ri mam­pu mem­pe­ro­leh penge­ta­hu­an yang harus mere­ka paha­mi. Pene­li­ti­an ini ber­tu­ju­an meng­em­bangk­an model Lem­bar Ker­ja Sis­wa dengan alur pena­lar­an induk­tif (LKS-induk­tif) untuk meman­du akti­vi­tas bela­jar sis­wa guna mem­pe­ro­leh penge­ta­hu­an pada pem­be­la­jar­an kimia kelas X SMA Semes­ter 1.

Pene­li­ti­an seca­ra garis besar dila­kuk­an dalam tiga tahap­an, yai­tu: (1) per­an­cang­an model LKS; (2) peni­la­i­an ter­ha­dap ran­cang­an LKS oleh calon guru seba­gai calon peng­gu­na; (3) uji­co­ba ter­ba­tas dan revi­si. Pengem­bang­an LKS dila­kuk­an meng­gu­nak­an model pengem­bang­an Dick & Carey. Pengum­pul­an data dila­kuk­an mela­lui penye­bar­an ang­ket dan ana­li­sis doku­men. Data dia­na­li­sis seca­ra kua­li­ta­tif untuk mema­park­an kon­di­si obyek­tif model LKS yang telah dikem­bangk­an ber­da­sark­an peni­la­i­an calon peng­gu­na dan ber­da­sark­an hasil uji­co­ba ter­ba­tas.

Dengan meng­a­cu kepa­da karak­te­ris­tik mate­ri subyek, dalam pene­li­ti­an ini telah dikem­bangk­an dua model LKS dengan alur pena­lar­an induk­tif, yai­tu: (1) LKS-induk­tif ber­ba­sis data empi­ris yang harus dica­ri sen­di­ri oleh sis­wa; dan (2) model LKS-induk­tif ber­ba­sis data atau infor­ma­si ter­sa­ji. Ber­da­sark­an peni­la­i­an calon peng­gu­na (guru kimia) LKS dengan alur pena­lar­an induk­tif yang dikem­bangk­an dalam pene­li­ti­an ini dinya­tak­an: (a) mudah diba­ca, mudah dipa­ha­mi, dan disu­sun seca­ra sis­te­ma­tis; (b) mudah dilak­sa­nak­an dalam pem­be­la­jar­an; © dapat meman­du sis­wa mene­muk­an penge­ta­hu­an kimia yang harus mere­ka kua­sai, namun memer­luk­an wak­tu bela­jar yang lebih lama. Dari hasil uji coba ter­ba­tas, efek­ti­fi­tas LKS yang dikem­bangk­an dalam meman­du sis­wa mene­muk­an penge­ta­hu­an kimia ter­go­long baik dengan pro­sen­ta­se keber­ha­sil­an sebe­sar 87,85%.

 

Kata kun­ci: pem­be­la­jar­an kimia, lem­bar ker­ja sis­wa, pena­lar­an induk­tif

Next Post

DESAIN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP

Wed May 25 , 2016
DESAIN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI DAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP Rini Nafsi­a­ti Astu­tia , Suyo­nob, Moha­mand Nurb aPro­di Pen­di­dik­an Guru Madra­sah Ibti­da­i­yah (PGMI), UIN MALIKI MALANG, Jal­an Gaja­ya­na 50 Malang bPro­di S3 Pen­di­dik­an Sains, Uni­ver­si­tas Nege­ri Sura­ba­ya Kam­pus Une­sa Ketin­tang Gedung K.9 Sura­ba­ya 60231 *Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: […]
Logo SNKP

Kabar Lain

EnglishIndonesian