PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERDASARKAN PERSEPSI KONSEP SUKAR DAN KESALAHAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN BUFFER DENGAN BASIS MODEL DAUR BELAJAR 3 FASE UNTUK MATAKULIAH KIMIA DASAR II
Yusrotul Nisa Ansori1, Suhadi Ibnu2, dan Fariati3
1,2,3Prodi Pendidikan Kimia, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5, Malang 65145, Telp: 0341–551334
* Corresponding author’s email: yna.yusnisaansori@gmail.com\
ABSTRAK
Hasil tes diagnostik penelitian terdahulu yang diberikan kepada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Malang dan MAN Malang II Batu menghasilkan data persepsi konsep sukar dan kesalahan konsep pada materi larutan buffer. Tes diagnostik yang sama diujikan kepada mahasiswa Kimia Dasar II jurusan Kimia FMIPA UB Malang. Hasil tes menunjukkan kemiripan data konsep sukar dan kesalahan konsep dengan hasil penelitian sebelumnya. Dari hasil penelitian tersebut disusunlah peta pikiran (mind map) sehingga diketahui hierarki konsep, analogi, dan diagram. Urutan kegiatan belajar dalam modul mengikuti sintaks daur belajar 3 fase. Pengembangan modul mengadaptasi model 4D dari Thiagarajan dkk yang dilakukan hingga langkah validasi empiris. Tujuan penelitian untuk (1) menghasilkan modul larutan buffer, (2) mengetahui kelayakan modul berdasarkan hasil validasi isi dan uji keterbacaan, dan (3) mengetahui keefektifan modul berdasarkan hasil validasi empiris. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validasi isi adalah 91,92% (sangat valid); (2) tingkat keterbacaan oleh mahasiswa sebesar 75,23% (valid); dan (3) validasi empiris menunjukkan modul efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep dengan memperbaiki persepsi konsep sukar dan kesalahan konsep mahasiswa.
Kata kunci: pengembangan modul, persepsi konsep sukar, kesalahan konsep, larutan buffer, daur belajar 3 fase