PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERDASARKAN PERSEPSI KONSEP SUKAR DAN KESALAHAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN BUFFER DENGAN BASIS MODEL DAUR BELAJAR 3 FASE UNTUK MATAKULIAH KIMIA DASAR II

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERDASARKAN PERSEPSI KONSEP SUKAR DAN KESALAHAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN BUFFER DENGAN BASIS MODEL DAUR BELAJAR 3 FASE UNTUK MATAKULIAH KIMIA DASAR II

 

Yusrotul Nisa Ansori1, Suhadi Ibnu2, dan Fariati3

1,2,3Pro­di Pen­di­dik­an Kimia, Pasca­sar­ja­na, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang

Jl. Sema­rang 5, Malang 65145, Telp: 0341–551334

 * Cor­res­pon­ding author’s ema­il: yna.yusnisaansori@gmail.com\

ABSTRAK

            Hasil tes diag­nos­tik pene­li­ti­an ter­da­hu­lu yang dibe­rik­an kepa­da peser­ta didik kelas XI SMA Nege­ri 5 Malang dan MAN Malang II Batu meng­ha­silk­an data per­se­psi kon­sep sukar dan kesa­lah­an kon­sep pada mate­ri larut­an buffer. Tes diag­nos­tik yang sama diu­jik­an kepa­da maha­sis­wa Kimia Dasar II jurus­an Kimia FMIPA UB Malang. Hasil tes menun­jukk­an kemi­rip­an data kon­sep sukar dan kesa­lah­an kon­sep dengan hasil pene­li­ti­an sebe­lum­nya. Dari hasil pene­li­ti­an ter­se­but disu­su­nlah peta pikir­an (mind map) sehing­ga dike­ta­hui hie­rar­ki kon­sep, ana­lo­gi, dan dia­gram. Urut­an kegi­at­an bela­jar dalam modul meng­i­ku­ti sin­taks daur bela­jar 3 fase. Pengem­bang­an modul meng­a­dap­ta­si model 4D dari Thi­a­ga­raj­an dkk yang dila­kuk­an hing­ga lang­kah vali­da­si empi­ris. Tuju­an pene­li­ti­an untuk (1) meng­ha­silk­an modul larut­an buffer, (2) meng­e­ta­hui kela­yak­an modul ber­da­sark­an hasil vali­da­si isi dan uji keter­ba­ca­an, dan (3) meng­e­ta­hui kee­fek­tif­an modul ber­da­sark­an hasil vali­da­si empi­ris. Hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an: (1) vali­da­si isi ada­lah 91,92% (sangat valid); (2) ting­kat keter­ba­ca­an oleh maha­sis­wa sebe­sar 75,23% (valid); dan (3) vali­da­si empi­ris menun­jukk­an modul efek­tif dalam mening­katk­an pengu­a­sa­an kon­sep dengan mem­per­ba­i­ki per­se­psi kon­sep sukar dan kesa­lah­an kon­sep maha­sis­wa.

 

Kata kun­ci: pengem­bang­an modul, per­se­psi kon­sep sukar, kesa­lah­an kon­sep, larut­an buffer, daur bela­jar 3 fase

Next Post

Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Kimia

Wed May 25 , 2016
Kompetensi/ Com­pe­ten­ci­es Mema­ha­mi, meren­ca­nak­an dan melak­sa­nak­an stra­te­gi bela­jar meng­a­jar yang sesu­ai dengan mate­ri kimia di seko­lah menengah/Unders­tan­ding, plan­ning, and imple­men­ting the che­mis­try instru­ctio­nal star­te­gi­es in the secon­dary scho­ols (juni­or and seni­or high scho­ols, voca­tio­nal scho­ol). Bah­an Kajian/ Sub­je­ct Mat­ters Penger­ti­an dan per­be­da­an pen­de­kat­an pem­be­la­jar­an, stra­te­gi, meto­de, tek­nik, model pem­be­la­jar­an, instru­ctio­nal […]
Gedung Kimia

Kabar Lain

EnglishIndonesian