PengembanganVi-Lab sebagai Media Pembelajaran pada Sub Materi Kimia Unsur Oksigen

Pengem­ba­ngan­Vi-Lab seba­gai Media Pem­be­la­jar­an pada Sub Mate­ri Kimia Unsur Oksi­gen

Sora­ya, Kusu­ma­wa­ti Dwi­ning­sih*, dan Sukar­min

Jurus­an Kimia FMIPA Uni­ver­si­tas Nege­ri Sura­ba­ya

Jl. Ketin­tang Sura­ba­ya (60231), Telp. 031–8298761

E‑mail: kusumawatidwiningsih@unesa.ac.id

 

Abs­trak: Pene­li­ti­an ini ber­tu­ju­an untuk meng­e­ta­hui vali­di­tas dari vir­tu­al labo­ra­to­ri­um (vi-lab) yang dikem­bangk­an. Vi-lab memu­at mate­ri meng­e­nai kimia unsur oksi­gen dan ilus­tra­si pem­bu­at­an oksi­gen seca­ra kimi­a­wi. Kela­yak­an vi-lab dini­lai dari vali­di­tas isi dan vali­di­tas kon­struk. Vali­di­tas isi dari vi-lab dini­lai pada aspek kon­sep kimia ser­ta kea­ku­rat­an data, fak­ta, gam­bar, dia­gram, dan ilus­tra­si yang digu­nak­an, sedangk­an vali­di­tas kon­struk dari vi-lab dini­lai pada aspek kerun­tut­an kon­sep, kee­fek­tif­an baha­sa, dan kon­sis­ten­si peng­gu­na­an istilah.Jenis pene­li­ti­an yang digu­nak­an ada­lah pene­li­ti­an dan pengem­bang­an model 4‑D oleh Thi­a­ga­raj­an, namun hanya dila­kuk­an sam­pai tahap ke- 3. Hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an bah­wa vi-lab seca­ra kese­lu­ruh­an dinya­tak­an valid seba­gai media pem­be­la­jar­an dengan per­o­leh­an nilai pada kri­te­ria sangat valid.

 

Kata kun­ci:vir­tu­al labo­ra­to­ri­um, media pem­be­la­jar­an, vali­di­tas.

 

Abs­tra­ct: This stu­dy aimed to deter­mi­ne the vali­di­ty on the deve­lo­pment of vir­tu­al labo­ra­tory (vi-lab). Vi-lab con­ta­i­ned mate­ri­al abo­ut che­mi­cal ele­ment of oxyge­nand illus­tra­tion of making oxygen chemically.Vi-lab asses­sed by con­tent vali­di­ty and con­stru­ct vali­di­ty. The vali­di­ty of the con­ten­ts of the vir­tu­al labo­ra­tory is asses­sed on aspe­cts of the che­mi­cal con­cept as well as the accu­ra­cy of the data, facts, ima­ges, dia­grams and illus­tra­tions. Whi­le the con­stru­ct vali­di­ty of the vir­tu­al labo­ra­tory is asses­sed on aspe­cts of con­cept com­pli­an­ce, langu­a­ge effe­cti­ve­ness, and con­sis­ten­cy in the use of ter­ms. The type of rese­ar­ch was the rese­ar­ch and deve­lo­pment of the 4‑P model by Ibra­him, but it was only car­ri­ed out until sta­ge 3. The resul­ts sho­wed that the vir­tu­al labo­ra­tory as a who­le is decla­red valid as a lear­ning media with the acqu­i­si­tion of valu­es ​​in very valid cri­te­ria.

 

Key words:vir­tu­al labo­ra­tory, lear­ning media, vali­di­ty.

 

Downlo­ad Arti­kel

EnglishIndonesian