Saturday , 25 May 2019
Home » Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Pemisahan Kimia melalui Strategi Think Pair Share (TPS) dengan Pemberian Advance Organizer (AO)
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Pemisahan Kimia melalui Strategi Think Pair Share (TPS) dengan Pemberian Advance Organizer (AO)
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Pemisahan Kimia melalui Strategi Think Pair Share (TPS) dengan Pemberian Advance Organizer (AO)

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Pemisahan Kimia melalui Strategi Think Pair Share (TPS) dengan Pemberian Advance Organizer (AO)

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Pemisahan Kimia melalui Strategi Think Pair Share (TPS) dengan Pemberian Advance Organizer (AO)

Endang Budiasih1, Dedek Sukarianingsih2, M. Su’aidy2, dan Ida Bagus Suryadarma2

Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5, Malang, Jawa Timur

Email: endang.budiasih.fmipa@um.ac.id

 

ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian terkait Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Pemisahan Kimia. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas proses belajar mengajar ditinjau dari aspek kualitatif maupun kuantitatif. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian tindakan kelas tiga siklus, dengan mengambil pokok bahasan Aspek Termodinamika Pemisahan, Distilasi, dan Ekstraksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa S1 Pendidikan Kimia yang sedang mengambil perkuliahan Pemisahan Kimia pada semester genap 2017 – 2018, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 32 orang. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen pembelajaran, yaitu bahan ajar yang diwajibkan dan suplemen bahan ajar (hand out). Instrumen pengukuran dibedakan menjadi dua macam, yaitu instrumen pengukuran kualitatif (lembar observasi), serta instrumen pengukuran kuantitatif (Lembar Kerja Mahasiswa dan tes tertulis). Data kuantitatif dikelompokkan berdasarkan rentangan skor tertentu, dan hasilnya disimpulkan berdasarkan patokan kemampuan yang berlaku di Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi TPS dengan pemberian Advance Organizer pada matakuliah Pemisahan Kimia dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar ditinjau dari aspek kualitatif maupun kuantitatif.  Secara kualitatif peningkatan itu dapat diketahui dari kemampuan kooperatif mahasiswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Indikator peningkatan tersebut dapat dilihat dari aspek-aspek saling ketergantungan yang positif, interaksi langsung antar mahasiswa, pertanggungjawaban individu, dan keterampilan berinteraksi antar individu dan kelompok. Secara kuantitatif dapat diketahui dari penilaian aspek kognitif, yaitu hasil LKM dan hasil ujian pada pokok bahasan  Aspek Termodinamika Pemisahan, Distilasi, dan Ekstraksi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan telah terjadi peningkatan kemampuan mahasiswa siklus demi siklus.

 

Kata kunci: Think, Pair, Share (TPS), Advanced Organizer

 

Download Artikel