PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATERI LARUTAN ELEKTROLIT-NON ELEKTROLIT ANTARA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN LEARNING CYCLE 5E-THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BATU

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATERI LARUTAN ELEKTROLIT-NON ELEKTROLIT ANTARA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN  LEARNING CYCLE 5E  DAN LEARNING CYCLE 5E-THINK TALK WRITE (TTW)  PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BATU

Neni Triwidayanti*, Endang Budiasih dan Dedek Sukarianingsih

Pro­di Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang
Jl. Sema­rang No.5 Malang 65145

* Cor­res­pon­ding author’s ema­il: neni.triwidayanti@yahoo.com

ABSTRAK

Pene­li­ti­an ini ber­tu­ju­an untuk meng­e­ta­hui keter­lak­sa­na­an pem­be­la­jar­an, hasil bela­jar, dan moti­va­si bela­jar pada sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E, dan sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E-Think Talk Wri­te (TTW) pada mate­ri larut­an elek­tro­lit dan non elek­tro­lit. Pene­li­ti­an ini meng­gu­nak­an ran­cang­an eks­pe­ri­men semu. Kelas eks­pe­ri­men dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E-Think Talk Wri­te (TTW), dan kelas kon­trol dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E. Instru­men pene­li­ti­an diva­li­da­si dengan ting­kat vali­da­si 74% dengan kri­te­ria baik. Hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an bah­wa keter­lak­sa­na­an model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E-Think Talk Wri­te memi­li­ki rata-rata sebe­sar 89,53% dan hasil keter­lak­sa­na­an model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E memi­li­ki rata-rata sebe­sar 89,06%. (2) Ada per­be­da­an hasil bela­jar kog­ni­tif mate­ri larut­an elek­tro­lit dan non elek­tro­lit anta­ra sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E-Think Talk Wri­te (TTW), dan sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E. Rata-rata nilai hasil bela­jar sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan meng­gu­nak­an model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E-Think Talk Wri­te (=73,06) lebih ting­gi dari­pa­da sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E (=65,41). Hasil bela­jar afek­tif sis­wa yang dibe­la­jark­an meng­gu­nak­an model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E-Think Talk Wri­te (=86,76) lebih ting­gi dari­pa­da sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E (=85,00), dan (3) Moti­va­si bela­jar pada sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E-Think Talk Wri­te (=82,70) lebih ting­gi dari­pa­da moti­va­si bela­jar sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E (=80,47).

Kata kun­ci: Model Pem­be­la­jar­an Lear­ning Cycle 5E, Think Talk Wri­te, Hasil Bela­jar, moti­va­si bela­jar.

Next Post

PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM SOLVING SERTA KEMAMPUAN BERFIKIR ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Tue Jun 7 , 2016
PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING DAN PROBLEM SOLVING SERTA KEMAMPUAN BERFIKIR ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN Ren­dy Pri­yas­mi­kaa, Suban­di, Aman San­to­so Pro­gam Stu­di S2 Pen­di­dik­an Kimia, Pasca­sar­ja­na, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang Jl. Sema­rang No.5, Malang, Jawa Timur * Cor­res­pon­ding author’s ema­il: rendypriyasmika@gmail.com ABSTRAK Mate­ri kela­rut­an […]
Logo SNKP

Kabar Lain

EnglishIndonesian