Prof. Dra. Sri Rahayu, M.Ed., Ph.D: Literasi Sains Anak Indonesia Tertinggal

18 Mei 2016

rice and beans

Malang-Lite­ra­si sains pen­ting bagi semua sis­wa,  kare­na seba­gi­an besar sis­wa tidak akan men­ja­di ilmu­w­an yang pro­fe­sio­nal. Namun, mere­ka per­lu dibe­ka­li kemam­pu­an meng­gu­nak­an pro­ses ilmi­ah dan kebi­a­sa­an ber­fi­kir untuk meme­cahk­an masa­lah kehi­dup­an seha­ri-hari yang meli­batk­an sains dalam pem­bu­at­an kepu­tus­an.

Demi­ki­a­nlah ulas­an yang dike­mu­kak­an oleh Prof. Dra. Sri Raha­yu, M.Ed., Ph.D., ter­ka­it kemam­pu­an lite­ra­si sains anak Indo­ne­sia diban­dingk­an dengan nege­ra-nega­ra lain.

Dalam hitung­an per-kuwar­tal Pro­gram­me For Inter­na­tio­nal Stu­dent Assess­ment  (PISA), ran­king yang ditem­pa­ti sis­wa Indo­ne­sia sela­lu ber­a­da di urut­an ter­ba­wah.  Pada tahun 2000 posi­si Indo­ne­sia ber­a­da di per­ing­kat 39 dari 41 nega­ra yang ikut ber­par­ti­si­pa­si. Bahk­an pada tahun 2012 , posi­si­nya menem­pa­ti 64 dari 65 nega­ra yang ber­pa­ti­si­pa­si dalam peni­la­i­an PISA,” ter­ang­nya.

Menu­rut Prof. Raha­yu, Indo­ne­sia harus meng­em­bangk­an lite­ra­si sains untuk meng­e­jar keter­ting­gal­an itu. Lite­ra­si sains yang dikem­bangk­an hen­dak­nya sejal­an dengan pengem­bang­an keca­kap­an hidup (life ski­lls), dima­na kom­po­nen lite­ra­si sains men­ca­kup inter­sek­si dan kese­im­bang­an dari tiga kom­po­nen (what do peo­ple value).

Kom­po­nen yang dimak­sud ada­lah kemam­pu­an bela­jar, kemam­pu­an ber­so­si­a­li­sa­si, kemam­pu­an mela­kuk­an pro­se­dur, kemam­pu­an ber­ko­mu­ni­ka­si, dan kete­ram­pil­an dalam pengam­bil­an kepu­tus­an ten­tang isu-isu kon­tem­po­rer

Guru besar kela­hir­an Jem­bra­na, 14 Mei 1966 mene­gask­an bah­wa salah satu kon­se­ku­en­si­nya kuri­ku­lum yang dia­jark­an di seko­lah senan­ti­a­sa bisa meng­i­ku­ti per­kem­bang­an jam­an . Prof. Raha­yu meng­i­ngink­an ada­nya Natu­re of Sci­en­ce (NOS) dalam pem­be­la­jar­an Sains anak Indo­ne­sia.

Pen­de­kat­an ini meng­in­tre­ga­sik­an Natu­re of Sci­en­ce (NOS) dalam ran­cang­an pem­be­la­jar­an. Pen­de­kat­an yang ada sela­ma ini masih belum mak­si­mal hasil­nya.

NOS harus dia­jark­an seca­ra eks­pli­sit ke dalam pem­be­la­jar­an Sains. Jika hal ini tidak dila­kuk­an, maka ada kemung­kin­an hasil PISA 2015 tidak ada kema­ju­an bagi Indo­ne­sia dan kon­di­si sama pada saat ini,” pung­kas­nya.

Sum­ber : https://www.um.ac.id/

 

Next Post

Teaching density of particles using an analogy of rice and beans

Wed May 18 , 2016
18 Mei 2016 Tea­ching den­si­ty of par­ti­cles for Super Sci­en­ce JHS Stu­den­ts Jap­an Teo­ri bela­jar kon­struk­ti­vis­tik menya­rank­an bah­wa bela­jar meru­pak­an sebu­ah pro­ses yang ber­ke­lan­jut­an. Sis­wa mene­ri­ma infor­ma­si dan mem­ba­ngun interp­re­ta­si­nya sen­di­ri ser­ta pemak­na­an ter­ha­dap infor­ma­si itu dida­sark­an atas penge­ta­hu­an awal dan penga­la­man­nya sen­di­ri. Menu­rut teo­ri ini, bela­jar men­ja­di efek­tif apa­bi­la […]

Kabar Lain

EnglishIndonesian