Social Presence dalam Pembelajaran Kooperatif STAD Dipadu dengan Blended Learning Mata Kuliah Analisis Instrumen Materi Spektroskopi Massa
Donna Novita Sari1a, Surjani Wonorahardjo2a, Sri Rahayu3a
a Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No. 5 Malang
*Corresponding author’s email:
donnaNS.28@gmail.com1, s_wonorahardjo@yahoo.com2, yayuk_okayama@yahoo.com3
ABSTRAK
Perkembangan ilmu kimia termasuk spektroskopi massa memaksa mahasiswa menghadapi bahan belajar yang semakin banyak dengan waktu belajar yang terbatas. Hal tersebut dapat disiasati dengan pembentukkan lingkungan belajar bersama melalui pembelajaran kooperatif. Salah satu pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan mudah dipelajari adalah pembelajaran kooperatif STAD. Pembelajaran kooperatif STAD dapat dilaksanakan dengan memadukan pembelajaran secara online dan tatap muka yang disebut blended learning. Blended learning dibangun berdasarkan kerangka Community of Inquiry (CoI) yang terdiri dari social, cognitive, dan teaching presence. Unsur dalam Comunityof Inquiry yang berkaitan erat dengan pembelajaran kooperatif adalah social presence yang akan dibahas secara mendetail dalam artikel ini.
Kata kunci: Social presence, blended learning, pembelajaran kooperatif STAD, spektroskopi massa