Social Presence dalam Pembelajaran Kooperatif STAD Dipadu dengan Blended Learning Mata Kuliah Analisis Instrumen Materi Spektroskopi Massa

Soci­al Pre­sen­ce dalam Pem­be­la­jar­an Koo­pe­ra­tif STAD Dipa­du dengan Blen­ded Lear­ning Mata Kuli­ah Ana­li­sis Instru­men Mate­ri Spek­tros­ko­pi Mas­sa 

Donna Novita Sari1a, Surjani Wonorahardjo2a, Sri Rahayu3a

a Pro­gram Stu­di Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang
Jl. Sema­rang No. 5 Malang

*Cor­res­pon­ding author’s ema­il:
donnaNS.28@gmail.com1, s_wonorahardjo@yahoo.com2, yayuk_okayama@yahoo.com3

ABSTRAK

Per­kem­bang­an ilmu kimia ter­ma­suk spek­tros­ko­pi mas­sa memak­sa maha­sis­wa meng­ha­da­pi bah­an bela­jar yang sema­kin banyak dengan wak­tu bela­jar yang ter­ba­tas. Hal ter­se­but dapat disi­a­sa­ti dengan pem­ben­tukk­an ling­kung­an bela­jar ber­sa­ma mela­lui pem­be­la­jar­an koo­pe­ra­tif. Salah satu pem­be­la­jar­an koo­pe­ra­tif yang paling seder­ha­na dan mudah dipe­la­ja­ri ada­lah pem­be­la­jar­an koo­pe­ra­tif STAD. Pem­be­la­jar­an koo­pe­ra­tif STAD dapat dilak­sa­nak­an dengan mema­duk­an pem­be­la­jar­an seca­ra onli­ne dan tatap muka yang dise­but blen­ded lear­ning. Blen­ded lear­ning diba­ngun ber­da­sark­an kerang­ka Com­mu­ni­ty of Inqu­iry (CoI) yang ter­di­ri dari soci­al, cog­ni­ti­ve, dan tea­ching pre­sen­ce. Unsur dalam Comu­ni­tyof Inqu­iry yang ber­ka­it­an erat dengan pem­be­la­jar­an koo­pe­ra­tif ada­lah  soci­al pre­sen­ce yang akan diba­has seca­ra men­de­ta­il dalam arti­kel ini.

Kata kun­ci: Soci­al pre­sen­ce, blen­ded lear­ning, pem­be­la­jar­an koo­pe­ra­tif STAD, spek­tros­ko­pi mas­sa

Next Post

Jadwal Perkuliahan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang Selama Bulan Ramadhan 1437 H

Tue Jun 7 , 2016
Pengu­mum­an Nomor : 6.6.7/UN32.13.1/DT/2016 ten­tang Jadwal Per­ku­li­ah­an Maha­sis­wa Pasca­sar­ja­na Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang di Bul­an Rama­dh­an 1437 H, seba­gai ber­i­kut klik. Sum­ber: http://pasca.um.ac.id/
Gedung Kimia

Kabar Lain

EnglishIndonesian