STUDI MOTIVASI BELAJAR BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL

STUDI MOTIVASI BELAJAR BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL

Her­li­na Apri­a­ni*, Sri­ni Mur­ti­nah Iskan­dar, Yah­min

Pasca­sar­ja­na Pen­di­dik­an Kimia Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang
Jl. Sema­rang 5, Malang, Jawa Timur

*Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: Herlina_Apriani@yahoo.com

ABSTRAK 

Kimia ada­lah salah satu bagi­an dari sains yang dalam pem­be­la­ja­ran­nya masih sering diang­gap sulit oleh sis­wa. Salah satu topik dalam kimia yang masih diang­gap sulit ada­lah sifat koli­ga­tif larut­an. Kesu­lit­an ter­se­but bisa dise­babk­an kare­na penga­jar kurang menye­su­a­ik­an per­be­da­an kemam­pu­an awal sis­wa dengan stra­te­gi bela­jar yang digu­nak­an. Sela­in itu moti­va­si bela­jar sis­wa juga meru­pak­an fak­tor yang mem­pe­nga­ru­hi bela­jar. Pene­li­ti­an ini ber­tu­ju­an untuk meng­e­ta­hui bagai­ma­na moti­va­si bela­jar sis­wa pada kemam­pu­an awal yang ber­be­da jika dibe­ri per­la­ku­an stra­te­gi bela­jar yang ber­be­da. Sam­pel pene­li­ti­an meng­gu­nak­an dua kelas yai­tu satu kelas eks­pe­ri­men dan satu kelas kon­trol dengan masing-masing sis­wa 38 orang. Sis­wa dise­ti­ap kelas diba­gi men­ja­di kelom­pok awal ting­gi, sedang dan ren­dah. Seti­ap kelas dia­jark­an dengan meng­gu­nak­an model pem­be­la­jar­an Pro­blem Posing. Kelas eks­pe­ri­men dan kelas kon­trol dibe­dak­an dari stra­te­gi pem­be­ri­an tugas kepa­da sis­wa ber­da­sark­an kemam­pu­an awal. Data pene­li­ti­an dida­patk­an dari ang­ket moti­va­si bela­jar sis­wa dan catat­an obse­rver sela­ma pene­li­ti­an. Data pene­li­ti­an dia­na­li­sis meng­gu­nak­an SPSS 16 for Win­do­ws. Hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an bah­wa moti­va­si bela­jar sis­wa kelom­pok awal ren­dah kelas eks­pe­ri­men lebih besar dari moti­va­si bela­jar kelom­pok ting­gi kelas kon­trol. Hasil ter­se­but menun­jukk­an bah­wa ting­gi ren­dah­nya kemam­pu­an awal tidak ber­pe­nga­ruh pada moti­va­si bela­jar jika dibe­rik­an per­la­ku­an yang ber­be­da.

Kata Kun­ci : moti­va­si bela­jar, kemam­pu­an awal, sifat koli­ga­tif larut­an, pro­blem posing

Next Post

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 10 MALANG PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Tue Jun 7 , 2016
IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 10 MALANG PADA MATERI HIDROLISIS GARAM  Ikh­wan­to a*, Dedek Suka­ri­a­ning­sih a, Siti Marfu’ah a a Pro­di Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang Jl. Sema­rang No 5 Malang Kode pos 65145 *Cor­res­pon­ding author’s ema­il: ikhwanto109@gmail.com ABSTRAK […]
Logo SNKP

Kabar Lain

EnglishIndonesian