• Home
  • Profil
    • Visi Misi
    • Organisasi
    • Pimpinan
    • Dosen
    • Tenaga Kependidikan
    • Program Studi
      • Prodi S1 Pendidikan Kimia
      • Prodi S1 Kimia
        • Visi Misi S1 Kimia
      • Prodi S2 Pendidikan Kimia
        • Visi Misi S2 Pend Kimia
        • Profil S2 Pend Kimia
        • Kurikulum S2 Pend Kimia
        • Brosur S2 Pend Kimia
      • Prodi S2 Kimia
      • Prodi S3 Pendidikan Kimia
      • Pendidikan Profesi Guru (PPG) Kimia
    • Panduan Cek Plagiasi
    • Seleksi Mahasiswa
  • Tri Darma
    • KBK
      • KBK Biokimia
      • KBK Kimia Analitik
      • KBK Kimia Anorganik
      • KBK Kimia Fisika
      • KBK Kimia Organik
      • KBK Model-model Pembelajaran Kimia
      • KBK Assesmen Pendidikan Kimia
      • KBK Pengembangan Media & ICT Pembelajaran Kimia
    • Pengabdian Masyarakat
      • Berita Pengabdian Masyarakat
      • Materi PkM
      • Kuisioner PkM
    • Penelitian Dosen
  • Fasilitas
    • Laboratorium
    • Perpustakaan
    • Lab Sentral FMIPA
  • Kemahasiswaan
    • Organisasi
    • Aktivitas
    • Kuisioner
    • Tracer Alumni
    • Wali Mahasiswa
    • Kontribusi
  • Jurnal
    • Jurnal Pembelajaran kimia
    • Jurnal Cis-Trans
    • Seminar
      • SNKP
        • Prosiding SNKP
          • Prosiding SNKP 2014
          • Prosiding SNKP 2015
          • Prosiding SNKP 2016
          • Prosiding SNKP 2017
          • Prosiding SNKP 2018
          • Prosiding SNKP 2019
        • Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya (SNKP) 2016
        • Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya (SNKP) 2017
        • Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya (SNKP) 2018
        • Seminar Nasional Kimia dan Pembelajaran (SNKP) 2019
          • Materi Penyaji
          • Foto Keg
          • Prosiding SNKP 2019
      • Webinar
        • Workshop Nasional Pengembangan Instrumen Berkualifikasi HOTs berbasis Multi-tier
        • Webinar Jurusan Kimia series 4
  • Download
    • Akreditasi UM
    • Akreditasi S3 Pendidikan Kimia
    • S2 Pend Kimia 2020-2025
    • S2 Pend Kimia 2015-2020
    • S1 Pend Kimia 2017 – 2022
    • S1 Pend Kimia 2011 – 2016
    • S1 Pend Kimia 2006 – 2011
    • S1 Pend kimia 1998 – 2003
    • S1 Kimia 2016 – 2021
    • S1 Kimia 2010 – 2015
    • S1 Kimia 2004 – 2009
    • Akreditasi PPG Kimia
    • Buku Branding Kimia FMIPA UM
    • Home
    • Profil
      • Visi Misi
      • Organisasi
      • Pimpinan
      • Dosen
      • Tenaga Kependidikan
      • Program Studi
        • Prodi S1 Pendidikan Kimia
        • Prodi S1 Kimia
          • Visi Misi S1 Kimia
        • Prodi S2 Pendidikan Kimia
          • Visi Misi S2 Pend Kimia
          • Profil S2 Pend Kimia
          • Kurikulum S2 Pend Kimia
          • Brosur S2 Pend Kimia
        • Prodi S2 Kimia
        • Prodi S3 Pendidikan Kimia
        • Pendidikan Profesi Guru (PPG) Kimia
      • Panduan Cek Plagiasi
      • Seleksi Mahasiswa
    • Tri Darma
      • KBK
        • KBK Biokimia
        • KBK Kimia Analitik
        • KBK Kimia Anorganik
        • KBK Kimia Fisika
        • KBK Kimia Organik
        • KBK Model-model Pembelajaran Kimia
        • KBK Assesmen Pendidikan Kimia
        • KBK Pengembangan Media & ICT Pembelajaran Kimia
      • Pengabdian Masyarakat
        • Berita Pengabdian Masyarakat
        • Materi PkM
        • Kuisioner PkM
      • Penelitian Dosen
    • Fasilitas
      • Laboratorium
      • Perpustakaan
      • Lab Sentral FMIPA
    • Kemahasiswaan
      • Organisasi
      • Aktivitas
      • Kuisioner
      • Tracer Alumni
      • Wali Mahasiswa
      • Kontribusi
    • Jurnal
      • Jurnal Pembelajaran kimia
      • Jurnal Cis-Trans
      • Seminar
        • SNKP
          • Prosiding SNKP
            • Prosiding SNKP 2014
            • Prosiding SNKP 2015
            • Prosiding SNKP 2016
            • Prosiding SNKP 2017
            • Prosiding SNKP 2018
            • Prosiding SNKP 2019
          • Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya (SNKP) 2016
          • Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya (SNKP) 2017
          • Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya (SNKP) 2018
          • Seminar Nasional Kimia dan Pembelajaran (SNKP) 2019
            • Materi Penyaji
            • Foto Keg
            • Prosiding SNKP 2019
        • Webinar
          • Workshop Nasional Pengembangan Instrumen Berkualifikasi HOTs berbasis Multi-tier
          • Webinar Jurusan Kimia series 4
    • Download
      • Akreditasi UM
      • Akreditasi S3 Pendidikan Kimia
      • S2 Pend Kimia 2020-2025
      • S2 Pend Kimia 2015-2020
      • S1 Pend Kimia 2017 – 2022
      • S1 Pend Kimia 2011 – 2016
      • S1 Pend Kimia 2006 – 2011
      • S1 Pend kimia 1998 – 2003
      • S1 Kimia 2016 – 2021
      • S1 Kimia 2010 – 2015
      • S1 Kimia 2004 – 2009
      • Akreditasi PPG Kimia
      • Buku Branding Kimia FMIPA UM

      Abstrak

      • Home
      • Blog
      • Abstrak
      • STUDI MOTIVASI BELAJAR BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL

      STUDI MOTIVASI BELAJAR BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL

      • Posted by Kimia_UM
      • Categories Abstrak
      • Date June 7, 2016
      Logo SNKP

      STUDI MOTIVASI BELAJAR BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL

      Herlina Apriani*, Srini Murtinah Iskandar, Yahmin

      Pascasarjana Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang
      Jl. Semarang 5, Malang, Jawa Timur

      *Corresponding author’s Email: Herlina_Apriani@yahoo.com

      ABSTRAK 

      Kimia adalah salah satu bagian dari sains yang dalam pembelajarannya masih sering dianggap sulit oleh siswa. Salah satu topik dalam kimia yang masih dianggap sulit adalah sifat koligatif larutan. Kesulitan tersebut bisa disebabkan karena pengajar kurang menyesuaikan perbedaan kemampuan awal siswa dengan strategi belajar yang digunakan. Selain itu motivasi belajar siswa juga merupakan faktor yang mempengaruhi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa pada kemampuan awal yang berbeda jika diberi perlakuan strategi belajar yang berbeda. Sampel penelitian menggunakan dua kelas yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol dengan masing-masing siswa 38 orang. Siswa disetiap kelas dibagi menjadi kelompok awal tinggi, sedang dan rendah. Setiap kelas diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing. Kelas eksperimen dan kelas kontrol dibedakan dari strategi pemberian tugas kepada siswa berdasarkan kemampuan awal. Data penelitian didapatkan dari angket motivasi belajar siswa dan catatan observer selama penelitian. Data penelitian dianalisis menggunakan SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelompok awal rendah kelas eksperimen lebih besar dari motivasi belajar kelompok tinggi kelas kontrol. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tinggi rendahnya kemampuan awal tidak berpengaruh pada motivasi belajar jika diberikan perlakuan yang berbeda.

      Kata Kunci : motivasi belajar, kemampuan awal, sifat koligatif larutan, problem posing

      • Share:
      author avatar
      Kimia_UM

      Previous post

      PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KURIKULUM 2013: SUATU ALTERNATIF DISAIN MEMBELAJARKAN KOMPETENSI DASAR 3.2 DAN 4.2
      June 7, 2016

      Next post

      IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 10 MALANG PADA MATERI HIDROLISIS GARAM
      June 7, 2016

      You may also like

      Logo SNKP
      IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 10 MALANG PADA MATERI HIDROLISIS GARAM
      7 June, 2016
      Logo SNKP
      PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KURIKULUM 2013: SUATU ALTERNATIF DISAIN MEMBELAJARKAN KOMPETENSI DASAR 3.2 DAN 4.2
      7 June, 2016
      Logo SNKP
      IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL STOIKIOMETRI MENGGUNAKAN ANALISIS LANGKAH PENYELESAIAN SOAL
      7 June, 2016

      Search

      Categories

      • Abstrak
      • Akademik
      • Aktivitas
      • Artikel Umum
      • Beasiswa
      • Berita Kimia
      • Blog
      • Business
      • Design / Branding
      • Deskripsi Matakuliah
      • Lowongan Kerja
      • Penelitian
      • Penerimaan Mahasiswa
      • Pengabdian Kepada Masyarakat
      • Pengabdian Masyarakat
      • Pengumuman
      • Perkuliahan
      • Prodi Murni
      • Prodi Pendidikan
      • Uncategorized

      Latest Courses

      Juara I

      Juara I

      Free
      From Zero to Hero with Nodejs

      From Zero to Hero with Nodejs

      Free
      Learn Python – Interactive Python

      Learn Python – Interactive Python

      $69.00
      S1 Kimia 2004 – 2009

      Kimia UM

      (0341) 551312

      kimia.fmipa@um.ac.id

      FAKULTAS

      • FMIPA UM
      • FS UM
      • FT UM
      • FIP UM
      • FE UM
      • FIK UM
      • FPPsi UM
      • FIS UM

      JURUSAN

      • Biologi
      • Fisika
      • Matematika
      • IPA
      • Bioteknologi

      Peta Lokasi

      • Privacy
      • Terms
      • Sitemap
      • Purchase