Upaya Peningkatan Kualitas Pengajaran Kimia: Tim PPG Universitas Negeri Malang Perkenalkan Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Game pada Guru Kimia Wilayah Sidoarjo

SDG 4, SDG 8, SDG 17

Sido­ar­jo, 21 Agus­tus 2024 — Dalam upa­ya mening­katk­an kua­li­tas penga­jar­an kimia di Kabu­pa­ten Sido­ar­jo, Tim Pen­di­dik­an Pro­fe­si Guru (PPG) Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang (UM) baru-baru ini meng­a­dak­an pela­tih­an ino­va­tif yang menyo­ro­ti pene­rap­an model pem­be­la­jar­an ber­ba­sis pro­yek dan game dalam ske­ma Pengab­di­an kepa­da Masya­ra­kat dengan judul “Dis­rup­ti­ve Stra­te­gy and Inno­va­tion: Pening­kat­an Kua­li­tas Pem­be­la­jar­an Mela­lui Pela­tih­an Pene­rap­an Model Pem­be­la­jar­an Ber­ba­sis Pro­yek dan Game untuk MGMP Kimia Kabu­pa­ten Sido­ar­jo”. Kegi­at­an ini ber­tu­ju­an untuk mem­per­ke­nalk­an meto­de penga­jar­an yang lebih inte­rak­tif dan efek­tif kepa­da para guru kimia yang ter­ga­bung dalam Musya­wa­rah Guru Mata Pela­jar­an (MGMP) Kimia Kabu­pa­ten Sido­ar­jo.

Gam­bar 1. Kegi­at­an Pengab­di­an kepa­da Masya­ra­kat

Kegi­at­an Pengab­di­an kepa­da Masya­ra­kat ini diha­di­ri oleh puluh­an guru kimia dari ber­ba­gai Seko­lah Mene­ngah Atas/Sederajat di Kabu­pa­ten Sido­ar­jo. Aca­ra dibu­ka dengan sam­but­an dari Ketua Tim Pengab­di­an PPG UM, Prof. Dr. Hayu­ni Ret­no Widar­ti, M.Si., yang men­je­lask­an pen­ting­nya pem­ba­ha­ru­an meto­de penga­jar­an dalam mening­katk­an keter­li­bat­an sis­wa dan efek­ti­vi­tas bela­jar. “Kami per­ca­ya bah­wa pen­de­kat­an ber­ba­sis pro­yek dan game tidak hanya mem­bu­at pro­ses bela­jar lebih menye­nangk­an, teta­pi juga mem­ban­tu sis­wa untuk lebih mema­ha­mi kon­sep-kon­sep kimia seca­ra men­da­lam,” ujar Prof. Dr. Hayu­ni.

Agen­da selan­jut­nya ada­lah penyam­pa­i­an mate­ri ter­ka­it model pem­be­la­jar­an ber­ba­sis pro­yek (PjBL) yang disam­pa­ik­an oleh Dr. Dwi Sulis­tyo­ri­ni, S.S., M.Hum, kemu­di­an dilan­jutk­an dengan penyam­pa­i­an mate­ri ter­ka­it pem­be­la­jar­an ber­ba­sis game disam­pa­ik­an oleh Dr. Raden Bam­bang Sumar­so­no, S.Pd., M.Pd. Mate­ri ter­a­khir yang disam­pa­ik­an ada­lah ter­ka­it inte­gra­si pem­be­la­jar­an ber­ba­sis pro­yek dan game pada pem­be­la­jar­an kimia yang disam­pa­ik­an oleh  Prof. Dr. Hayu­ni Ret­no Widar­ti, M.Si. Di seti­ap sesi penyam­pa­i­an mate­ri dibe­rik­an penu­gas­an bagi peser­ta pela­tih­an ber­u­pa best-pra­cti­ce penga­lam­an pem­be­la­jar­an ber­ba­sis pro­yek mau­pun game.

Model pem­be­la­jar­an ber­ba­sis pro­yek yang diper­ke­nalk­an sela­ma pela­tih­an ber­tu­ju­an untuk meli­batk­an sis­wa dalam kegi­at­an yang memer­luk­an per­en­ca­na­an, pelak­sa­na­an, dan eva­lu­a­si hasil ker­ja. Dengan cara ini, sis­wa tidak hanya bela­jar teo­ri, teta­pi juga meng­a­pli­ka­si­kan­nya dalam pro­yek nya­ta yang relev­an dengan kehi­dup­an seha­ri-hari. Semen­ta­ra itu, peng­gu­na­an game seba­gai salah satu per­ang­kat pem­be­la­jar­an ber­tu­ju­an untuk mem­bu­at mate­ri pela­jar­an lebih mena­rik dan memo­ti­va­si sis­wa untuk ber­par­ti­si­pa­si aktif sela­ma pro­ses pem­be­la­jar­an.

Sela­ma sesi kegi­at­an, peser­ta men­da­patk­an kesem­pat­an untuk ter­li­bat lang­sung dalam simu­la­si pem­bu­at­an pro­yek dan game dalam pem­be­la­jar­an kimia. Tim PPG UM mem­per­ke­nalk­an ber­ba­gai jenis game edu­ka­tif yang dapat dite­rapk­an dalam pem­be­la­jar­an kimia, seper­ti Qui­zi­zz, Kaho­ot!, kimia mono­po­li dan kimia uno. Sela­in itu, peser­ta juga dibe­rik­an pan­du­an dan mate­ri yang dapat dite­rapk­an di kelas mere­ka sen­di­ri.

Menu­rut salah satu peser­ta pela­tih­an, Ibu Mai­sa­roh, S.Pd, M.Pd., seo­rang guru kimia dari SMAN 1 Tam­an meng­ung­kapk­an bah­wa pela­tih­an ini sangat ber­man­fa­at. “Meto­de pem­be­la­jar­an ber­ba­sis pro­yek dan game yang kami pela­ja­ri mem­bu­ka pan­dang­an baru ten­tang bagai­ma­na cara mem­bu­at pela­jar­an kimia lebih mena­rik dan efek­tif. Saya yakin ini akan sangat mem­ban­tu dalam mening­katk­an moti­va­si dan hasil bela­jar sis­wa di kelas,” ung­kap­nya.

Tim PPG UM juga mene­kank­an pen­ting­nya eva­lu­a­si dan reflek­si ber­ke­lan­jut­an dalam pene­rap­an meto­de baru ini. Mere­ka ber­ha­rap agar para guru dapat ber­a­dap­ta­si dan menye­su­a­ik­an tek­nik yang dipe­la­ja­ri sesu­ai dengan kebu­tuh­an dan karak­te­ris­tik sis­wa.

Pela­tih­an ini meru­pak­an bagi­an dari komi­tmen Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang untuk ber­kon­tri­bu­si pada pengem­bang­an kua­li­tas pen­di­dik­an di ber­ba­gai dae­rah. Dengan pen­de­kat­an yang ino­va­tif dan ber­fo­kus pada kebu­tuh­an prak­tis para pen­di­dik, diha­rapk­an hasil dari kegi­at­an Pengab­di­an kepa­da Masya­ra­kat ini dapat mem­be­rik­an dam­pak posi­tif yang ber­ke­lan­jut­an dalam pro­ses pem­be­la­jar­an kimia di Kabu­pa­ten Sido­ar­jo.

Aca­ra ditu­tup dengan dis­ku­si kelom­pok dan sesi tanya jawab, di mana para peser­ta dapat ber­ba­gi penga­lam­an dan meren­ca­nak­an lang­kah-lang­kah selan­jut­nya untuk mene­rapk­an ilmu yang dida­pat. Tim PPG UM ber­ha­rap agar ini­si­a­tif ini dapat men­ja­di lang­kah awal untuk lebih banyak kola­bo­ra­si dan ino­va­si dalam pen­di­dik­an di masa dep­an.

Next Post

<strong>PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT: STRATEGI MEMBANGUN JIWA WIRAUSAHA SISWA SMA NEGERI 1 TUMPANG MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN</strong>

Sat Aug 24 , 2024
SDG 8, SDG 9, SDG 12, SDG 15 Malang, 24 Agus­tus 2024 Dalam upa­ya mening­katk­an jiwa kewi­ra­u­sa­ha­an dan kon­tri­bu­si pada keber­lan­jut­an ling­kung­an, sis­wa SMA 1 Tum­pang meng­i­ku­ti pela­tih­an kewi­ra­u­sa­ha­an. Kegi­at­an ini dise­leng­ga­rak­an oleh tim Kimia Anor­ga­nik FMIPA Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang. Kegi­at­an ini mem­ban­tu sis­wa dalam mem­ba­ngun jiwa wira­u­sa­ha mela­lui pem­be­ri­an […]

Kabar Lain