Judul: Dr. Ing. Robertus Wahyu N. Nugroho Hadir dalam Sesi Co-Teaching Desain Inkuiri Laboratorium Kimia untuk Mahasiswa S2 Pendidikan Kimia

SDG 4, 8, 9, 12, 17

Tang­gal: 16 Mei 2025

Loka­si: Ruang B19.309

Wak­tu: Jam ke‑3–4 (10.00–12.00 WIB)

Pro­gram Stu­di Magis­ter Pen­di­dik­an Kimia kem­ba­li meng­ha­dirk­an pakar di bidang­nya untuk mem­per­ka­ya wawas­an dan kete­ram­pil­an maha­sis­wa mela­lui kegi­at­an kuli­ah pakar (co-tea­ching). Pada Jumat, 16 Mei 2025, Dr. Ing. Rober­tus Wahyu N. Nugro­ho, ahli dalam Sains Poli­mer, ber­ke­sem­pat­an ber­ba­gi ilmu dalam mata kuli­ah Desa­in Inku­i­ri Labo­ra­to­ri­um Kimia. Kegi­at­an ini dii­ku­ti oleh maha­sis­wa S2 Pen­di­dik­an Kimia ang­kat­an 2024 dengan antu­si­as­me ting­gi.

Dalam sesi yang ber­lang­sung sela­ma dua jam ter­se­but, Dr. Nugro­ho menyam­pa­ik­an pen­de­kat­an ino­va­tif dalam meran­cang per­co­ba­an kimia ber­ba­sis inku­i­ri, khu­sus­nya dengan meng­in­te­gra­sik­an kon­sep sains poli­mer ke dalam pem­be­la­jar­an labo­ra­to­ri­um. Beli­au mene­kank­an pen­ting­nya desa­in eks­pe­ri­men yang kon­teks­tu­al dan relev­an dengan per­kem­bang­an ilmu mate­ri­al, ser­ta bagai­ma­na mene­rap­kan­nya dalam set­ting pen­di­dik­an kimia.

Pem­be­la­jar­an inku­i­ri di labo­ra­to­ri­um tidak hanya ten­tang pro­se­dur, teta­pi juga bagai­ma­na maha­sis­wa dapat meng­em­bangk­an pola pikir ilmi­ah, kre­a­ti­vi­tas, dan kemam­pu­an pro­blem-solving,” ujar Dr. Nugro­ho. Ia juga mem­be­rik­an con­toh prak­tis dalam meran­cang modul prak­ti­kum poli­mer yang dapat dia­dap­ta­si untuk ting­kat SMA mau­pun per­gu­ru­an ting­gi.

Dosen pengam­pu mata kuli­ah desa­in inku­i­ri labo­ra­to­ri­um, Prof Suma­ri, menyam­but posi­tif kola­bo­ra­si ini. “Keha­dir­an pakar seper­ti Dr. Nugro­ho mem­bu­ka per­s­pek­tif baru bagi maha­sis­wa kami, ter­u­ta­ma dalam meng­hu­bungk­an riset muta­khir dengan peda­go­gi kimia,” jelas­nya.

Kegi­at­an dia­khi­ri dengan dis­ku­si inte­rak­tif, di mana maha­sis­wa ber­ke­sem­pat­an meng­a­juk­an per­ta­nya­an ter­ka­it tan­tang­an dalam men­de­sa­in prak­ti­kum kimia ber­ba­sis riset. Bebe­ra­pa maha­sis­wa meng­ung­kapk­an bah­wa mate­ri yang disam­pa­ik­an sangat ber­man­fa­at untuk pengem­bang­an tesis mau­pun prak­tik meng­a­jar mere­ka di masa dep­an.

Dengan ada­nya co-tea­ching seper­ti ini, Pro­gram Stu­di S2 Pen­di­dik­an Kimia terus ber­ko­mi­tmen untuk menya­jik­an pem­be­la­jar­an yang holis­tik dan ter­dep­an, mema­duk­an keah­li­an aka­de­mik, riset, dan apli­ka­si pen­di­dik­an.

Next Post

Co-Teaching BRIN dan Departemen Kimia UM: Bahas Material DSSC dalam Mata Kuliah Tren Kimia Analisis

Sun May 18 , 2025
SDG 4, 8, 9, 12, 17 Malang, 16 Mei 2025 — Depar­te­men Kimia Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang (UM) kem­ba­li men­ja­lin kola­bo­ra­si aka­de­mik dengan Bad­an Riset dan Ino­va­si Nasio­nal (BRIN) mela­lui kegi­at­an Co-Tea­ching untuk maha­sis­wa Pro­gram Magis­ter Kimia. Pada kesem­pat­an ini, hadir seba­gai nara­sum­ber tamu Dr. Ani­ta Mar­li­na dari BRIN, seo­rang pene­li­ti […]

Kabar Lain