KAJIAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM PADA MATERI KIMIA DI SMA

KAJIAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM PADA MATERI KIMIA DI SMA

Fitria Rizki­a­na*, I Way­an Das­na, Siti Mar­fu­ah

Pro­gram Stu­di Pen­di­dik­an Kimia, Pro­gram Pasca­sar­ja­na
Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang, Indo­ne­sia

*Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: Fitriarizkianaana@yahoo.co.id

ABSTRAK

Tuju­an dari pene­li­ti­an ini ada­lah men­desk­ri­psik­an pelak­sa­na­an prak­ti­kum pada mate­ri kimia di SMA. Data pene­li­ti­an dikum­pulk­an mela­lui wawan­ca­ra ter­s­truk­tur dan wawan­ca­ra tidak ter­s­truk­tur. Sum­ber data pene­li­ti­an ada­lah guru-guru Kimia dari 4 seko­lah nege­ri yang ada di Malang. Data yang dipe­ro­leh mela­lui wawan­ca­ra ter­s­truk­tur digu­nak­an untuk meng­e­ta­hui pelak­sa­na­an prak­ti­kum pada mate­ri kimia di SMA, sedangk­an data yang dipe­ro­leh dari wawan­ca­ra tidak ter­s­truk­tur digu­nak­an untuk meng­ung­kap tipe prak­ti­kum yang dite­rapk­an dalam pem­be­la­jar­an mate­ri kimia di SMA. Ber­da­sark­an sila­bus mata pela­jar­an kimia kuri­ku­lum 2013, mate­ri kimia di SMA ter­di­ri atas 23 pokok bahas­an, yai­tu 6 pokok bahas­an dipe­la­ja­ri di kelas X, 10 pokok bahas­an dipe­la­ja­ri di kelas XI, dan 7 pokok bahas­an dipe­la­ja­ri di kelas XII. Dari kese­lu­ruh­an pokok bahas­an ter­se­but seti­dak­nya ada 19 jenis prak­ti­kum yang dilak­sa­nak­an yai­tu 4 jenis prak­ti­kum dila­kuk­an di kelas X, 10 jenis prak­ti­kum dila­kuk­an di kelas XI, dan 5 jenis prak­ti­kum dila­kuk­an di kelas XII. Dari hasil wawan­ca­ra ter­s­truk­tur dike­ta­hui bah­wa pelak­sa­na­an prak­ti­kum pada mate­ri kimia di SMA sebe­sar 88,15% ter­go­long ke dalam kate­go­ri sangat baik. Hasil pene­li­ti­an ini meng­in­di­ka­sik­an bah­wa prak­ti­kum pada mate­ri kimia ham­pir selu­ruh­nya dapat dilak­sa­nak­an oleh SMA ber­sang­kut­an. Dari wawan­ca­ra tidak ter­s­truk­tur dike­ta­hui bah­wa tipe prak­ti­kum yang dite­rapk­an dalam pem­be­la­jar­an kimia di SMA ada­lah eks­po­si­to­ri.

Kata Kun­ci: Prak­ti­kum, eks­po­si­to­ri

Next Post

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PROBLEM POSING DIPADUKAN DENGAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA KELAS XI IA SMA NEGERI 8 MALANG PADA MATERI KESETIMBANGAN KELARUTAN

Tue Jun 7 , 2016
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PROBLEM POSING DIPADUKAN DENGAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA KELAS XI IA SMA NEGERI 8 MALANG PADA MATERI KESETIMBANGAN KELARUTAN Mei­li­yah Ulfa*, Sur­ja­ni Wono­ra­ha­rdjo, Sri Raha­yu Pro­gram Stu­di S2 Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang Jl. Sema­rang No.5, 65145 *Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: meiliyah28@gmail.com  ABSTRAK Pene­li­ti­an […]
Logo SNKP

Kabar Lain