KAJIAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM PADA MATERI KIMIA DI SMA
Fitria Rizkiana*, I Wayan Dasna, Siti Marfuah
Program Studi Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana
Universitas Negeri Malang, Indonesia
*Corresponding author’s Email: Fitriarizkianaana@yahoo.co.id
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan praktikum pada materi kimia di SMA. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dan wawancara tidak terstruktur. Sumber data penelitian adalah guru-guru Kimia dari 4 sekolah negeri yang ada di Malang. Data yang diperoleh melalui wawancara terstruktur digunakan untuk mengetahui pelaksanaan praktikum pada materi kimia di SMA, sedangkan data yang diperoleh dari wawancara tidak terstruktur digunakan untuk mengungkap tipe praktikum yang diterapkan dalam pembelajaran materi kimia di SMA. Berdasarkan silabus mata pelajaran kimia kurikulum 2013, materi kimia di SMA terdiri atas 23 pokok bahasan, yaitu 6 pokok bahasan dipelajari di kelas X, 10 pokok bahasan dipelajari di kelas XI, dan 7 pokok bahasan dipelajari di kelas XII. Dari keseluruhan pokok bahasan tersebut setidaknya ada 19 jenis praktikum yang dilaksanakan yaitu 4 jenis praktikum dilakukan di kelas X, 10 jenis praktikum dilakukan di kelas XI, dan 5 jenis praktikum dilakukan di kelas XII. Dari hasil wawancara terstruktur diketahui bahwa pelaksanaan praktikum pada materi kimia di SMA sebesar 88,15% tergolong ke dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa praktikum pada materi kimia hampir seluruhnya dapat dilaksanakan oleh SMA bersangkutan. Dari wawancara tidak terstruktur diketahui bahwa tipe praktikum yang diterapkan dalam pembelajaran kimia di SMA adalah ekspositori.
Kata Kunci: Praktikum, ekspositori