MAHASISWA UM KEMBANGKAN INOVASI EDU-KIT LAJU REAKSI KIMIA BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY

Foto: Tim Che­mis­ter

SDG 4, SDG 8, SDG 9, SDG 17

Kimia meru­pak­an mata pela­jar­an yang men­ja­di momok ter­be­sar bagi sis­wa mene­ngah di Indo­ne­sia. Hal ter­se­but dila­tar­be­la­ka­ngi oleh ter­ba­tas­nya alat ban­tu visu­al yang mema­dai dan kon­sep mate­ri yang abs­trak. Ditam­bah dengan meto­de pem­be­la­jar­an di Indo­ne­sia cen­de­rung ber­fo­kus pada penge­ta­hu­an teo­ri­tis yang belum sepe­nuh­nya men­du­kung kemam­pu­an ber­pi­kir kri­tis dan pro­blem solving. Sei­ring per­kem­bang­an zam­an, per­an tek­no­lo­gi dalam pen­di­dik­an sema­kin sig­ni­fik­an untuk memfa­si­li­ta­si pro­ses bela­jar meng­a­jar (Ander­son, 2019).

Salah satu ino­va­si ter­ba­ru yang dicip­tak­an oleh maha­sis­wa Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang (UM) ada­lah CHEMISTER, sebu­ah edu-kit mate­ri laju reak­si ber­ba­sis Sosi­o­ci­en­ti­fic Issu­es yang ter­in­te­gra­si dengan Augmen­ted Rea­li­ty (AR). Edu-kit ini diran­cang khu­sus untuk mem­ban­tu sis­wa mema­ha­mi kon­sep-kon­sep kimia mate­ri laju reak­si, yang meru­pak­an salah satu mate­ri pen­ting teta­pi sering diang­gap sulit oleh banyak sis­wa.

Ini­si­a­tif ini dipe­lo­po­ri oleh lima maha­sis­wa Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang yang ber­a­sal dari ber­ba­gai pro­gram stu­di. Keli­ma maha­sis­wa ter­se­but ada­lah Suk­ma Ayu Dea­ni­ngtyas dari 5–1 Pen­di­dik­an Kimia/2021 seba­gai team lea­der, Afi­fa Pur­wan­da­ri dari 5–1 Pen­di­dik­an Kimia/2021 seba­gai rese­ar­ch ana­lyst, Nur Lai­la Kama­li­yah dari S‑1 Eko­no­mi Pembangunan/2022 seba­gai finan­ce mana­ger, Nau­fal Albion Zafr­an Sen­ta­nu dari S‑1 Pen­di­dik­an Tek­nik Informatika/2021 seba­gai deve­lo­per, dan Esa Refri­sa Rafsan­ja­ni dari S‑1 Desa­in Komu­ni­ka­si Visual/2023 seba­gai cre­a­ti­ve desig­ner. Keli­ma maha­sis­wa ter­se­but ber­a­da di bawah bim­bing­an Bapak Nur Can­dra Eka Seti­a­w­an, S.Si., S.Pd., M.Pd., yang meru­pak­an dosen di Fakul­tas Mate­ma­ti­ka dan Ilmu Penge­ta­hu­an Alam Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang.

Foto: Pro­duk Che­mis­ter

Pro­duk CHEMISTER ber­ha­sil mem­pe­ro­leh pen­da­na­an dalam Pro­gram Kre­a­ti­vi­tas Maha­sis­wa Bidang Kewi­ra­u­sa­ha­an, yang dia­dak­an oleh Bel­ma­wa Kemen­dik­bu­dris­tek. CHEMISTER memi­li­ki ber­ma­cam-macam fitur ung­gul­an untuk men­du­kung pro­ses bela­jar sis­wa, yak­ni kit prak­ti­kum laju reak­si, LKPD, modul ajar, han­do­ut, akses apli­ka­si CHEMISTER, game card ter­in­te­gra­si Augmen­ted Rea­li­ty, dan fitur chem AI yang dapat menun­jang dan mem­ban­tu sis­wa dalam mema­ha­mi kon­sep laju reak­si, yang sering diang­gap sulit dan tidak mena­rik bagi banyak sis­wa. CHEMISTER meng­kom­bi­na­sik­an modul pem­be­la­jar­an kon­ven­sio­nal dengan tek­no­lo­gi Augmen­ted Rea­li­ty (AR), sehing­ga dapat mem­be­rik­an visu­a­li­sa­si yang lebih rea­lis­tis ter­ha­dap ber­ba­gai kon­sep kimia yang bia­sa­nya sulit dipa­ha­mi hanya mela­lui teks dan gam­bar sta­tis. Dengan meng­gu­nak­an apli­ka­si ini, sis­wa dapat meli­hat per­u­bah­an laju dan jum­lah mole­kul yang ber­e­ak­si dalam ben­tuk tiga dimen­si, yang memung­kink­an mere­ka untuk meng­a­ma­ti pro­ses reak­si seca­ra real-time. Sela­in itu, CHEMISTER mela­tih aspek pema­ham­an Soci­o­sci­en­ti­fic Issu­es yang pen­ting tidak  hanya meng­er­ti mate­ri, teta­pi juga mam­pu mene­rap­kan­nya dalam kon­teks kehi­dup­an nya­ta. Sehing­ga dapat meng­em­bangk­an kemam­pu­an ber­pi­kir kri­tis, komu­ni­ka­si, dan pro­blem solving yang sangat dibu­tuhk­an di abad 21.

Bidang kimia sen­di­ri sangat ter­ka­it dengan kegi­at­an prak­ti­kum yang meng­gu­nak­an bah­an-bah­an ber­ba­ha­ya, baik saat ter­kon­ta­mi­na­si dengan tubuh mau­pun keti­ka men­ja­di lim­bah. Oleh kare­na itu, bah­an uta­ma yang diang­kat dalam kit prak­ti­kum ini meng­gu­nak­an kon­sep “gre­en che­mis­try” yang ramah ling­kung­an. Dengan demi­ki­an, peng­gu­na tidak per­lu kha­wa­tir akan ter­kon­ta­mi­na­si oleh zat ber­ba­ha­ya saat mela­kuk­an prak­ti­kum. Sela­in itu, lim­bah yang diha­silk­an dari kegi­at­an ini juga tidak ber­po­ten­si meru­sak ling­kung­an. Pro­ses pem­bu­at­an pro­duk mela­lui tiga tahap­an, yai­tu tahap­an pra pro­duk­si, tahap pro­duk­si, dan tahap pasca-pro­duk­si.

Pro­duk ini telah diper­ke­nalk­an dalam sosi­a­li­sa­si di SMKN 11 Malang dan selan­jut­nya dii­kutk­an dalam pamer­an pen­di­dik­an dan bazar pro­duk ino­va­si. Media pem­be­la­jar­an CHEMISTER saat ini telah ter­se­dia pada mar­ke­tpla­ce Sho­pee, Toko­pe­dia, dan Laza­da ser­ta dapat dibe­li seca­ra dire­ct selling dengan har­ga Rp 406 ribu. Untuk infor­ma­si lebih lan­jut, silahk­an kun­ju­ngi Insta­gram dan Tik­tok @chemister_pkmk. Kede­pan­nya, tim CHEMISTER ber­en­ca­na untuk terus meng­em­bangk­an vari­a­si dan menyem­pur­nak­an pro­duk.

Next Post

<strong>Guest Lecture with Prof. Hans-Dieter Barke: Coca Cola and The Acid-Base Terminology “Goodbye to The Laboratory Jargon”</strong>

Sat Jun 29 , 2024
SDG 4, SDG 8, SDG 14, SDG 15 Depar­te­men Kimia Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang meng­ge­lar kuli­ah tamu yang sangat mena­rik dengan meng­ha­dirk­an Prof. Hans-Die­ter Bar­ke dari The Uni­ver­si­ty of Mün­ster seba­gai pem­bi­ca­ra dengan judul “Coca Cola and The Acid-Base Ter­mi­no­lo­gy: Good Bye to The Labo­ra­tory Jar­gon.” Aca­ra ini diha­di­ri oleh maha­sis­wa dan […]

Kabar Lain

EnglishIndonesian