SDG 4, SDG 8, SDG 9, SDG 17
Kimia merupakan mata pelajaran yang menjadi momok terbesar bagi siswa menengah di Indonesia. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh terbatasnya alat bantu visual yang memadai dan konsep materi yang abstrak. Ditambah dengan metode pembelajaran di Indonesia cenderung berfokus pada pengetahuan teoritis yang belum sepenuhnya mendukung kemampuan berpikir kritis dan problem solving. Seiring perkembangan zaman, peran teknologi dalam pendidikan semakin signifikan untuk memfasilitasi proses belajar mengajar (Anderson, 2019).
Salah satu inovasi terbaru yang diciptakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) adalah CHEMISTER, sebuah edu-kit materi laju reaksi berbasis Sosiocientific Issues yang terintegrasi dengan Augmented Reality (AR). Edu-kit ini dirancang khusus untuk membantu siswa memahami konsep-konsep kimia materi laju reaksi, yang merupakan salah satu materi penting tetapi sering dianggap sulit oleh banyak siswa.
Inisiatif ini dipelopori oleh lima mahasiswa Universitas Negeri Malang yang berasal dari berbagai program studi. Kelima mahasiswa tersebut adalah Sukma Ayu Deaningtyas dari 5–1 Pendidikan Kimia/2021 sebagai team leader, Afifa Purwandari dari 5–1 Pendidikan Kimia/2021 sebagai research analyst, Nur Laila Kamaliyah dari S‑1 Ekonomi Pembangunan/2022 sebagai finance manager, Naufal Albion Zafran Sentanu dari S‑1 Pendidikan Teknik Informatika/2021 sebagai developer, dan Esa Refrisa Rafsanjani dari S‑1 Desain Komunikasi Visual/2023 sebagai creative designer. Kelima mahasiswa tersebut berada di bawah bimbingan Bapak Nur Candra Eka Setiawan, S.Si., S.Pd., M.Pd., yang merupakan dosen di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang.
Produk CHEMISTER berhasil memperoleh pendanaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan, yang diadakan oleh Belmawa Kemendikbudristek. CHEMISTER memiliki bermacam-macam fitur unggulan untuk mendukung proses belajar siswa, yakni kit praktikum laju reaksi, LKPD, modul ajar, handout, akses aplikasi CHEMISTER, game card terintegrasi Augmented Reality, dan fitur chem AI yang dapat menunjang dan membantu siswa dalam memahami konsep laju reaksi, yang sering dianggap sulit dan tidak menarik bagi banyak siswa. CHEMISTER mengkombinasikan modul pembelajaran konvensional dengan teknologi Augmented Reality (AR), sehingga dapat memberikan visualisasi yang lebih realistis terhadap berbagai konsep kimia yang biasanya sulit dipahami hanya melalui teks dan gambar statis. Dengan menggunakan aplikasi ini, siswa dapat melihat perubahan laju dan jumlah molekul yang bereaksi dalam bentuk tiga dimensi, yang memungkinkan mereka untuk mengamati proses reaksi secara real-time. Selain itu, CHEMISTER melatih aspek pemahaman Socioscientific Issues yang penting tidak hanya mengerti materi, tetapi juga mampu menerapkannya dalam konteks kehidupan nyata. Sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, komunikasi, dan problem solving yang sangat dibutuhkan di abad 21.
Bidang kimia sendiri sangat terkait dengan kegiatan praktikum yang menggunakan bahan-bahan berbahaya, baik saat terkontaminasi dengan tubuh maupun ketika menjadi limbah. Oleh karena itu, bahan utama yang diangkat dalam kit praktikum ini menggunakan konsep “green chemistry” yang ramah lingkungan. Dengan demikian, pengguna tidak perlu khawatir akan terkontaminasi oleh zat berbahaya saat melakukan praktikum. Selain itu, limbah yang dihasilkan dari kegiatan ini juga tidak berpotensi merusak lingkungan. Proses pembuatan produk melalui tiga tahapan, yaitu tahapan pra produksi, tahap produksi, dan tahap pasca-produksi.
Produk ini telah diperkenalkan dalam sosialisasi di SMKN 11 Malang dan selanjutnya diikutkan dalam pameran pendidikan dan bazar produk inovasi. Media pembelajaran CHEMISTER saat ini telah tersedia pada marketplace Shopee, Tokopedia, dan Lazada serta dapat dibeli secara direct selling dengan harga Rp 406 ribu. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi Instagram dan Tiktok @chemister_pkmk. Kedepannya, tim CHEMISTER berencana untuk terus mengembangkan variasi dan menyempurnakan produk.