PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PROBLEM POSING DIPADUKAN DENGAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA KELAS XI IA SMA NEGERI 8 MALANG PADA MATERI KESETIMBANGAN KELARUTAN

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PROBLEM POSING DIPADUKAN DENGAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA KELAS XI IA SMA NEGERI 8 MALANG PADA MATERI KESETIMBANGAN KELARUTAN

Mei­li­yah Ulfa*, Sur­ja­ni Wono­ra­ha­rdjo, Sri Raha­yu

Pro­gram Stu­di S2 Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang
Jl. Sema­rang No.5, 65145

*Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: meiliyah28@gmail.com 

ABSTRAK

Pene­li­ti­an ini ber­tu­ju­an untuk meng­e­ta­hui penga­ruh pene­rap­an stra­te­gi pro­blem posing dipa­duk­an dengan blen­ded lear­ning dan stra­te­gi pro­blem posing yang dili­hat dari aspek: (1) hasil bela­jar dan (2) per­se­psi sis­wa. Desa­in pene­li­ti­an yang digu­nak­an dalam pene­li­ti­an ini ada­lah pre-test-post-test con­trol gro­up design yang meli­batk­an dua sam­pel pene­li­ti­an, yai­tu sis­wa kelas XI IA 1 (kelas eks­pe­ri­men) dan XI IA 3 (kelas kon­trol) SMA Nege­ri 8 Malang. Popu­la­si pene­li­ti­an (kelas XI SMA N 8 Malang) ber­si­fat homo­gen, sehing­ga pengam­bil­an sam­pel ter­se­but digu­nak­an clus­ter ran­dom sam­pling. Data pene­li­ti­an ber­u­pa hasil bela­jar sis­wa dipe­ro­leh dari instru­men ber­u­pa lem­bar soal tes yang ter­di­ri dari 25 soal pilih­an gan­da. Data per­se­psi sis­wa dipe­ro­leh dari instru­men ber­u­pa ang­ket per­se­psi sis­wa yang men­ca­kup lima fak­tor yai­tu penga­jar, tek­no­lo­gi, mana­je­men kelas, inte­rak­ti­vi­tas, dan penga­jar­an. Vali­di­tas isi diu­ji oleh tim ahli, vali­di­tas butir soal dia­na­li­sis dengan meng­gu­nak­an pro­du­ct moment pear­son, dan reli­a­bi­li­tas butir soal dia­na­li­sis meng­gu­nak­an Spe­arm­an-Bro­wn. Hasil uji vali­di­tas isi mem­pe­ro­leh per­sen­ta­se 61% yang menun­jukk­an bah­wa butir soal memi­lik kri­te­ria baik. Hasil uji vali­di­tas butir soal mem­pe­ro­leh 26 butir soal valid dan 4 butir soal tidak valid. Hasil uji reli­a­bi­li­tas mem­pe­ro­leh 27 butir soal reli­a­bel dan 3 soal tidak reli­a­bel. Ana­li­sis data hasil bela­jar sis­wa meng­gu­nak­an ana­ko­va, sedangk­an ana­li­sis per­se­psi sis­wa meng­gu­nak­an alpha cro­nba­ch dan seca­ra desk­rip­tif. Hasil pene­li­ti­an ini menun­jukk­an bah­wa (1) pene­rap­an stra­te­gi pro­blem posing dipa­duk­an dengan blen­ded lear­ning dan stra­te­gi pro­blem posing ber­pe­nga­ruh ter­ha­dap hasil bela­jar sis­wa. Hasil pengu­ji­an dengan ana­ko­va menun­jukk­an bah­wa ter­da­pat per­be­da­an yang sig­ni­fik­an ter­ha­dap hasil bela­jar sis­wa pada kedua kelas pene­li­ti­an. Sis­wa kelas eks­pe­ri­men memi­li­ki rata-rata hasil bela­jar lebih ting­gi  diban­dingk­an kelas kon­trol. (2) Pene­rap­an stra­te­gi pro­blem posing dipa­duk­an dengan blen­ded lear­ning ber­pe­nga­ruh posi­tif ter­ha­dap per­se­psi sis­wa.

Kata kun­ci: pro­blem posing, blen­ded lear­ning, hasil bela­jar sis­wa, per­se­psi sis­wa, kese­tim­bang­an kela­rut­an

Next Post

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE GUIDED INQUIRY PADA SUBMATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA BRAWIJAYA SMART SCHOOL

Tue Jun 7 , 2016
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE GUIDED INQUIRY PADA SUBMATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA BRAWIJAYA SMART SCHOOL Vella Nadya*a, Dedek Suka­ri­a­ning­sih a, Siti Mar­fu­ah a aJurus­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang Jl. Sema­rang 5 Malang 65145 E‑mail: vellanadya90@yahoo.com ABSTRAK Pene­li­ti­an ini ber­tu­ju­an untuk meng­e­ta­hui […]
Logo SNKP

Kabar Lain