MENGGALI PEMAHAMAN KONSEP DAN IDENTIFIKASI MISKONSEPSI CALON GURU KIMIA PADA TOPIK IKATAN IONIK MENGGUNAKAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK TWO-TIER

MENGGALI PEMAHAMAN KONSEP DAN IDENTIFIKASI MISKONSEPSI CALON GURU KIMIA PADA TOPIK IKATAN IONIK MENGGUNAKAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK TWO-TIER

Muchson*a, Pra­yit­noa, M. Su’aidya

a Pro­gram Stu­di Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang                     Jal­an Sema­rang No. 05 Malang Kode Pos 65145

*Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: m.muchson.fmipa@um.ac.id

ABSTRAK 

Salah satu topik dalam pem­be­la­jar­an kimia yang men­ja­di fokus dalam pene­li­ti­an mis­kon­se­psi ada­lah ikat­an ionik, sedangk­an salah satu sum­ber mis­kon­se­psi ada­lah pengajar/guru. Pene­li­ti­an ini ber­tu­ju­an untuk meng­ga­li pema­ham­an kon­sep dan meng­i­den­ti­fi­ka­si mis­kon­se­psi maha­sis­wa yang dia­la­mi oleh para calon guru kimia pada topik ikat­an ionik. Pene­li­ti­an ini meng­gu­nak­an ran­cang­an pene­li­ti­an desk­rip­tif. Sub­jek dalam pene­li­ti­an ini ada­lah  110 maha­sis­wa Pro­gram Stu­di Pen­di­dik­an Kimia Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang ang­kat­an 2013. Instru­men pene­li­ti­an ber­u­pa tes diag­nos­tik two-tier yang ter­di­ri dari 33 butir soal valid yang telah dikem­bangk­an oleh Pra­yit­no (et al., 2013). Hasil ana­li­sis menun­jukk­an bah­wa rata-rata pema­ham­an maha­sis­wa calon guru kimia pada kon­sep-kon­sep dalam topik ikat­an ionik ter­go­long cukup dan dite­muk­an 13 mis­kon­se­psi.

Kata kun­ci : pema­ham­an kon­sep dan mis­kon­se­psi, ikat­an ion, calon guru kimia

Next Post

IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL STOIKIOMETRI MENGGUNAKAN ANALISIS LANGKAH PENYELESAIAN SOAL

Tue Jun 7 , 2016
IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL STOIKIOMETRI MENGGUNAKAN ANALISIS LANGKAH PENYELESAIAN SOAL Fitri­a­na Rizqi Ama­liaa*, Mun­tho­liba, Yah­minb Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang Jl. Sema­rang 5, Malang 65145 *Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: rizq.melia@gmail.com  ABSTRAK Kesu­lit­an sis­wa dalam meme­cahk­an soal-soal sto­i­ki­o­me­tri sangat ber­a­gam, sehing­ga tidak mudah untuk dii­den­ti­fi­ka­si. Seba­gi­an besar soal-soal sto­i­ki­o­me­tri ber­si­fat […]
Logo SNKP

Kabar Lain