Kuliah Tamu Yusniar Marhaeni

The Tran­sfor­ma­tion of Higher Edu­ca­tion Towa­rds 5.0” dan “Unders­tan­ding Your Lan­dsca­pe: A Les­son Lear­ned from Tlo­go­mas Inci­dent”

Pen­di­dik­an ada­lah kun­ci untuk mem­per­si­apk­an gene­ra­si men­da­tang meng­ha­da­pi tan­tang­an di era Masya­ra­kat 5.0 yang sema­kin ter­dep­an dan ter­hu­bung dengan tek­no­lo­gi. Dalam kuli­ah tamu yang dise­leng­ga­rak­an oleh Depar­te­men Kimia FMIPA Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang pada tang­gal 1 Sep­tem­ber 2023, maha­sis­wa dan dosen men­de­ngark­an dua topik ins­pi­ra­tif yang mem­ba­has pen­di­dik­an di era yang sema­kin ter­hu­bung ini.

Pem­bi­ca­ra pada kuli­ah tamu ini  ada­lah  Ibu Yus­ni­ar Mar­ha­e­ni, seo­rang Audi­tor Ins­pe­cto­ra­te Gene­ral of Minis­try of Edu­ca­tion, Cul­tu­re, Rese­ar­ch, and Tech­no­lo­gy of Repu­blic of Indo­ne­sia. Ibu Yus­ni­ar Mar­ha­e­ni memu­lai kuli­ah­nya dengan mem­be­rik­an gam­bar­an yang komp­re­hen­sif ten­tang kon­sep “Masya­ra­kat 5.0,” yang mene­kank­an pen­ting­nya har­mo­ni­sa­si anta­ra tek­no­lo­gi dan manu­sia.

Ibu Yus­ni­ar Mar­ha­e­ni mene­kank­an bah­wa insti­tu­si pen­di­dik­an harus ber­a­dap­ta­si dengan kebu­tuh­an yang terus ber­u­bah dari maha­sis­wa. Model pem­be­la­jar­an tra­di­sio­nal yang meng­an­dalk­an hafal­an buk­an lagi cukup untuk mem­per­si­apk­an maha­sis­wa meng­ha­da­pi tan­tang­an di masa dep­an.

Pem­bi­ca­ra ini juga menyu­a­rak­an per­lu­nya per­ge­ser­an ke model pem­be­la­jar­an yang ber­pu­sat pada pem­be­la­jar, meman­fa­atk­an alat dan sum­ber daya digi­tal untuk mem­be­rik­an penga­lam­an bela­jar yang per­so­nal.

Tek­no­lo­gi juga meme­gang per­an­an pen­ting dalam pen­di­dik­an, menu­rut Ibu Yus­ni­ar Mar­ha­e­ni. Ia menun­jukk­an bah­wa tek­no­lo­gi harus dili­hat seba­gai alat yang dapat mening­katk­an penga­lam­an bela­jar, buk­an seba­gai ancam­an ter­ha­dap meto­de penga­jar­an tra­di­sio­nal. Bebe­ra­pa con­toh suk­ses dari ber­ba­gai nega­ra di mana tek­no­lo­gi ino­va­tif, seper­ti kece­rdas­an buat­an dan rea­li­tas vir­tu­al, telah mere­vo­lu­si ling­kung­an kelas.

Sela­in itu, pem­bi­ca­ra juga ber­ba­gi wawas­an ten­tang bagai­ma­na kita harus lebih peka ter­ha­dap ling­kung­an kita dan meng­am­bil pela­jar­an dari insi­den Tlo­go­mas yang meng­i­ngatk­an kita akan pen­ting­nya men­ja­ga dan mema­ha­mi ling­kung­an.

Kuli­ah tamu ini dii­ku­ti oleh sesi tanya jawab yang penuh antu­si­as­me, di mana para peser­ta ber­ke­sem­pat­an untuk men­da­patk­an wawas­an lebih lan­jut dari nara­sum­ber. Pem­bi­ca­ra juga mem­be­rik­an cin­de­ra­ma­ta bagi peser­ta yang aktif men­ja­wab per­ta­nya­an dan mem­be­rik­an per­ta­nya­an.

Aca­ra ber­a­khir dengan sema­ngat, dan para peser­ta ter­ins­pi­ra­si untuk merang­kul per­u­bah­an dan beker­ja menu­ju masa dep­an yang lebih cerah, yang lebih ter­in­te­gra­si dengan tek­no­lo­gi.

Next Post

Co-Teacher Mata Kuliah Aplikasi Kimia Analisis: Dr. Bambang Piluharto dari UNEJ

Mon Oct 16 , 2023
Mate­ri Apli­ka­si Kimia Ana­li­sis ditu­juk­an pada apli­ka­si bio­po­li­mer dii­ku­ti oleh 25 maha­sis­wa Pro­di S1 Kimia dan 2 maha­sis­wa Pro­di S2 Kimia di A20 gedung A20-515. Kuli­ah ini disa­jik­an oleh Dr. Bam­bang Pilu­har­to yang men­je­lask­an ten­tang kla­si­fi­ka­si Bio­po­li­mer yang ber­a­sal dari alam dan sin­te­sis. Poli­mer ber­a­sal dari mono­mer dengan kla­si­fi­ka­si desa­in […]

Kabar Lain

EnglishIndonesian