Kembangkan Asesmen Formatif Berbasis Online

Kembangkan Asesmen Formatif Berbasis Online

Malang-Meng­e­ta­hui kema­ju­an bela­jar sis­wa seca­ra cepat dalam pro­ses bela­jar meng­a­jar sangat pen­ting. Kare­na dari hasil ini, guru bisa dengan  cepat meli­hat apa keku­rang­an-keku­rang­an dalam pem­be­la­jar­an  dan sege­ra meres­pon untuk men­ca­ri solu­si­nya.

Saya  ter­ta­rik mela­kuk­an pene­li­ti­an dan pengem­bang­an ber­ka­it­an dengan Ases­men For­ma­tif. Ases­men for­ma­tif (tes for­ma­tif) seja­uh ini di kalang­an pen­di­dik­an pema­ha­man­nya masih kurang”. Ung­kap Dr. Sen­tot Kusai­ri, M.Si,

Menu­rut Dr. Sen­tot, melak­sa­nak­an ases­men for­ma­tif itu tidak gam­pang, kare­na guru harus sege­ra meme­rik­sa jawab­an sis­wa dalam jum­lah cukup banyak dan sege­ra mem­be­rik­an fee­dback pada sis­wa . Sehing­ga apa­bi­la guru  melak­sa­nak­an hal ini akan men­ja­di beb­an ber­at ter­sen­di­ri

Oleh kare­na itu salah satu pene­li­ti­an saya ada­lah meng­gu­nak­an tek­no­lo­gi web. Pada saat ini saya sudah ber­ha­sil meng­em­bangk­an ases­men for­ma­tif ber­ban­tu­an web ini, dengan mem­bu­at indoasses.com. Di dalam indoasses.com sudah ada pro­gram diag­no­sa kon­se­psi sis­wa. jadi bisa men­di­ag­no­sis pola-pola kesa­lah­an sis­wa dalam bela­jar fisika,“tambahnya.

indoasses.com. ini juga dileng­ka­pi onli­ne tryo­ut. Sehing­ga sis­wa sete­lah bela­jar bisa lang­sung ke inter­net lalu meng­er­jak­an soal dan lang­sung men­da­patk­an fee­dback bagi­an mana dari pem­be­la­jar­an itu yang sis­wa belum bisa.

Kemu­di­an saya juga meng­em­bangk­an web voting, tuju­a­nya guru nan­ti bisa meman­fa­atk­an web ini dan  sudah ter­se­dia soal-soal di sana. Guru ting­gal mena­yangk­an soal itu di LCD. Dengan web voting ini sis­wa dapat men­ja­wab soal cukup meng­gu­nak­an smartphone“tuturnya.

Kele­bih­an web voting ada­lah jawab­an satu orang dengan orang lain tidak dapat saling meli­hat. Per­sen­ta­se jawab­an kese­lu­ruh­an kelas dapat dita­yangk­an di LCD.

Sela­in itu guru dapat mening­katk­an kua­li­tas­nya bisa mela­kuk­an pene­li­ti­an dengan per­ang­kat-per­ang­kat yang dikem­bangk­an Web-based For­ma­ti­ve Assess­ment.

Ken­da­la yang mung­kin akan diha­da­pi ada­lah pro-kon­tra peng­gu­na­an smar­tpho­ne.  Kalau peng­gu­na di level maha­sis­wa itu tidak masa­lah kare­na ham­pir semua maha­sis­wa punya smar­tpho­ne. Akan teta­pi kalau di SD sam­pai SMA yang men­ja­di pro-kon­tra ada seko­lah yang mem­bo­lehk­an dan tidak.

Peman­fa­at­an ases­men for­ma­tif, ada plus minus, teta­pi menu­rut saya, jam­an seka­rang tidak bisa dipung­ki­ri lagi, ham­pir semua pro­ses  bela­jar sudah ber­ba­sis onli­ne. Sehing­ga men­ja­di aneh jika pem­be­la­jar­an saat ini meng­hin­da­ri tek­no­lo­gi onli­ne ini,“terangnya.

Ases­men for­ma­tif  terus dikem­bangk­an walau masih banyak ken­da­la yang diha­da­pi. Seper­ti untuk seko­lah SD, SMP, SMA masih belum ter­jang­kau dan teno­lo­gi ini masih bisa digu­nak­an untuk soal­mul­ti­ple cho­i­ce.

Semen­ta­ra ini masya­ra­kat jangan ber­a­sum­si, bah­wa sudah SMP, pelak­sa­na­an ulang­an masih meng­gu­nak­an mul­ti­ple cho­i­ce (soal pilih­an gan­da) keting­gal­an jam­an. Sebe­nar­nya hanya ulang­an mul­ti­ple cho­i­ce itu yang bisa diko­rek­si kom­pu­ter, teta­pi kalau soal­nya subyek­tif ya masih manual,“terangnya.

Menu­rut saya, salah satu kele­ma­han­nya ana­li­sis kom­pu­ter itu, hanya bisa meng­o­rek­si jawab­an iya atau tidak atau dike­nal dengan obje­cti­ve text. Pengem­bang­an ini hanya seba­gai solu­si  untuk men­di­ag­no­sis seca­ra cepat dan efek­tif keku­rang­an-keku­rang­an pada pro­ses pem­ba­la­jar­an itu. Sehing­ga guru sege­ra dapat meng­am­bil tin­dak­an yang diperlukan,“lanjutnya.

Penu­lis: Budi­har­to
Edi­tor: Moch. Sya­hr
Sum­ber: http://www.um.ac.id/

Next Post

Tim Remunerasi UNY Studi Banding Implementasi Remunerasi ke UM

Tue Jun 14 , 2016
Malang -Tim Remu­ne­ra­si Uni­ver­si­tas Nege­ri Yogya­kar­ta (UNY) mela­kuk­an stu­di ban­ding ke Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang, Rabu (8/6/2016). Tiga orang dari UNY ter­di­ri dari 2 (dua) orang dari Tim Remu­ne­ra­si dan 1 (satu) orang Dew­an Per­tim­bang­an disam­but di Ruang Rapat BUK Gedung A2 lan­tai 2 UM. “Kami menyam­but gem­bi­ra keda­tang­an tim dari […]
Tim Remunerasi UNY Studi Banding Implementasi Remunerasi ke UM

Kabar Lain

EnglishIndonesian