Kompetensi/ Competencies
Menguasai secara komprehensif hakikat, prinsip, dan tujuan pendidikan, teori belajar, teori pembelajaran, taksonomi variabel pembelajaran, pengembangan kurikulum dan model belajar dan pembelajaran, pendekatan, media dan sumber belajar/Comprehensively mastering the nature, principle of learning theory instructional theory instructional variables taxonomy, development of curriculum and instructional model, approach, media and learning resources
Bahan Kajian/Subject Matters
Hakikat belajar dan pembelajaran, teori belajar, teori pembelajaran, taksonomi variabel pembelajaran, pengembangan kurikulum dan program belajar dan pembelajaran, prinsip-prinsip pengembangan model belajar dan pembelajaran, prinsip-prinsip penerapan pendekatan-pendekatan belajar dan pembelajaran, media dan sumber belajar dan pembelajaran/The nature of learninga and instruction, theory of learning, taxonomy of linstructional variables, curriculum and learning program development, the principles of learning approach, media and learning resources
Tujuan/Objectives
Melalui telaah literatur, diskusi, dan presentasi, mahasiswa dapat menganalisis hakikat, prinsip teori belajar, teori pembelajaran, taksonomi variabel pembelajaran, pengembangan kurikulum dan model belajar dan pembelajaran, pendekatan, media dan sumber belajar/Through the literature review, discussion, and presentations, students can analyze the nature, the principles of learning theory, taxonomy learning variable, development of curriculum and teaching and learning models, approaches, media and learning resources
Daftar Pustaka/References
- Peraturan Pemerintah RI No.66 Th. 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.
- UU RI No. 20 Th. 2003: Sistem Pendidikan Nasional
- Purwanto, M.N. 2007. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Rosda Karya.
- Tirtarahardja, U. & La Sulo, S.L. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
- Claes, T., McMahon, F., & Preston, D.S. 2008. Education and Leadership. New York: Rodopi B.V