PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE GUIDED INQUIRY PADA SUBMATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA BRAWIJAYA SMART SCHOOL

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE GUIDED INQUIRY PADA SUBMATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA BRAWIJAYA SMART SCHOOL

Vella Nadya*a, Dedek Suka­ri­a­ning­sih a, Siti Mar­fu­ah a

aJurus­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang
Jl. Sema­rang 5 Malang 65145

E‑mail: vellanadya90@yahoo.com

ABSTRAK

Pene­li­ti­an ini ber­tu­ju­an untuk meng­e­ta­hui penga­ruh model pem­be­la­jar­an Colla­bo­ra­ti­ve Gui­ded Inqu­iry pada subma­te­ri Larut­an Elek­tro­lit dan Non Elek­tro­lit ter­ha­dap pres­ta­si bela­jar sis­wa kelas X di SMA Bra­wi­ja­ya Smart Scho­ol. Pene­li­ti­an ini meng­gu­nak­an ran­cang­an pene­li­ti­an eks­pe­ri­men semu (Qua­si Expe­ri­men­tal). Kedua kelas eks­pe­ri­men diam­bil dengan tek­nik clus­ter ran­dom sam­pling. Data keter­lak­sa­na­an pro­ses pem­be­la­jar­an dia­na­li­sis seca­ra desk­rip­tif sedangk­an data hasil bela­jar kog­ni­tif sis­wa dia­na­li­sis dengan sta­tis­tik infe­ren­si­al meng­gu­nak­an uji t. Hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an bah­wa keter­lak­sa­na­an pro­ses pem­be­la­jar­an sis­wa  yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an Colla­bo­ra­ti­ve Gui­ded Inqu­iry sebe­sar 89,5% dan keter­lak­sa­na­an pro­ses pem­be­la­jar­an sis­wa  yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an inku­i­ri ter­bim­bing sebe­sar 86%. Dari data pres­ta­si bela­jar sis­wa menun­jukk­an bah­wa ter­da­pat penga­ruh model pem­be­la­jar­an Colla­bo­ra­ti­ve Gui­ded Inqu­iry pada subma­te­ri larut­an Elek­tro­lit dan Non Elek­tro­lit ter­ha­dap pres­ta­si bela­jar sis­wa kelas X di SMA Bra­wi­ja­ya Smart Scho­ol.

Kata Kun­ci: colla­bo­ra­ti­ve, inku­i­ri ter­bim­bing, larut­an elek­tro­lit, pres­ta­si bela­jar

Next Post

MENGGALI PEMAHAMAN KONSEP DAN IDENTIFIKASI MISKONSEPSI CALON GURU KIMIA PADA TOPIK IKATAN IONIK MENGGUNAKAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK TWO-TIER

Tue Jun 7 , 2016
MENGGALI PEMAHAMAN KONSEP DAN IDENTIFIKASI MISKONSEPSI CALON GURU KIMIA PADA TOPIK IKATAN IONIK MENGGUNAKAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK TWO-TIER Muchson*a, Pra­yit­noa, M. Su’aidya a Pro­gram Stu­di Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang                     Jal­an Sema­rang No. 05 Malang Kode Pos 65145 *Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: […]
Logo SNKP

Kabar Lain