PENGARUH STRATEGI THINK-PAIR-SHARE LEARNING BERBANTUAN MEDIA ON-LINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA KIMIA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

PENGARUH STRATEGI THINK-PAIR-SHARE LEARNING BERBANTUAN MEDIA ON-LINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA KIMIA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Detris Poba1*, Sur­ja­ni Wono­ra­ha­rdjo1, Siti Marfu’ah1

Pen­di­dik­an Kimia Pasca­sar­ja­na Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang (UM)1
Jal­an Sema­rang No. 5 Malang, 65145

*Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: detrispoba@ymail.com.

ABSTRAK

Ana­li­sis instru­men I meru­pak­an mata­ku­li­ah kelom­pok bidang kimia ana­li­tik yang disu­sun dalam kuri­ku­lum kimia Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang. Mata­ku­li­ah ter­se­but mem­ba­has mate­ri-mate­ri yang ber­hu­bung­an dengan ana­li­sis modern, dan salah satu­nya ada­lah ana­li­sis dengan meng­gu­nak­an meto­de spek­tros­ko­pi atom. Spek­tros­ko­pi atom pada prin­sip­nya meru­pak­an mate­ri yang mem­pe­la­ja­ri kon­sep-kon­sep dasar yang ber­si­fat abs­trak. Kesu­lit­an maha­sis­wa dalam mema­ha­mi kon­sep-kon­sep ter­se­but ter­li­hat dari per­sen­ta­se maha­sis­wa ang­kat­an sebe­lum­nya yang men­da­pat skor di bawah 65 yai­tu seba­nyak 65%. Solu­si alter­na­tif untuk meng­a­ta­si masa­lah ini ada­lah: 1) mem­be­rik­an kesem­pat­an bagi maha­sis­wa untuk meng­kon­struk penge­ta­hu­an­nya seca­ra man­di­ri mela­lui pro­ses ber­pi­kir, 2) meli­batk­an maha­sis­wa dalam kelom­pok kecil untuk ber­ba­gi pen­da­pat, 3) men­do­rong maha­sis­wa untuk men­cip­tak­an ling­kung­an bela­jar inte­rak­tif mela­lui dis­ku­si di anta­ra sesa­ma maha­sis­wa mau­pun penga­jar, 4) melak­sa­nak­an pem­be­la­jar­an dengan ban­tu­an media onli­ne. Pene­rap­an think-pair-sha­re lear­ning ber­ban­tu­an media onli­ne meru­pak­an pem­be­la­jar­an yang men­du­kung keem­pat solu­si ter­se­but. Tuju­an dari pene­li­ti­an ini ada­lah untuk meng­e­ta­hui penga­ruh think-pair-sha­re lear­ning ber­ban­tu­an media on-line pada tahap think dan penga­ruh think-pair-sha­re lear­ning ber­ban­tu­an media on-line pada tahap sha­re ter­ha­dap hasil bela­jar maha­sis­wa.

Pene­li­ti­an ini meng­gu­nak­an post­test-only con­trol gro­up. Sam­pel pene­li­ti­an ada­lah 58 maha­sis­wa kimia semes­ter V Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang tahun ajar­an 2014/2015, masing-masing ter­di­ri dari 27 maha­sis­wa off G seba­gai kelas eks­pe­ri­men yang dibe­la­jark­an dengan think-pair-sha­re lear­ning ber­ban­tu­an media on-line pada tahap think  dan 31 maha­sis­wa off H seba­gai kelas kon­trol yang dibe­la­jark­an dengan think-pair-sha­re lear­ning ber­ban­tu­an media on-line pada tahap sha­re. Data pene­li­ti­an ter­di­ri dari skor hasil bela­jar maha­sis­wa. Uji t digu­nak­an untuk meli­hat per­be­da­an hasil bela­jar maha­sis­wa.

Hasil pene­li­ti­an mem­per­li­hatk­an bah­wa ter­da­pat per­be­da­an hasil bela­jar  anta­ra maha­sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan think-pair-sha­re lear­ning ber­ban­tu­an media on-line pada tahap think dan maha­sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan think-pair-sha­re lear­ning ber­ban­tu­an media on-line pada tahap sha­re.

Kata Kun­ci: think-pair-sha­re, media onli­ne, hasil bela­jar, spek­tros­ko­pi atom

Next Post

Social Presence dalam Pembelajaran Kooperatif STAD Dipadu dengan Blended Learning Mata Kuliah Analisis Instrumen Materi Spektroskopi Massa

Tue Jun 7 , 2016
Soci­al Pre­sen­ce dalam Pem­be­la­jar­an Koo­pe­ra­tif STAD Dipa­du dengan Blen­ded Lear­ning Mata Kuli­ah Ana­li­sis Instru­men Mate­ri Spek­tros­ko­pi Mas­sa  Donna Novita Sari1a, Surjani Wonorahardjo2a, Sri Rahayu3a a Pro­gram Stu­di Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang Jl. Sema­rang No. 5 Malang *Cor­res­pon­ding author’s ema­il: donnaNS.28@gmail.com1, s_wonorahardjo@yahoo.com2, yayuk_okayama@yahoo.com3 ABSTRAK Per­kem­bang­an ilmu kimia ter­ma­suk spek­tros­ko­pi mas­sa […]
Logo SNKP

Kabar Lain