PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEKSLPISITKAN HAKIKAT SAINS (NOS) DAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI IKATAN KIMIA DAN GAYA ANTARMOLEKUL

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEKSLPISITKAN HAKIKAT SAINS (NOS) DAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI IKATAN KIMIA DAN GAYA ANTARMOLEKUL

Ivan Ashif Ardha­na*, Sri Raha­yu, Pra­yit­no

Jurus­an Pen­di­dik­an Kimia, FMIPA, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang

Jl. Sema­rang 5, Malang 65145, Telp: 0341–551334

 *Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: ivanashif@gmail.com

ABSTRAK

 

Tuju­an pene­li­ti­an ini ada­lah untuk meng­ha­silk­an pro­to­ti­pe bah­an ajar meng­gu­nak­an pen­de­kat­an sain­ti­fik untuk meng­eks­pli­sitk­an haki­kat sains dan ber­pi­kir kri­tis pada mate­ri ikat­an kimia dan gaya antar­mo­le­kul. Pengem­bang­an meng­gu­nak­an model 4D yang ter­di­ri dari tahap mem­ba­ta­si, meran­cang, meng­em­bangk­an, dan menye­bark­an. Data pene­li­ti­an ber­u­pa hasil vali­da­si dia­na­li­sis seca­ra desk­rip­tif kuan­ti­ta­tif untuk meng­e­ta­hui kela­yak­an bah­an ajar yang dikem­bangk­an. Hasil vali­da­si menun­jukk­an bah­wa bah­an ajar yang dikem­bangk­an sangat layak untuk digu­nak­an pada pem­be­la­jar­an kimia SMA.

 

Kata Kun­ci: bah­an ajar, lite­ra­si sains, haki­kat sains, ber­pi­kir kri­tis, pen­de­kat­an sain­ti­fik

Next Post

Matakuliah Media Pembelajaran Kimia

Wed May 25 , 2016
Komp­ten­si/Com­pe­ten­ci­es Mema­ha­mi penger­ti­an bah­an ajar dan media pem­be­la­jar­an kimia baik media fisik mau­pun media digi­tal, ter­am­pil memi­lih dan meran­cang bah­an ajar dan media pem­be­la­jar­an kimia, ser­ta ter­am­pil meng­gu­nak­an media pem­be­la­jar­an kimia dalam pem­be­la­jar­an kimia./Unders­tan­ding che­mis­try lear­ning media and mate­ri­al both digi­tal and non-digi­tal, ski­lled to sele­ct and design che­mis­try lear­ning […]
Gedung Kimia

Kabar Lain