Dosen Kimia UM mengembangankan media pembelajaran berbasis android untuk memfasilitasi kebutuhan pembelajaran multiple representation

Dosen Kimia UM meng­em­ba­ngank­an media pem­be­la­jar­an ber­ba­sis andro­id untuk memfa­si­li­ta­si kebu­tuh­an pem­be­la­jar­an mul­ti­ple rep­re­sen­ta­tion

 

Jurus­an Kimia

[Nur Can­dra Eka Seti­a­w­an, M.Pd.]

 

 

19 Novem­ber 2021

[Lear­ning and Stu­den­ts]

SDG4 , SDG 9

 

Pada masa pan­de­mi Covid-19 pem­be­la­jar­an dila­kuk­an seca­ra onli­ne. Banyak sis­wa meng­a­la­mi kesu­lit­an dan penu­run­an pres­ta­si bela­jar sela­ma melak­sa­nak­an pem­be­la­jar­an seca­ra onli­ne. Media pem­be­la­jar­an prak­ti­kum laju reak­si yang digu­nak­an di ting­kat seko­lah mene­ngah atas belum ada yang merep­re­sen­ta­sik­an kon­sep kimia seca­ra macro­sco­pic, submi­cro­sco­pic, dan sym­bo­lic ser­ta belum dise­su­a­ik­an dengan pem­be­la­jar­an onli­ne. Bapak Nur Can­dra, M.Pd. mem­pu­nyai gagas­an bah­wa mul­ti­ple rep­re­sen­ta­si kimia dapat dia­pli­ka­sik­an meng­gu­nak­an media pem­be­la­jar­an ber­ba­sis andro­id sehing­ga diha­rapk­an sis­wa dapat mema­ha­mi kon­sep-kon­sep dalam prak­ti­kum laju reak­si. Media pem­be­la­jar­an ber­ba­sis andro­id digu­nak­an seba­gai penun­jang pro­ses pem­be­la­jar­an. Tuju­an pengem­bang­an media pem­be­la­jar­an ber­ba­sis andro­id menu­rut Bapak Nur Can­dra, M.Pd. pada kon­sep prak­ti­kum laju reak­si ada­lah meng­ha­silk­an media pem­be­la­jar­an ber­ba­sis andro­id ser­ta meng­e­ta­hui kela­ya­kan­nya. Model pengem­bang­an yang digu­nak­an oleh Bapak Nur Can­dra, M.Pd. ada­lah model pengem­bang­an 4‑D oleh Thi­a­ga­raj­an, dkk. Pro­duk hasil pengem­bang­an ber­u­pa media pem­be­la­jar­an prak­ti­kum laju reak­si ber­ba­sis andro­id untuk sis­wa SMA/MA sele­sai dikem­bangk­an 15 Novem­ber 2021. Ber­da­sark­an hasil vali­da­si menun­jukk­an bah­wa modul sangat layak untuk digu­nak­an dengan meme­nu­hi per­sen­ta­se sebe­sar 88,8%. Hasil uji keter­ba­ca­an ter­ha­dap modul dipe­ro­leh per­sen­ta­se sebe­sar 84, 5%, sehing­ga ber­da­sark­an peni­la­i­an ter­se­but modul sangat layak digu­nak­an sis­wa seba­gai sum­ber bela­jar dan pro­ses pem­be­la­jar­an di kelas.

 

Next Post

Chemistry Kopi

Fri Nov 19 , 2021
Chemistry Kopi   Jurus­an Kimia [Dra. Sur­ja­ni Wono­ra­ha­rdjo, Ph.D.]     19 Novem­ber 2021 [Lear­ning and Stu­den­ts] SDG4 , SDG 9   Minum kopi ada­lah kegi­at­an seha­ri-hari yang sering­ka­li ditung­gu-tung­gu.  Menik­ma­ti kopi ada­lah saat isti­ra­hat dari beker­ja yang mele­lahk­an, atau seke­dar ber­te­mu dan bin­cang-bin­cang dengan kelu­ar­ga atau rek­an ker­ja.  Namun […]
Chemistry Kopi

Kabar Lain

EnglishIndonesian