KETERLAKSANAAN COMMUNITY OF INQUIRY (COI) PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI BLENDED LEARNING PADA MATERI KIMIA ANALISIS KUANTITATIF

KETERLAKSANAAN COMMUNITY OF INQUIRY (COI) PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI BLENDED LEARNING PADA MATERI KIMIA ANALISIS KUANTITATIF

Moham­mad Alex Firda­us*, Sur­ja­ni Wono­ra­ha­rdjo, dan Munzil Arif

aPasca­sar­ja­na Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang (UM)
Jl. Sema­rang 5 Malang (Gedung H) 65145

*Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: mohammad.alex.firdaus@gmail.com

ABSTRAK

Tuju­an dari pene­li­ti­an ini ada­lah untuk meng­e­ta­hui keter­lak­sa­na­an Com­mu­ni­ty of Inqu­iry (CoI) peser­ta didik mela­lui stra­te­gi blen­ded lear­ning pada mate­ri Ana­li­sis Kuan­ti­ta­tif. Pene­li­ti­an ini meng­gu­nak­an ran­cang­an pra-eks­pe­ri­men­tal dengan desa­in pene­li­ti­an one gro­up pre­test-post­test. Data pene­li­ti­an ada­lah per­sen­ta­se dis­tri­bu­si untuk seti­ap tahap­an inku­i­ri dalam pem­be­la­jar­an Ana­li­sis Kuan­ti­ta­tif. Hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an bah­wa tahap eks­plo­ra­si dan inte­gra­si lebih men­do­mi­na­si jika diban­dingk­an dengan tahap yang lain­nya. Hal ini meng­in­di­ka­sik­an bah­wa peser­ta didik mam­pu memfo­kusk­an diri­nya ter­ha­dap per­ta­nya­an yang dia­juk­an peser­ta didik lain ter­ka­it mate­ri ajar dengan men­ca­ri infor­ma­si mela­lui ber­ba­gai sum­ber. Sela­in itu, peser­ta didik juga mam­pu mema­ha­mi ber­ba­gai infor­ma­si yang ber­ka­it­an dengan peme­cah­an masa­lah atau per­ta­nya­an. Pada pene­li­ti­an ini dike­ta­hui juga bah­wa tahap reso­lu­si memi­li­ki akti­vi­tas yang paling ren­dah diban­dingk­an tahap yang lain. Hal ini meng­in­di­ka­sik­an bah­wa peser­ta didik (khu­sus­nya pena­nya) sudah mema­ha­mi jawab­an atas per­ta­nya­an mela­lui ber­ba­gai infor­ma­si yang dibe­rik­an oleh peser­ta didik lain mau­pun pengu­at­an jawab­an oleh pen­di­dik.

Kata Kun­ci: blen­ded lear­ning, Com­mu­ni­ty of Inqu­iry (CoI), Ana­li­sis Kuan­ti­ta­tif, Pen­di­dik­an Kimia

Next Post

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATERI LARUTAN ELEKTROLIT-NON ELEKTROLIT ANTARA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN LEARNING CYCLE 5E-THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BATU

Tue Jun 7 , 2016
PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATERI LARUTAN ELEKTROLIT-NON ELEKTROLIT ANTARA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN  LEARNING CYCLE 5E  DAN LEARNING CYCLE 5E-THINK TALK WRITE (TTW)  PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BATU Neni Triwidayanti*, Endang Budiasih dan Dedek Sukarianingsih Pro­di Pen­di­dik­an Kimia, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang Jl. Sema­rang […]
Logo SNKP

Kabar Lain