KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBUKA DAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI KIMIA

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBUKA DAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI SAINS SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI KIMIA

 

Fatchi­ya­tun Ni’mah*, Suha­di Ibnu, Sri Raha­yu

Pro­gram Pasca­sar­ja­na Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang

Jl. Sema­rang No. 5, Malang

*Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: fatchiyatun@yahoo.com

 

ABSTRAK

 

Kema­ju­an ilmu penge­ta­hu­an dan tek­no­lo­gi (IPTEK) memi­li­ki dam­pak posi­tif dan nega­tif bagi kehi­dup­an manu­sia. Sis­wa seba­gai bagi­an dari masya­ra­kat glo­bal per­lu dili­batk­an dalam men­ja­wab per­ma­sa­lah­an ter­se­but. Hal ini dapat dica­pai apa­bi­la sis­wa memi­li­ki lite­ra­si sains yang mema­dai. Ber­da­sark­an peni­la­i­an yang dila­kuk­an oleh PISA dan TIMSS, sis­wa Indo­ne­sia masih lemah dalam lite­ra­si sains dan ber­a­da pada kate­go­ri ren­dah (Low Inter­na­tio­nal Ben­ch­mark). Aspek mate­ri kimia yang harus dikem­bangk­an men­ca­kup aspek-aspek yang ada dalam lite­ra­si sains. Lite­ra­si sains diu­kur dari tiga dimen­si, yai­tu penge­ta­hu­an ilmi­ah, kete­ram­pil­an pro­ses dan sikap sis­wa ter­ha­dap kimia. Salah satu mate­ri kimia yang dapat men­ca­kup aspek-aspek yang ada di dalam lite­ra­si sains ada­lah mate­ri kela­rut­an dan hasil kali kela­rut­an. Mate­ri ini memi­li­ki karak­te­ris­tik mak­ros­ko­pis, mik­ros­ko­pis dan sim­bo­lik. Pene­li­ti­an ini meng­gu­nak­an model pem­be­la­jar­an inku­i­ri ter­bu­ka dan inku­i­ri ter­bim­bing untuk meme­cahk­an per­ma­sa­lah­an ter­se­but. Pene­li­ti­an ber­tu­ju­an meli­hat pening­kat­an lite­ra­si sains sete­lah pem­be­la­jar­an inku­i­ri ter­bu­ka dan inku­i­ri ter­bim­bing ser­ta ada­nya per­be­da­an lite­ra­si sains sis­wa dian­ta­ra kedua kelas sete­lah pem­be­la­jar­an.

Pene­li­ti­an ini meng­gu­nak­an ran­cang­an pene­li­ti­an pre­test-post­test non-equ­i­va­lent gro­up design yang ter­ma­suk dalam jenis ran­cang­an pene­li­ti­an eks­pe­ri­men­tal semu (qua­si expe­ri­men­tal). Popu­la­si pada pene­li­ti­an ini ada­lah sis­wa kelas XI IPA SMA Nege­ri 4 Malang tahun ajar­an 2014/2015. Sam­pel pene­li­ti­an ada­lah sis­wa kelas XI IPA 1 (33 sis­wa) yang dibe­la­jark­an meng­gu­nak­an model pem­be­la­jar­an inku­i­ri ter­bu­ka dan XI IPA 2 (34 sis­wa) yang dibe­la­jark­an meng­gu­nak­an model pem­be­la­jar­an inku­i­ri ter­bim­bing. Pengam­bil­an sam­pel dila­kuk­an dengan tek­nik con­ve­ni­en­ce sam­pling. Instru­men yang digu­nak­an ber­u­pa instru­men per­la­ku­an (ter­di­ri dari RPP, bah­an ajar dan LKS) dan instru­men pengu­kur­an yang ter­di­ri dari tes penge­ta­hu­an ilmi­ah, kete­ram­pil­an pro­ses dan sikap sis­wa ter­ha­dap kimia. Reli­a­bi­li­tas instru­men penge­ta­hu­an ilmi­ah sebe­sar 0,847, sedangk­an instru­men untuk kete­ram­pil­an pro­ses sis­wa memi­li­ki reli­a­bi­li­tas sebe­sar 0,701. Ins­ru­men ang­ket sikap sis­wa ter­ha­dap kimia ter­di­ri dari 33 butir per­nya­ta­an dengan nilai reli­a­bi­li­tas sebe­sar 0,759. Ana­li­sis data dila­kuk­an dengan ana­li­sis desk­rip­tif meng­gu­nak­an nor­mal gain sco­re (nor­ma­li­zed gain sco­re) dan ana­li­sis sta­tis­tik infe­ren­si­al meng­gu­nak­an tek­nik ana­li­sis ana­ko­va dengan taraf sig­ni­fi­kan­si α sebe­sar 0,05.

Hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an bah­wa: (1) ter­ja­di pening­kat­an lite­ra­si sains sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an inku­i­ri ter­bu­ka, yai­tu aspek penge­ta­hu­an ilmi­ah (g= 0,63) dan kete­ram­pil­an pro­ses (g= 0,47), dan sikap sis­wa ter­ha­dap kimia (g= 0,02), (2) ter­ja­di pening­kat­an lite­ra­si sains sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an inku­i­ri ter­bim­bing, yai­tu untuk aspek penge­ta­hu­an ilmi­ah (g= 0,86), kete­ram­pil­an pro­ses (0,82), dan sikap sis­wa ter­ha­dap kimia (g= 0,35), dan (3) ter­da­pat per­be­da­an pening­kat­an lite­ra­si sains anta­ra sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an inku­i­ri ter­bu­ka dengan sis­wa yang dibe­la­jark­an dengan model pem­be­la­jar­an inku­i­ri ter­bim­bing. Per­be­da­an ter­ja­di untuk keti­ga aspek, yai­tu penge­ta­hu­an ilmi­ah (sig= 0,000), kete­ram­pil­an pro­ses (sig= 0,000) dan sikap sis­wa ter­ha­dap kimia (sig= 0,000). Ber­da­sark­an hasil uji sta­tis­tik dapat dika­tak­an bah­wa model pem­be­la­jar­an inku­i­ri ter­bim­bing lebih efek­tif diban­dingk­an model pem­be­la­jar­an inku­i­ri ter­bu­ka.

 

Kata kun­ci: inku­i­ri ter­bu­ka, inku­i­ri ter­bim­bing, lite­ra­si sains, penge­ta­hu­an ilmi­ah, kete­ram­pil­an pro­ses, sikap sis­wa ter­ha­dap kimia

Next Post

Matakuliah Statistik Kependidikan

Wed May 25 , 2016
Kompetensi/Com­pe­ten­ci­es Mema­ha­mi sta­tis­tik seba­gai waha­na pengo­lah­an data nume­rik (kuan­ti­ta­tif), me­ma­hami fung­si dan man­fa­at sta­tis­tik seba­gai penun­jang kegi­at­an pene­li­ti­an, mema­ha­mi sifat dan fung­si ber­ba­gai jenis sta­tis­tik, ter­am­pil meng­gu­nak­an ber­ba­gai pro­se­dur sta­tis­tik untuk meng­o­lah data, dan mema­ha­mi mak­na hasil olah­an statistik/ Unders­tan­ding the essen­ce of sta­tis­tic as a tool for nume­ri­cal data […]
Gedung Kimia

Kabar Lain

EnglishIndonesian