UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS DAN ELEKTROKIMIA MELALUI METODE TERPADU DI MAN TAMBAKBERAS JOMBANG

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS DAN ELEKTROKIMIA MELALUI METODE TERPADU DI MAN TAMBAKBERAS JOMBANG

Sigit Budi Pur­wo­ko*

Guru Kimia MAN Tam­bak­be­ras
Jl. Mer­pa­ti Tam­bak­be­ras Jom­bang

*Cor­res­pon­ding author’s Ema­il: sigitbudi74@gmail.com

ABSTRAK

Per­sya­rat­an pen­ting untuk ter­wu­jud­nya pen­di­dik­an ber­mu­tu ada­lah pelak­sa­na­an pro­ses pem­be­la­jar­an oleh guru yang pro­fe­sio­nal, han­dal dalam layan­an dan han­dal dalam keah­li­an­nya. Guru ditun­tut untuk mem­ban­tu per­kem­bang­an sis­wa dalam segi kog­ni­tif, afek­tif dan psi­ko­mo­tor ser­ta buk­an sema­ta-mata mem­be­rik­an sejum­lah ilmu penge­ta­hu­an, teta­pi juga harus men­cip­tak­an kon­di­si yang kon­du­sif agar sis­wa bela­jar terus mene­rus. Unsur-unsur ter­se­but men­ja­di ter­pa­du dan ter­ja­lin dalam hubung­an tim­bal balik anta­ra guru dan sis­wa pada saat pem­be­la­jar­an ber­lang­sung.

Dari hasil pene­li­ti­an menun­jukk­an bah­wa banyak sis­wa yang dapat dengan mudah mem­pe­la­ja­ri mata pela­jar­an lain, teta­pi meng­a­la­mi kesu­lit­an dalam mema­ha­mi kon­sep-kon­sep dan prin­sip-prin­sip ilmu kimia. Hal ini dise­babk­an kare­na karak­te­ris­tik dari kon­sep ilmu kimia yang ber­be­da dengan kon­sep ilmu lain­nya, sehing­ga cara mem­pe­la­ja­ri­nya juga tidak sama. Apa­la­gi seca­ra for­mal kon­sep ilmu kimia baru dipe­ro­leh keti­ka sis­wa masuk SMU/MA, sehing­ga wajar bila mere­ka mem­pe­la­ja­ri kon­sep ilmu kimia dengan cara bela­jar yang cen­de­rung sama dengan cara bela­jar untuk kon­sep ilmu lain­nya.

Pada umum­nya sis­wa cen­de­rung bela­jar dengan hafal­an dari­pa­da seca­ra aktif men­ca­ri tahu untuk mem­ba­ngun pemah­an mere­ka sen­di­ri ter­ha­dap kon­sep ilmu kimia ter­se­but. Hal ini menye­babk­an seba­gi­an kon­sep-kon­sep kimia men­ja­di kon­sep yang abs­trak bagi sis­wa dan bahk­an mere­ka tidak dapat meng­e­na­li kon­sep-kon­sep kun­ci atau hubung­an antar kon­sep yang diper­luk­an untuk mema­ha­mi kon­sep ter­se­but. Aki­bat­nya, sis­wa tidak dapat mem­ba­ngun pema­ham­an kon­sep-kon­sep kimia yang fun­da­men­tal pada awal mere­ka mem­pe­la­ja­ri ilmu kimia. Ber­da­sark­an kenya­ta­an ter­se­but, per­lu dikem­bangk­an pem­be­la­jar­an kimia pada mate­ri Reak­si Redoks dan Elek­tro­ki­mia di kelas XII IPA2 MAN Tam­bak­be­ras Jom­bang tahun pela­jar­an 2014–2015 yang lebih ber­mu­tu agar dapat mening­katk­an hasil bela­jar, meng­ak­tifk­an sis­wa, seka­li­gus meman­tapk­an kon­sep dan teo­ri yang dibe­rik­an dengan mem­be­rik­an sua­tu per­la­ku­an atau tin­dak­an dalam pro­ses bela­jar meng­a­jar­nya.

Per­la­ku­an dan tin­da­kan­nya ada­lah dengan mene­rapk­an meto­de pem­be­la­jar­an ter­pa­du, yang ter­di­ri: melak­sa­nak­an tes kecil, mem­be­rik­an pen­je­las­an dalam pem­be­la­jar­an yang ber­va­ri­a­tif (seper­ti meng­gu­nak­an audio visu­al), melak­sa­nak­an dis­ku­si kelom­pok dan dis­ku­si kelas ser­ta pem­be­ri­an tugas man­di­ri.

Kata Kun­ci : Hasil Bela­jar, Reak­si Redoks dan Elek­tro­ki­mia, Meto­de Ter­pa­du

Next Post

PENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR KIMIA TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERMEDIA MINDJET PADA SISWA KELAS X TKPI SMK

Tue Jun 7 , 2016
PENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR  KIMIA  TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERMEDIA MINDJET PADA SISWA KELAS X TKPI  SMK Ntik Jan­ti Anti­a­sih Kusu­ma­ra­ti* SMK Nege­ri 2 Turen Malang Jl. Gatot Subro­to 69, Turen, Kabu­pa­ten Malang * Cor­res­pon­ding author’s ema­il: udething@gmail.com ABSTRAK KTSP men­do­rong ter­wu­jud­nya pro­ses pem­be­la­jar­an ber­mak­na yang mene­kank­an […]
Logo SNKP

Kabar Lain