Prof. Dr. Muntholib, S.Pd., M.Si : Pembelajaran Sains Kimia Abad ke-21

Rabu, 6 sep­tem­ber 2023 ber­tem­pat di Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang, Prof. Dr. Mun­tho­lib, S.Pd., M.Si telah diku­kuhk­an men­ja­di Guru Besar di bidang ilmu Stra­te­gi Pem­be­la­jar­an Kimia.

Saat ini telah ter­ja­di keru­sak­an di kota, di desa, di datar­an, di pegu­nung­an, di darat­an, di laut­an, dan bahk­an di ang­ka­sa seba­gai seba­gi­an aki­bat dari per­bu­at­an manu­sia. Allah ber­firm­an, “Telah ter­ja­di keru­sak­an di darat­an dan di laut­an dise­babk­an oleh per­bu­at­an manu­sia. Allah tim­pak­an kepa­da manu­sia seba­ha­gi­an (aki­bat) dari per­bu­at­an mere­ka, agar mere­ka kem­ba­li (ke jal­an yang benar).” (Q.S. Ar-Rum: 41). Ayat ini menun­jukk­an kepa­da kita bah­wa keru­sak­an ter­se­but: (1) dise­babk­an oleh ulah manu­sia, (2) hanya seba­gi­an dari aki­bat per­bu­at­an manu­sia (seba­gi­an lain­nya akan ditim­pak­an kepa­da manu­sia di akhe­rat), dan (3) seba­gai per­i­ngat­an agar manu­sia kem­ba­li ke jal­an yang benar, yak­ni tidak meru­sak atau menye­babk­an keru­sak­an ling­kung­an semes­ta.

Pen­di­dik­an ada­lah cara ter­ba­ik mem­per­ba­i­ki keru­sak­an dan meles­ta­rik­an ling­kung­an. Mela­lui pen­di­dik­an, kita dapat mem­ba­ngun pema­ham­an ten­tang, kesa­dar­an akan pen­tin­nya, cara men­ja­ga, dan kema­u­an untuk meme­li­ha­ra keles­ta­ri­an atau beber­lan­jut­an alam semes­ta, uni­ver­se sus­ta­i­na­bi­li­ty. Oleh kare­na itu, kita per­lu mere­nungk­an, apa yang ter­ba­ik untuk kita ajark­an kepa­da anak didik kita agar bisa men­ja­ga keber­lan­jut­an alam semes­ta.

UNESCO (The Uni­ted Nations Edu­ca­tio­nal, Sci­en­ti­fic, and Cul­tu­ral Orga­ni­za­tion), Band­an PBB bidang pen­di­dik­an, meng­em­bangk­an edu­ca­tion for sus­ta­i­na­ble deve­lo­pment (ESD) guna men­du­kung visi baru pem­ba­ngun­an glo­bal yang ber­ke­lan­jut­an (new vision of sus­ta­i­na­ble glo­bal deve­lo­pment) PBB yang diru­musk­an ke dalam 17 tuju­an pem­ba­ngun­an ber­ke­lan­jut­an (SDGs), yak­ni: (1) meng­ha­pus kemis­kin­an, (2) meng­a­khi­ri kela­par­an, (3) kese­hat­an yang baik dan kese­jah-ter­a­an, (4) pen­di­dik­an ber­mu­tu, (5) kese­ta­ra­an gen­der, (6) akses air ber­sih dan sani­ta­si, (7) ener­gi ber­sih dan ter­jang­kau, (8) peker­ja­an layak dan per­tum­buh­an eko­no­mi, (9) infras­truk­tur, indus­tri, dan ino­va­si, (10) meng­u­ra­ngi ketim­pang­an, (11) kota dan komu­ni­tas yang ber­ke­lan­jut­an, (12) kon­sum­si dan pro­duk­si yang ber­tang­gung-jawab, (13) pena­ngan­an per­u­bah­an iklim, (14) men­ja­ga eko­sis­tem darat, (15) men­ja­ga eko­sis­tem laut, (16) per­da­ma­i­an, kea­dil­an, dan kelem­ba­ga­an yang kuat, dan (17) kemi­tra­an untuk men­ca­pai tuju­an.

Untuk meng­ha­silk­an lulus­an yang mam­pu dan mau ber­per­an aktif dalam men­ca­pai semua SDGs, ESD meru­musk­an 8 kom­pe­ten­si uta­ma lin­tas sek­to­ral (cross-cut­ting key com­pe­ten­ci­es) dan tuju­an pem­be­la­jar­an khu­sus bagi seti­ap kom­po­nen SDGs yang meli­pu­ti doma­in kog­ni­tif (penge­ta­hu­an dan kete­ram­pil­an), sosio-emo­sio­nal, dan per­i­la­ku. ESD juga menya­rank­an 3 macam pen­de­kat­an pem­be­la­jar­an (lear­ner-cen­tred app­ro­a­ch, action-ori­en­ted lear­ning, tran­sfor­ma­ti­ve lear­ning) dan ber­ba­gai stra­te­gi pem­be­la­jar­an seper­ti case-based, pro­je­ct-based, loka­kar­ya, ceri­ta uto­pis atau dis­to­pia, ana­li­sis sis­tem yang kom­pleks, ana­li­sis pemang­ku kepen­ting­an, dan yang lain­nya.

Gagas­an luar bia­sa ESD per­lu kita bre­ak down sesu­ai jen­jang pen­di­dik­an dan mate­ri pela­jar­an. Kita tidak bisa lang­sung meng­em­bangk­an kom­pe­ten­si uta­ma lin­tas sek­to­ral sis­wa, per­lu dimu­lai dari kom­pe­ten­si seder­ha­na. Kita tidak bisa lang­sung menu­ga­si sis­wa untuk mene­la­ah kon­teks dan per­ma­sa­lah­an yang kom­pleks, per­lu dimu­lai dari per­ma­sa­lah­an yang ele­men­ter. Kita tidak bisa lang­sung mene­rapk­an pen­de­kat­an pem­be­la­jar­an stu­den­ts cen­ter, per­lu dimu­lai dari menyi­apk­an sis­wa untuk bisa bela­jar man­di­ri. Kita tidak bisa lang­sung menyu­ruh sis­wa menye­le­sa­ik­an pro­yek, per­lu dimu­lai dari mem­be­ka­li mere­ka dengan penge­ta­hu­an dan kete­ram­pil­an yang diper­luk­an untuk menye­le­sa­ik­an pro­yek. Kita tetap per­lu mem­be­ka­li sis­wa dengan penge­ta­hu­an dan kete­ram­pil­an yang diper­luk­an untuk meng­em­bangk­an cross-cut­ting key com­pe­ten­ci­es dan men­ca­pai tuju­an pem­be­la­jar­an khu­sus SDGs dengan pen­de­kat­an tea­cher cen­ter. Namun demi­ki­an kita tidak boleh menik­ma­ti tea­cher cen­ter app­ro­a­ch yang dapat meni­na-bobok­an pikir­an sis­wa. Tea­cher cen­ter app­ro­a­ch hanya boleh kita gunak­an untuk menyi­apk­an sis­wa supa­ya mere­ka dapat meng­em­bangk­an cross-cut­ting key com­pe­ten­ci­es dan dapat men­ca­pai tuju­an pem­be­la­jar­an khu­sus SDGs. Ini memer­luk­an kesa­da­ar­an, rasa tang­gung jawab, dan kema­u­an para pen­di­dik untuk men­ja­di pen­di­dik yang rah­mat­an lil’alamiin.Salah satu stra­te­gi pem­be­la­jar­an yang meng­a­do­psi stu­den­ts cen­ter app­ro­a­ch dan tea­cher cen­te­rapp­ro­a­ch seka­li­gus ada­lah expli­cit sci­en­ti­fic inqu­iry instru­ction (Mun­tho­lib et.al., 2021). Fase awal stra­te­gi ini mem­be­rik­an bekal penge­ta­hu­an dan kete­ram­pil­an kepa­da anak didik untuk mene­la­ah kon­teks dan per­ma­sa­lah­an ser­ta mela­kuk­an inves­ti­ga­si. Dalam inves­ti­ga­si, anak didik men­da­patk­an penga­lam­an bela­jar meran­cang dan mela­kuk­an inves­ti­ga­si, mem­bu­at pen­je­las­an, dan ber­ar­gu­men. Sedangk­an di akhir fase, anak didik mem­pe­rda­lam dan mem­per­lu­as pema­ham­an yang dipe­ro­leh­nya dengan mene­rap­kan­nya pada kon­teks baru, meng­a­na­li­sis per­ma­sa­lah­an kom­pleks, mem­bu­at stu­di kasus, pro­yek, dan yang lain­nya.

Next Post

Reuni Akbar 2023 Departemen Kimia Universitas Negeri Malang: Merayakan Jejak Kepemimpinan dan Prestasi Gemilang

Mon Sep 11 , 2023
Pada tang­gal 10 Sep­tem­ber 2023, sua­tu keja­di­an ber­se­ja­rah ter­ja­di di kam­pus Gedung B23 Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang. Ratus­an alum­ni dari Depar­te­men Kimia ber­kum­pul untuk mera­yak­an Reu­ni Akbar 2023. Aca­ra ini men­ja­di momen­tum yang sangat dinan­ti-nan­tik­an oleh para alum­ni ang­kat­an tahun 1977 hing­ga 2019. Dengan keha­dir­an 223 alum­ni, Reu­ni Akbar ini meng­u­kuhk­an […]

Kabar Lain

EnglishIndonesian