Guest Lecture with Prof. Hans-Dieter Barke: Coca Cola and The Acid-Base Terminology “Goodbye to The Laboratory Jargon”

SDG 4, SDG 8, SDG 14, SDG 15

Depar­te­men Kimia Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang meng­ge­lar kuli­ah tamu yang sangat mena­rik dengan meng­ha­dirk­an Prof. Hans-Die­ter Bar­ke dari The Uni­ver­si­ty of Mün­ster seba­gai pem­bi­ca­ra dengan judul “Coca Cola and The Acid-Base Ter­mi­no­lo­gy: Good Bye to The Labo­ra­tory Jar­gon.” Aca­ra ini diha­di­ri oleh maha­sis­wa dan dosen yang ter­ta­rik men­da­la­mi kon­sep dasar kimia seca­ra lebih men­da­lam dan apli­ka­tif.

Prof. Hans-Die­ter Bar­ke memu­lai kuli­ah dengan meng­u­las dua teo­ri uta­ma ten­tang asam dan basa: teo­ri Arr­he­ni­us dan teo­ri Bro­en­sted. Teo­ri Arr­he­ni­us men­je­lask­an diso­si­a­si mole­kul dalam larut­an, di mana asam meng­ha­silk­an ion H⁺ dan basa meng­ha­silk­an ion OH⁻. Semen­ta­ra itu, teo­ri Bro­en­sted mem­per­ke­nalk­an kon­sep pro­to­li­sis dan tran­sfer pro­ton, di mana asam ber­per­an seba­gai donor pro­ton dan basa seba­gai aksep­tor pro­ton.

Menu­rut teo­ri Arr­he­ni­us, larut­an asam klo­ri­da meng­an­dung ion H⁺(aq) dan Cl⁻(aq), sedangk­an larut­an natri­um hidrok­si­da meng­an­dung ion Na⁺(aq) dan OH⁻(aq). Keti­ka kedua larut­an ini dicam­pur dalam jum­lah yang eku­i­va­len, ion H⁺(aq) ber­e­ak­si dengan ion OH⁻(aq) mem­ben­tuk mole­kul H₂O, semen­ta­ra ion lain­nya tetap ber­a­da dalam larut­an.

Seba­lik­nya, teo­ri Bro­en­sted meng­gam­bark­an bah­wa asam dan basa buka­nlah zat, teta­pi par­ti­kel yang ber­be­da. Misal­nya, dalam air ter­ja­di autop­ro­to­li­sis, meng­ha­silk­an kese­tim­bang­an: H₂O + H₂O ↔ H₃O⁺(aq) + OH⁻(aq). Dengan teo­ri ini, lebih mudah mema­ha­mi asam seba­gai donor pro­ton dan basa seba­gai aksep­tor pro­ton.

Salah satu momen mena­rik dalam kuli­ah ini ada­lah keti­ka Prof. Bar­ke meng­gu­nak­an Coca Cola seba­gai con­toh untuk men­je­lask­an kon­sep asam-basa. Dengan pen­de­kat­an yang seder­ha­na namun efek­tif, ia menun­jukk­an bagai­ma­na minum­an seha­ri-hari dapat digu­nak­an untuk meng­gam­bark­an reak­si kimia yang kom­pleks. Coca Cola, dengan kan­dung­an asam fosfat­nya, men­ja­di ilus­tra­si yang nya­ta ten­tang bagai­ma­na asam dapat dite­muk­an dalam kehi­dup­an seha­ri-hari, men­ja­dik­an pem­be­la­jar­an lebih relev­an dan mudah dipa­ha­mi oleh sis­wa.

Prof. Bar­ke mene­kank­an pen­ting­nya peng­gu­na­an ter­mi­no­lo­gi yang tepat dalam meng­a­jar kimia untuk meng­hin­da­ri kesa­la­hpa­ham­an di kalang­an sis­wa. Ia meng­u­sulk­an peng­gu­na­an model mole­ku­ler dan model bea­ker untuk mem­ban­tu visu­a­li­sa­si pro­ses kimia. Misal­nya, model mole­ku­ler dapat digu­nak­an untuk meng­gam­bark­an reak­si netra­li­sa­si anta­ra asam klo­ri­da dan larut­an natri­um hidrok­si­da.

Sela­in teo­ri, Prof. Bar­ke juga mem­be­rik­an con­toh prak­tis ten­tang tran­sfer elek­tron dalam reak­si redoks dan tran­sfer pro­ton dalam reak­si asam-basa. Salah satu con­toh yang dije­lask­an ada­lah reak­si anta­ra oksi­da tem­ba­ga dengan besi, di mana oksi­gen tam­pak ditran­sfer dari oksi­da tem­ba­ga ke besi untuk meng­ha­silk­an tem­ba­ga dan oksi­da besi.

Kuli­ah tamu ini ber­ha­sil mem­be­rik­an pen­ce­rah­an baru bagi para peser­ta meng­e­nai cara meng­a­jark­an kon­sep kimia dengan lebih efek­tif dan meng­hin­da­ri jar­gon labo­ra­to­ri­um yang mem­bi­ngungk­an. Dengan mema­ha­mi dan mene­rapk­an teo­ri Bro­en­sted, para maha­sis­wa diha­rapk­an dapat meng­em­bangk­an pema­ham­an yang lebih baik ten­tang kimia dan reak­si-reak­si yang ter­ja­di di dalam­nya.

Kuli­ah tamu ini juga men­ja­di ajang dis­ku­si yang pro­duk­tif bagi para pen­di­dik kimia untuk ber­ba­gi penga­lam­an dan stra­te­gi meng­a­jar yang ino­va­tif. Prof. Bar­ke meng­a­jak selu­ruh peser­ta untuk terus meng­em­bangk­an meto­de penga­jar­an yang mam­pu men­ja­wab tan­tang­an pem­be­la­jar­an kimia di masa dep­an.

Next Post

Perwakilan Prodi Pendidikan Kimia Se-Indonesia Rapat di Malang, Sepakati Kurikulum dan Agenda Kegiatan

Mon Jul 1 , 2024
SDG 4, SDG 8, SDG 9, SDG 16, SDG 17 Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang men­ja­di tuan rumah per­te­mu­an Divi­si Pen­di­dik­an Kimia Him­pun­an Kimia Indo­ne­sia (HKI) pada Sab­tu, 29 Juni 2024. Per­te­mu­an yang diha­di­ri oleh per­wa­kil­an dari ber­ba­gai pro­gram stu­di pen­di­dik­an kimia se-Indo­ne­sia ini meng­ha­silk­an bebe­ra­pa kese­pa­kat­an pen­ting. Salah satu poin uta­ma […]

Kabar Lain

EnglishIndonesian