KADO INDAH DI HUT RI KE-75

Direk­to­rat Jen­de­ral Pen­di­dik­an Ting­gi (Ditjen Dik­ti) Kemen­te­ri­an Pen­di­dik­an dan Kebu­da­ya­an Repu­blik Indo­ne­sia kem­ba­li meng­u­mumk­an klas­te­ri­sa­si per­gu­ru­an ting­gi Indo­ne­sia tahun 2020. Direk­tur Jen­de­ral Pen­di­dik­an Ting­gi, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D men­je­lask­an bah­wa klas­te­ri­sa­si meru­pak­an upa­ya Ditjen Dik­ti untuk mela­kuk­an peme­ta­an atas kiner­ja per­gu­ru­an ting­gi aka­de­mik Indo­ne­sia yang ber­a­da di bawah bina­an Kemen­te­ri­an Pen­di­dik­an dan Kebu­da­ya­an. Klas­te­ri­sa­si ini meru­pak­an penge­lom­pok­an per­gu­ru­an ting­gi sesu­ai dengan level per­kem­ba­ngan­nya.
Pada klas­te­ri­sa­si tahun 2020 ini, indi­ka­tor yang digu­nak­an untuk meni­lai kiner­ja per­gu­ru­an ting­gi pada aspek input anta­ra lain per­sen­ta­se dosen ber­pen­di­dik­an S3, per­sen­ta­se dosen dalam jabat­an lek­tor kepa­la dan guru besar, rasio jum­lah dosen ter­ha­dap jum­lah maha­sis­wa, jum­lah maha­sis­wa asing, dan jum­lah dosen beker­ja seba­gai prak­ti­si di indus­tri mini­mum 6 bul­an.
Pada aspek pro­ses ter­da­pat 9 indi­ka­tor yang digu­nak­an anta­ra lain Akre­di­ta­si Insti­tu­si, Akre­di­ta­si Pro­gram Stu­di, Pem­be­la­jar­an Daring, Ker­ja­sa­ma per­gu­ru­an ting­gi, Keleng­kap­an Lapor­an PDDIKTI, Jum­lah Pro­gram Stu­di beker­ja sama dengan DUDI, NGO atau QS Top 100 WCU by sub­je­ct, Jum­lah Pro­gram Stu­di melak­sa­nak­an pro­gram merde­ka bela­jar, Jum­lah maha­sis­wa yang meng­i­ku­ti Pro­gram Merde­ka Bela­jar.
Pada aspek output, ter­da­pat empat indi­ka­tor yang digu­nak­an anta­ra lain jum­lah arti­kel ilmi­ah ter­in­deks per dosen, kiner­ja pene­li­ti­an, kiner­ja kema­ha­sis­wa­an, jum­lah pro­gram stu­di yang telah mem­pe­ro­leh Akre­di­ta­si atau Ser­ti­fi­ka­si Inter­na­tio­nal. Semen­ta­ra pada aspek outco­me, ter­da­pat lima indi­ka­tor yang digu­nak­an anta­ra lain kiner­ja ino­va­si, jum­lah sita­si per dosen, jum­lah patent per dosen, kiner­ja pengab­di­an masya­ra­kat, dan per­sen­ta­se lulus­an per­gu­ru­an ting­gi yang mem­pe­ro­leh peker­ja­an dalam wak­tu 6 bul­an.
Klas­te­ri­sa­si per­gu­ru­an ting­gi yang disu­sun dan diba­ngun dalam kerang­ka per­ba­ik­an ber­ke­lan­jut­an baik untuk masing-masing data kiner­ja per­gu­ru­an ting­gi mau­pun kiner­ja per­gu­ru­an ting­gi seca­ra kese­lu­ruh­an. Sesu­ai dengan hal ter­se­but, sum­ber data klas­te­ri­sa­si meng­gu­nak­an data-data yang sahih dan siap guna dengan karak­te­ris­tik seba­gai ber­i­kut:
1. Data yang lang­sung dapat digu­nak­an, yai­tu data yang dila­pork­an seca­ra rutin oleh per­gu­ru­an ting­gi ke Pang­kal­an Data Pen­di­dik­an Ting­gi (PD Dik­ti).
2. Data hasil peni­la­i­an kiner­ja per­gu­ru­an ting­gi yang telah dilak­sa­nak­an oleh unit ker­ja di ling­kung­an Ditjen Dik­ti akan teta­pi belum ter­sa­jik­an di dalam PD Dik­ti.
3. Data yang belum ter­ca­kup dalam PD Dik­ti, teta­pi dikum­pulk­an seca­ra ter­s­truk­tur oleh unit ker­ja dan sangat relev­an dengan klas­te­ri­sa­si.
4. Data dari luar PD Dik­ti yang rela­tif telah map­an dan siap digu­nak­an untuk meng­u­kur kiner­ja per­gu­ru­an ting­gi.
Pem­be­ri­an nilai (skor) klas­te­ri­sa­si ber­da­sark­an capa­i­an per­gu­ru­an ting­gi ter­ha­dap seti­ap indi­ka­tor pada masing-masing aspek. Seti­ap indi­ca­tor memi­li­ki bobot ter­ha­dap nilai kiner­ja per­gu­ru­an ting­gi seca­ra kese­lu­ruh­an. Tahap ini meru­pak­an tahap yang sangat pen­ting dan dapat dija­dik­an seba­gai alat pengen­da­li kebi­jak­an pengem­bang­an pen­di­dik­an ting­gi. Bobot indi­ka­tor diten­tuk­an dengan mem­per­tim­bangk­an 3 hal, yai­tu: a. Kepen­ting­an: penga­ruh indi­ka­tor dalam mem­ben­tuk per­gu­ru­an ting­gi yang ber­ku­a­li­tas; b. Vali­di­tas pengu­kur­an: kesa­hih­an pengu­kur­an yang dila­kuk­an, ter­ma­suk di dalam­nya kua­li­tas data dan kemu­dah­an dalam mela­kuk­an veri­fi­ka­si; dan c. Kom­pa­ra­bi­li­tas: apa­kah indi­ka­tor ter­se­but memang ber­la­ku untuk selu­ruh jenis, sta­tus, kate­go­ri per­gu­ru­an ting­gi.
Dari hasil ana­li­sis ter­ha­dap data-data dari 2.136 per­gu­ru­an ting­gi yang ter­se­dia maka dipe­ro­leh hasil klas­te­ri­sa­si per­gu­ru­an ting­gi tahun 2020 yang ter­di­ri dari 5 (lima) klas­ter per­gu­ru­an ting­gi dengan kom­po­si­si klas­ter 1 ber­jum­lah 15 per­gu­ru­an ting­gi, klas­ter 2 ber­jum­lah 34 per­gu­ru­an ting­gi, klas­ter 3 ber­jum­lah 97 per­gu­ru­an ting­gi, klas­ter 4 ber­jum­lah 400 per­gu­ru­an ting­gi, dan klas­ter 5 ber­jum­lah 1.590 per­gu­ru­an ting­gi.
Pada kla­te­ri­sa­si ini Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang menem­pa­ti klas­ter 1 dan ini meru­pak­an capa­i­an yang sangat mem­bang­gak­an dan seba­gai kado spe­si­al disa­at HUT RI ke-75. Dr. Suma­ri, M.Si sela­ku Ketua Jurus­an Kimia FMIPA Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang meng­u­capk­an sela­mat kepa­da Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang yang telah beker­ja keras untuk men­ca­pai pres­ta­si yang sangat mem­bang­gak­an ini.

 

sum­ber : Direk­to­rat Jen­de­ral Pen­di­dik­an Ting­gi, Kemen­te­ri­an Pen­di­dik­an dan Kebu­da­ya­an Repu­blik Indo­ne­sia

Next Post

Visitasi Akreditasi S1 Kimia

Mon Nov 9 , 2020
Ber­te­pat­an dengan work­shop SNKP 2020 yang dia­dak­an oleh Jurus­an Kimia FMIPA UM, pada 6–7 novem­ber 2020 ber­lang­sung Visi­ta­si Akre­di­ta­si Pro­gram Stu­di S1 Kimia Jurus­an Kimia, Fakul­tas Mate­ma­ti­ka dan Ilmu Penge­ta­hu­an Alam, Uni­ver­si­tas Nege­ri Malang. Visi­ta­si Akre­di­ta­si ini meru­pak­an Akre­di­ta­si Pro­gram stu­di S1 Kimia yang dilak­sa­nak­an oleh Bad­an Akre­di­ta­si Nasio­nal Per­gu­ru­an […]
Visitasi Akreditasi S1 Kimia

Kabar Lain

EnglishIndonesian